contoh pidato persuasif
contoh pidato persuasif

Contoh Pidato Persuasif Singkat dan Lengkap

Contoh Pidato Persuasif – Pidato persuasif adalah jenis pidato yang bertujuan untuk mengajak audience melakukan sesuatu sesuai keinginan orator. Sifat pidato persuasif itu adalah ajakan, saran dan himbauan.

Pidato adalah berbicara di depan umum untuk menyampaikan suatu argumen terhadap suatu perkara. Melalui pidato, seseorang bisa mempengaruhi masyarakat untuk berbuat suatu yang baik untuk kehidupan. Contoh kalimat persuasif adalah ajakan untuk memakai masker dan menjaga jarak.

Isi teks pidato persuasif bisa diterima, jika isi teks persuasi disampaikan dengan penuh keyakinan. Kamu bisa mencontoh bagaimana sang orator hebat dunia dalam menyampaikan pendapatnya hingga mengundang decak kagum orang lain.

Dalam menyusun teks persuasif untuk pidato, pastikan kamu sudah menentukan topik, tujuan pidato dan memahami kondisi audience. Selain itu, perhatikan juga struktur teks persuasi dan karakteristiknya. Efeknya, isi teks pidato kamu bisa menjadi lebih powerfull ketika disampaikan.

Jika tak sempat membuatnya, kamu bisa gunakan beberapa contoh teks pidato persuasif di bagian bawah, ya.

Contoh Pidato Persuasif : Struktur Teks Pidato Persuasif

Struktur teks pidato persuasif terbagi menjadi 3 bagian; pembukaan, isi dan penutup. Ketiga unsur ini akan menjadikan naskah pidato kamu menjadi sempurna. Pastikan tidak ada yang tertinggal!.

Struktur Pidato Persuasif Singkat

  • Pembukaan Pidato

Pembukaan yang baik terdiri atas 3 langkah; salam pembuka, penghormatan dan ucapan syukur. Berikut contohnya:

Assalamu’alaikum wr. wb.
Yang terhormat, ….
Segala puji milih Tuhan Semesta Alam yang telah ….

Pada pembukaan, hendaknya penulis menyampaikan topik pembahasan serta batasannya. Dengan menyampaikan pengenalan isu sebagai pengantar, audience dapat memfokuskan diri pada tema yang dibahas.

Gunakan pembukaan yang bisa mengaktifkan pola pikir kritis para pendengar. Contoh pidato persuasif yang “nyelekit” pada pembukaan seperti : “Smartphone ternyata tidak dapat membuat anak menjadi smart“.

  • Isi Pidato

Pada tahap ini, hendaknya orator menyampaikan topik utama dari teks persuasi secara jelas dan mendetail. Setiap argumennya harus disertai data-data yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Ajak mereka untuk berpikir kritis dan aktif. Dengan begitu, audience terlibat aktif dalam pembahasan. Efeknya, mereka terpengaruh dan bisa saja mempercayai isi pidatonya.

teks pidato persuasif
contoh pidato persuasif singkat

Jika respon baik dari audience telah muncul, disitulah orator mengajaknya untuk berbuat sesuatu sesuai arahannya. Isi ajakannya bisa berupa saran (sebaiknya, seharusnya, dll), arahan (harus) maupun ajakan (mari, ayo, mohon, tolong, dll).

Contoh Paragraf Persuasif 

Belajar menjadi kewajiban setiap murid, Namun, sangat disayangkan banyak siswa yang lebih memilih bermain game dibanding belajar.

Dampak negatif karena terlalu sering bermain game ialah kecanduan. Siswa akan terus bermain tanpa kenal waktu hingga larut malam. Akibatnya, konsentrasi murid menurun menjadikan prestasi dan nilai akademiknya turun drastis.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengingatkan siswa bahwa tugas utama seorang murid ialah belajar.

Sekali lagi ditekankan, jika tugas utama seorang pelajar ialah belajar. Maka utamakanlah belajar dibanding bermain game.

Hindari penyampaian teks persuasi saat pidato yang tersendat-sendat, mencla-mencle, atau keluar dari bahasan utama. Fokuslah pada topik utama, buatlah audience terpana dengan orasi kamu.

  • Penutup Pidato

Tahap ini adalah kesempatan terakhir kamu untuk meyakinkan audience. Pastikan tujuan dan maksud dari teks persuasi telah disampaikan oleh mereka.

Di tahap ini, berikan penguatan agar bisa mempengaruhi alam sadar dari pendengar. Kamu bisa gunakan kalimat-kalimat jitu seperti saran, ajakan maupun pertimbangan. Orator yang berhasil adalah orator yang diminati, dikagumi dan diikuti setiap perkataannya. Contoh pidato persuasif sering diterapkan oleh ustadz abdul somad dan lainnya.

