ceramah tentang akhlak

Ceramah tentang Akhlak Mahmudah dan Madzmumah

Ceramah tentang Akhlak – Secara sederhana, penting bagi setiap orang untuk menjaga tingkah lakunya. Akhlak sangat penting bagi semua umat manusia. Dalam ajaran Islam, setiap perbuatan harus didasarkan atas ayat Al-Qur’an dan contoh dari Rasulullah. Semoga contoh ceramah singkat ini bisa petik pelajarannya.

Ceramah tentang Akhlak : Pengertian Akhlak dan Contohnya

Akhlak terbagi atas dua macam, akhlak mahmudah dan akhlak madzmumah.

  • Pengertian Akhlak Mahmudah (Terpuji)

Akhlak mahmudah adalah akhlak terpuji yang harus dimiliki setiap orang, apalagi seorang muslim. Contoh akhlak mahmudah adalah sabar, jujur, sopan, adil, santun, tawakal dan lain sebagainya.

  • Macam-macam Akhlak Mahmudah
  1. Akhlak kepada Allah Taala seperti beriman kepadaNya, bersyukur atas pemberianNya.
  2. Akhlak kepada Manusia, seperti jujur, adil, amanah dan suka memberi kepada sesama.
  3. Akhlak kepada Alam, seperti menjaga dan melestarikan alam, serta merawatnya.

Dengan akhlak terpuji, kamu akan menjadi orang yang dicintai oleh manusia. Selain itu, Allah akan senantiasa menambah nikmat kita. Ini karena kita telah berperilaku baik sesuai kehendakNya. Oleh karena itu, contoh akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari harus kita budayakan.

contoh akhlak mahmudah
contoh akhlak mahmudah (ceramah tentang akhlak)
  • Pengertian Akhlak Mazmumah (Tercela)

Akhlak mazmumah adalah akhlak tercela yang seharusnya tidak ada dalam diri seseorang. Sebab, akhlak mazmumah dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

  • Contoh Akhlak Mazmumah

Contoh akhlak mazmumah juga ada tiga macam. Pertama, akhlak mazmumah kepada Allah, seperti bermaksiat kepadaNya dan tidak taat beragama. Kedua, akhlak mazmumah kepada manusia, seperti mencuri, berbohong dan korupsi. Ketiga, akhlak mazmumah kepada alam, seperti membakar hutan dan merusak lingkungan.

Macam-macam akhlak tercela di atas, harus kita jauhi. Cara menghindari akhlak tercela adalah cukup mudah. Kamu bisa lakukan beberapa poin di bawah ini untuk menghindari akhlak tercela.

  • Memperbanyak ibadah kepada Allah Taala
  • Rutin muhasabah atau introspeksi diri.
  • Berkata jujur, walau itu pahit.
  • Gemar berbagi ilmu dan harta.
  • Selalu bersyukur atas nikmat Allah.
  • Menjaga tali silaturahmi.
  • Senantiasa istigfar dan memohon perlindungan kepada Allah semata.

Kedudukan akhlak dalam Islam itu sangat tinggi dan diutamakan. Setiap muslim harus memiliki akhlak terpuji dalam dirinya. Dengan kita senantiasa mengamalkan akhlak terpuji, insya Allah Dia akan mudahkan segala permasalahan dalam kehidupan kita. Yuk, introspeksi diri bersama-sama!.

ceramah tentang akhlak
ceramah tentang akhlak

Ceramah tentang Akhlak : Pentingnya Menjaga Budi Pekerti

Dalam suatu hadis dijelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda jika dirinya diutus hanyalah untuk menyempurnakan akhlak. Dengan diutusnya Nabi Muhammad sebagai penyempurna, maka sudah seharusnya seluruh umat manusia bisa berubah menjadi lebih baik. Rasulullah bersabda :

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا

Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.” [HR. Abu Daud no. 4682]

Akhlak Rasulullah SAW pun telah didasarkan atas Al-Qur’an. Sehingga semua tingkah laku yang dilakukan oleh umat manusia juga sesuai dengan utusan Allah. Tentu diangkatnya Nabi Muhammad SAW akan membuat semua hambaNya mengikuti semua utusanNya.

Pentingnya Akhlak dalam Diri Seorang Muslim

Pentingnya akhlak dalam diri seorang Muslim juga dikuatkan dengan hadits Nabi Besar yang menyebut bahwa “Tidak lurus Iman seorang hamba sehingga lurus hatinya, dan tiada lurus hatinya sehingga lurus lidahnya. Dari pernyataan tersebut maka membuat semua orang harus menjaga tingkah lakunya.

  • Ayat tentang Akhlak Terpuji atau Mahmudah

Akhlak mahmudah merupakan budi pekerti yang baik. Menurut pernyataan dari Hasan Rahimahullah menyebut jika tingkah laku tersebut akan menunjukkan wajah berseri-seri. sehingga memberikan bantuan sebagai tanda menahan diri dari perbuatan menyakiti dan perilaku dermawan.

Akhlak terpuji ini disebutkan dalam Ali Imran (3) ayat 159 yang menunjukkan bahwa jika seseorang sedang memiliki sifat keras hati, maka tindakan ini akan menjauhkan mereka dari lingkungan sekitar. Kemudian jika ingin membulatkan tekad untuk bertakwa kepada Allah.

