3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Ban Loader


Salah satu bagian Loader yang harus Anda perhatikan adalah rodanya. Apalagi mengingat fungsi utama alat tersebut adalah untuk mengangkut dan memindahkan material berat maka pemilihannya tidak boleh sembarangan. Sebaiknya simak jenis-jenis dan harganya di tempat jual ban loader.

Jenis-jenis Ban Loader
Ternyata untuk kendaraan berat seperti Loader juga tersedia dalam berbagai macam ban. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda untuk mempermudah pekerjaan. Supaya tidak salah pilih, simak jenis-jenis beserta kegunaannya di bawah ini.

1. Ban Lug
Jenis ini merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang menjalankan alat berat di medan keras dan bertekstur seperti batu beton. Ban lug memiliki kemampuan menarik dengan gesekan maksimal.

Oleh karena itu Loader dapat bergerak seimbang dan tidak perlu menghabiskan banyak tenaga untuk membawa beban.

Selain itu lug keunggulan lainnya yaitu bisa membersihkan diri. Kemampuan tersebut mendukung performa Loader tetap maksimal saat harus melalui medan kotor berlumpur. Jenis ini juga populer dengan nama ban tapak.

2. Lug Industri
Ban yang juga disebut MPT ini umumnya memiliki steel belt serta pelindung khusus sehingga tetap nyaman meskipun Anda menggunakannya dalam kecepatan tinggi. Keunggulannya lug industri yaitu cocok untuk segala permukaan baik medan keras seperti beton hingga tanah lunak.

Jika Anda menjalankan alat berat untuk membuat jalanan umum maka membeli jenis ini di tempat jual ban loader adalah pilihan yang tepat. 

3. Turf Pattern
Merupakan jenis yang identik memiliki pola mirip rumput pada permukaannya. Ciri khas tersebut membuat ban turf pattern dapat Anda gunakan pada medan sensitif seperti tanah dengan banyak tanaman di atasnya.

Gaya gesek turf pattern dengan permukaan jalan cukup tinggi sehingga saat Loader bergerak tekanan bannya justru sangat rendah. Selain itu kelebihan dari alat berat yang menggunakannya sebagai roda adalah mampu meminimalisir kerusakan tanaman karena bagian bahu ban lembut.

4. Ban Skid Skeeter (SKD)
SKD cocok untuk Loader yang akan melewati permukaan medan dengan kombinasi tidak rata, keras dan licin. Namun, jenis ini hanya tersedia dalam ukuran kecil sehingga menjadi pilihan terbaik untuk wheel loader kompak mini.

Ban skid skeeter merupakan perpaduan antara 50% permukaan yang keras dan 50% gaya gesek. Kualitas jenis ini semakin unggul karena memiliki kemampuan mengontrol rim. Oleh karena itu performa kendaraan tetap berfungsi maksimal saat melewati medan apapun.

Hal-hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Memilih Ban Loader
Ketika mendatangi distributor ban loader dan akan membeli produknya, sebaiknya Anda mencari tahu mengenai beberapa hal berikut:

1. Medan Atau Tempat
Jika Anda akan mengoperasikan loader di medan tertentu maka perlu untuk mempertimbangkan jenis-jenis ban berdasarkan komponennya yaitu:

  • Ban bias: berlapis nylon dan memiliki dinding kuat dengan harga yang lebih terjangkau. cocok untuk medan ekstrim.
  • Ban radikal: berlapis kawat besi, tapaknya kuat, hemat bahan bakar dan mampu melaju lebih cepat. Cocok di medan tidak ekstrim karena umumnya berguna untuk kerja cepat dan tahan lama.

2. Spesifikasi
Umumnya konsumen mengabaikan hal ini saat membeli ban loader padahal merupakan panduan penentu harga. Semakin rendah kualitasnya maka harganya pasti lebih murah. Sebaiknya mulai sekarang perhatikan spesifikasinya seperti lebar tapak, kedalam tread/pola, ply rating, kekuatan muatan, dan index kecepatan.

3. Ukuran dan Tipe Ban
Kedua hal ini sudah tertulis pada dinding ban. Anda harus menyesuaikan ukurannya serta tipenya karena ada yang tubeless dan tubetype.

Harga Ban Loader
Harga jual ban loader berbeda-beda tergantung jenis, ukuran, dan tipenya. Umumnya yang paling kecil berukuran 10-16.5/10PR sekitar 2 jutaan sedangkan size terbesarnya 26.5-25/28PR seharga 40 juta rupiah. Banderolan tersebut tentunya sudah sesuai dengan standar penawaran kualitasnya.

Demikian ulasan mengenai jual ban loader lengkap berbagai jenis dan harganya. Jika Anda mencari distributor aman serta terpercaya silahkan menghubungi salah satu sales dari Berkat Pertindo Abadi berikut:
Sales 1: 085833668899 (Phone call & whatsapp)
Sales 2: 085811881177 (Phone call & whatsapp)
Sales 3: 085811885599 (Phone call & whatsapp)
Sales 4: 085888202266 (Phone call & whatsapp)
Email: info@berkatpartindoabadi.com
Website: https://berkatpartindoabadi.com

Tinggalkan Balasan