Ciri Kebahasaan Teks Pidato Persuasif

Pidato persuasif memiliki karakteristik atau ciri bahasa sebagai berikut :

  1. Bertujuan untuk mengajak dan memengaruhi.
  2. Menggunakan kalimat yang bersifat membangun.
  3. Sering terulang kata persuasi atau bujukan seperti: ayo, mari, dan mendapat imbuhan -lah.
  4. Tanda baca seru (!) kerap digunakan.
  5. Memuat beragam pendapat dan fakta.
  6. Cenderung menggunakan kata ganti kita, sebagai wujud bahwa tidak ada perbedaan antara penulis dengan pembaca.
  7. Diatur sedemikian rupa agar memiliki intonasi yang baik dengan lafal yang jelas, agar dapat mempersuasi para pendengar. 

Penyampaian pidato yang baik, diharapkan mampu membangkitkan emosi pendengar. Ini bertujuan agar mereka menyetujui atau meyakini dan mungkin membangkitkan timbulnya tindakan tertentu.

Agar pendengar bisa dipengaruhi, maka perlu menggunakan prinsip pidato persuasif, berikut ulasannya :

  1. Orator Membangkitkan dan menyadarkan tentang nilai, sikap, dan kepercayaan yang mereka anut. Jika mereka tersadar, pasti mereka akan konsisten melakukan kebaikan-kebaikan.
  2. Membujuk audience untuk berubah sedikit demi sedikit ke arah yang lebih baik.
  3. Orator menyajikan beragam fakta tentang keuntungan atas saran yang ia sampaikan.
  4. Orator menyampaikan bahwa saran yang ia sampaikan itu sangat dibutuhkan audience untuk kehidupannya.
  5. Saran atau ajakan ini disampaikan secara bertahap dan yang paling mudah untuk dikerjakan.
struktur pidato persuasif
contoh pidato persuasif beserta strukturnya

Pendekatan Persuasif yang Efektif

Hendaknya selalu gunakan pendekatan untuk bisa mempengaruhi audience. Kamu bisa gabungkan beberapa pendekatan ini :

  1. Pendekatan Logika ; isi pidato memuat data dan fakta yang terpercaya dan akurat.
  2. Pendekatan Etika ; mengemukakan nilai moral seperti menyajikan pernyataan mana yang benar dan salah dalam kacamata masyarakat atau agama.
  3. Pendekatan Emosi ; menyajikan isi pidato kreatif yang mampu menggugah dan menyentuh perasaan para audience.

Setelah itu, teks bisa disampaikan dengan metode penyampaian pidato. Setidaknya ada empat macam cara menyampaikan pidato berdasarkan kondisinya.

  1. Membaca naskah persuasi sepenuhnya (Metode Naskah)
  2. Menghafalkan isi teks persuasi seluruhnya (Metode Menghafal)
  3. Mencatat poin penting dari teks persuasi (Metode Ekstemporan)
  4. Berimprovisasi dalam pidato tentang sebuah topik (Metode Impromptu)

Kamu bisa gunakan metode manapun, sesuai tingkat kesiapan dan kepedean, ya.

Contoh Teks Pidato Persuasif beserta Contohnya

Beberapa contoh pidato persuasif ini sengaja disusun secara singkat, karena fokus kita adalah mengenali ciri-ciri kalimat persuasif.

  • Contoh Pidato Persuasif tentang Pendidikan
Assalamu’alaikum Wr.Wb

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat ini.

Siswa-siswi yang Bapak Sayangi,

Sebagai seorang pelajar, selayaknya kalian semua mencintai ilmu pengetahuan. Tahukah kalian, sebagian besarnya tertuang dalam buku-buku.

Buku adalah jendela ilmu, disana kalian akan menemukan berbagai macam wawasan, ilmu dan pengetahuan. Dengan banyak ilmu, kalian bisa menggapai kesuksesan. Karena kalian sudah mengetahui bagaimana cara melangkah yang benar.

Jika kalian merasa bosan membaca, maka ingatlah Bapak BJ. Habibie. Kesuksesan yang beliau raih di kancah internasional itu diperoleh melalui banyak membaca. Konon, beliau mengoleksi 5.000 buku di perpustakaan pribadi miliknya.

Sebagai penerus bangsa, semangat membaca kalian jangan sampai kalah dengan beliau. Kalian justru harus lebih banyak lagi membaca, supaya bisa berprestasi seperti beliau menjadi generasi yang gemilang.

Semoga dengan gemar membaca buku, kalian tumbuh menjadi pribadi yang lebih bermanfaat, aamiin.

Akhirul kalam, wassalamu’alaikum wr. wb.

  • Contoh Pidato Persuasif tentang Lingkungan

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Segala puji dan syukur hanya milik Allah SWT. Hanya kepadaNya kita memohon dan meminta pertolongan.