  • Ayat tentang Akhlak Tercela atau Madzmumah

Sementara akhlak yang tercela disebut dengan Madzmumah dimana telah dijelaskan dalam Al Hujurat (49) ayat 12. Pada ayat Al-Qur’an ini menjelaskan bahwa orang-orang beriman perlu menjauhi rasa curiga karena sebagian dari prasangka buruk tersebut hanya membuat lingkungan sekitar menggunjing.

Sesungguhnya Allah selalu menerima taubat bagi hambaNya sehingga kemudahan ini pun harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Hal ini dapat disamaratakan seperti memakan daging saudaranya sendiri sehingga perlu dijauhi.

Baca Juga :  Ceramah Singkat Tentang Zina

Tolok Ukur dalam Berakhlak

Al-Qur’an menetapkan jika akhlak memang tidak terlepas dari Syariah dan juga aqidah. Ketiganya merupakan satu kesatuan sehingga tak dapat dipisahkan. Hal ini pun juga dijelaskan di dalam ayat Al-Baqarah mengartikan jika di arah timur dan barat merupakan suatu kebijakan dari Allah.

Dalam ayat Al-Qur’an pun menjelaskan bahwa iman kepada Allah merupakan dasar dari kebajikan. Kenyataan ini tidak pernah terbukti kecuali keimanan ini bisa meresap dalam diri seseorang. Mereka pun bisa melakukan berbagai ibadah dengan lebih khusyu’. patut, tenang dan juga taat.

Orang-orang yang benar beriman kepada Allah pun hanya akan tunduk dan taat kepada Allah sekaligus menjalankan semua perintahNya. Bisa dikatakan bahwa keimanan ini menjadi landasan bagi umat manusia untuk selalu berbuat baik dan meningkatkan akhlak baik mereka.

Ceramah tentang Akhlak : Cara Mengatasi Krisis Akhlak

contoh kenakalan remaja
contoh akhlak mazmumah (ceramah tentang akhlak)

Ada banyak cara yang dapat dilakukan bagi seseorang untuk mengatasi ketika mereka sedang mengalami krisis akhlak. Dengan kondisi seperti ini, perlu dilakukan evaluasi dari berbagai pihak dalam rangka meningkatkan tingkah laku mulia. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Pendidikan

Pendidikan menjadi hal yang paling penting bagi diri seseorang untuk meningkatkan akhlak baiknya. Pelaksanaannya pun dapat dilakukan di berbagai tempat seperti rumah, sekolah hingga lingkungan masyarakat. Biasanya juga membutuhkan bantuan dari pihak lain.

Pendidikan umumnya memang penting bagi seluruh orang sehingga menjadi dasar untuk mereka menjaga akhlak agar lebih baik. Pelaksanaannya pun telah dilakukan semenjak kecil bahkan ketika anak-anak sama sekali belum mendapatkan materi sama sekali di bangku sekolah.

  1. Integrasi Pendidikan dan Pengajaran

Dalam setiap pengajaran sesungguhnya juga dilakukan sebuah pendidikan. Di dalamnya berisikan dengan pengalihan pengetahuan, pengalaman dan juga keterampilan. Ketiganya sama-sama berfungsi untuk mencerdaskan akal manusia.

Sementara pendidikan sendiri berguna untuk membantu kepribadian setiap manusia sekaligus membentuk pola hidup dan juga sikap agar seluruhnya sesuai dengan nilai luhur. Sebagai umat beragama tidak hanya memperhatikan ayat Al-Qur’an sebagai pedoman saja namun juga lingkungan masyarakatnya.

  1. Didukung oleh Kerjasama Kelompok

Hal ini dimaksudkan bahwa seseorang yang ingin berubah sikapnya maka juga harus mendapatkan dukungan dari lingkungan sekitarnya. Pasalnya siapa teman, anggota keluarga dan pasangannya sangat berpengaruh terhadap perubahan tingkah laku orang satu dengan lainnya.

Pendidikan akhlak harus didukung oleh kerjasama kelompok sekaligus dengan usaha secara sungguh-sungguh baik dari orang tua, teman hingga lingkungan masyarakat. Jadi penting bagi semua umat manusia agar tidak keliru dalam memilih siapa saja teman-temannya agar memberikan energi positif.

  1. Sekolah dengan Nuansa Keagamaan

Bagi umat Islam yang masih berada di jenjang sekolah, maka lingkungan sekolah menjadi faktor paling penting bagi mereka untuk memperbaiki akhlaknya. Pasalnya sebagian besar waktunya dihabiskan selama belajar sehingga harus dikondisikan dengan banyak nilai keagamaan.

Sekolah dengan nuansa keagamaan memang menjadi satu cara yang dianggap paling efektif untuk menjadikan seseorang mampu memiliki akhlak baik. Beberapa diantaranya seperti mengadakan kegiatan membaca Al-Qur’an bersama, tausiyah tiap Jum’at, ceramah rutinan dan masih banyak lagi.

Dengan memperhatikan apa saja ceramah tentang akhlak di atas, Anda pun bisa memahami lebih dalam mengapa menjaga perbuatan pada kehidupan sangatlah penting. Bukan tanpa alasan, pasalnya hal ini juga berpengaruh terhadap nilai kemanusiaan serta penilaian di mata Allah.

Temukan juga contoh teks ceramah beserta strukturnya agar kamu mampu membuat teks ceramah yang menarik.

Tinggalkan Balasan