Para Hadirin yang Berbahagia,

Sebagai masyarakat yang peduli terhadap lingkungan, kita mesti menjaga kelestarian alam ini agar bisa terus dinikmati oleh cucu kita.

Di berbagai media, hampir setiap saat kita mendengar atau menyaksikan berita tentang penebangan pohon secara ilegal. Sungguh hati ini merasa sedih dan prihatin atas perbuatan tercela ini. Bukankah pohon-pohon itu memiliki fungsi utama bagi kehidupan kita?

Sebagaimana yang diketahui bahwa pohon adalah penyaring udara di bumi. Pohon yang rindang mampu menyerap gas dan komponen berbahaya di udara lalu mengeluarkan oksigen. Sehingga kita bebas bernapas untuk menghirup udara segar.

Di kota-kota besar, pohon biasanya juga menyerap gas polusi yang dihasilkan kendaraan seperti ozon, karbon monoksida dan nitrogen oksida.

Bayangkan jika tidak ada pepohonan, kita hanya akan menghirup racun setiap harinya. Hal itu sangat merugikan kesehatan tubuh kita.

Sadarlah, bahwa lingkungan ini seperti sebuah sistem yang saling terhubung. Jika salah satu bagiannya rusak, maka bagian lain juga akan merasakan dampaknya.

Maka, mari kita galakkan bersama untuk menghentikan kegiatan yang bisa merusak hutan. Misi ini untuk menjaga nikmat yang Allah berikan pada kita, selain itu agar selalu bisa dinikmati dalam waktu yang lama.

Akhirul kalam, wassalamu’alaikum wr. wb.

  • Contoh Pidato Persuasif tentang Kesehatan

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Segala puji dan syukur kepada Allah Taala atas nikmat sehat yang masih terjaga hingga hari ini.

Para Kerabat yang Berbahagia,

Sampai hari ini, Indonesia masih berjuang untuk melawan penyebaran virus Covid-19. Masyarakat selalu dihimbau untuk menjalankan protokol kesehatan karena hal itu bisa mencegah kita terpapar dari korona.

Meski telah menggunakan masker, kita tetap perlu berhati-hati. Sebab penyebaran corona bisa bermacam-macam. Maka, langkah utama yang perlu kita galakkan adalah menerapkan pola hidup sehat.

Mengapa ini perlu dilakukan? Sebab pola hidup sehat bisa meningkatkan imun tubuh. Efeknya, tubuh bisa menangkal virus covid yang masuk ke tubuh.

Cara pola hidup sehat sederhana yang bisa kita terapkan ialah :

  1. Mencukupi kebutuhan nutrisi harian,
  2. Memperbaiki waktu tidur,
  3. Selalu berpikir positif,
  4. Rutin berolahraga,
  5. Melakukan kegiatan positif,
  6. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan,

Ayo kita galakkan beberapa pola hidup sehat ini. Dengan melakukan kegiatan ini secara kontinu, maka kualitas hidup dan imunitas akan meningkat. Tubuh kita tidak akan mudah terserang penyakit, termasuk virus covid 19.

Semoga bermanfaat, Akhirul kalam, wassalamu’alaikum wr. wb.

  • Contoh Pidato Persuasif tentang Narkoba

Saat ini, penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan muda-mudi kian marak terjadi. Ini bisa mengancam keberlangsungan hidup bangsa ini dikemudian hari.

Tidak jarang nafza ini menimbulkan ketergantungan pada korban. Ketergantungan obat bisa bermakna keadaan yang mendorong orang untuk mengonsumsi obat-obatan terlarang berulang-ulang dari waktu ke waktu. Jika ia tidak melakukannya akan mengakibatkan perasaan tidak nyaman, bahkan perasaan sakit yang sangat pada tubuh.

Jika ini terjadi, maka generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan. Indonesia menjadi terancam karena tidak memiliki penerus bangsa yang baik. Parahnya lagi, efek penyalahgunaan obat ini berdampak pada sikap, perangai dan kepribadian korban. Mudah tersinggung dan cepat marah / tempramental.

Maka, diperlukan langkah jitu sebagai upaya penanggulangan narkoba.

Upaya yang bisa dilakukan adalah melakukan kerja sama dengan pihak yang berwenang untuk mengadakan penyuluhan tentang bahaya narkoba. Bisa juga dengan mengadakan razia mendadak secara rutin. Selain itu, pendampingan orang tua sangat dibutuhkan sebagai bentuk kasih sayang dan perhatian kepada anak / korban.

Mari kita jaga lingkungan kita, bebas dari narkoba. Indonesia sehat, Indonesia Hebat.

Semoga beberapa contoh pidato persuasif ini bisa membantumu. Temukan informasi penting dan bermanfaat lainnya, hanya di Nexmedia.

Baca Juga :  Sedekah Bumi menurut Islam yang Perlu Diketahui

Tinggalkan Balasan