ceramah tentang akhlak

Ceramah tentang akhlak – Perkembangan ilmu dan pengetahuan tehnologi mengakibatkan mengembangnya juga peralihan pola hidup dan sudut pandang warga secara berarti dalam beragam faktor.

Peralihan itu satu segi bawa keringanan dan di lain sisi memunculkan kegundahan. Kemudahaan dalam penuhi tuntutan hidup dan kegundahan karena berlangsungnya perubahan aturan nilai-nilai akhlak yang ada pada warga.

Ini dapat menyebakan rusaknya aturan akhlak atau kritis akhlak sebagai seorang muslim atau muslimah yang di mana akan kehilangan jati diri, dan dapat terperosok ke perlakuan yang tidak terpuji, seperti korupsi, kolusi, nepotisme, penghinaan seksual, pencurian sampai hilangkan nyawa seorang.

Akhlak penting untuk kehidupan tiap muslim, baik secara individu atau warga. Karenanya akhlak seorang bisa memperbaiki pribadinya. Oleh karena itu, tiap faktor tuntunan islam fokus pada pembimbingan dan pembangunan akhlak yang mulia (karimah).

ceramah tentang akhlak : Pengertian Akhlak

Akhlak Mulia atau Terpuji (Al-Akhlakul Mahmudah atau Karimah)

  • Contoh Akhlak Terpuji Pada Allah
  • Contoh Akhlak Mulia Pada Sama-sama Manusia
  • Contoh Akhlak Terpuji Pada Diri Sendiri

Untuk pahami pengertian akhlak secara detail ada dua acara yang penting dilakukan. Pertama disaksikan dari sisi Bahasa (etimologi) dan ke-2 disaksikan dari sisi istilah (terminologi).

Akhlak datang dari Bahasa Arab yang sudah diserap ke Bahasa Indonesia. Yang dalam Bahasa Arab kata akhlak sebagai jama’ kata khuluqun yang memiliki kandungan makna:

  • Tabi’at, yakni karakter yang sudah tercipta pada diri manusia tanpa diinginkan (tanpa tekad) atau tanpa diusahakan (tanpa usaha).
  • Tradisi, yakni karakter pada diri manusia yang diusahakan (usaha) lewat latihan yaitu berdasar kemauan.
  • Karakter, capaiannya mencakup hal sebagai tabi’at dan hal yang diusahakan hingga jadi tradisi rutinitas.

Dengan singkat kata akhlak yang memiliki arti kesopanan dan agama (budi pekerti). Ada juga kata adabul karimah yang mempunyai makna tindakan mulia kembali terpuji yang direalisasikan berbentuk sikap, perkataan, dan tindakan.

Akhlak yakni perilaku manusia yang sudah dilakukan dengan menyengaja, dimulai proses dari latihan sebagai rutinitas, mengambil sumber dari dorongan jiwa untuk lakukan tindakan secara mudah, tanpa lewat proses pertimbangan, pemikiran atau riset. Untuk memperjelasnya, ada perberbedaan mengenai akhlak dan pengetahuan akhlak.

ceramah tentang akhlak : Pengertian Akhlaq 

Akhlak adalah yang terkait dengan perilaku manusia yang sudah dilakukan dengan menyengaja yang ada dari dorongan jiwa secara spontan.

Pengetahuan akhlak adalah pengetahuan yang pelajari dan memberikan panduan bagaimana melakukan perbuatan kebaikan dan menghindari dari terburukan, sesuai bimbingan syariat islam.

Akhlak memakai kan penetapan baik atau jelek tindakan manusia dengan parameter tuntunan Al Quran, seperti firman Allah:

يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ قَدْ جَاۤءَكُمْ رَسُوْلُنَا يُبَيِّنُ لَكُمْ كَثِيْرًا مِّمَّا كُنْتُمْ تُخْفُوْنَ مِنَ الْكِتٰبِ وَيَعْفُوْا عَنْ كَثِيْرٍەۗ قَدْ جَاۤءَكُمْ مِّنَ اللّٰهِ نُوْرٌ وَّكِتٰبٌ مُّبِيْنٌۙ

“Wahai Pakar Kitab! Benar-benar, Rasul Kami sudah tiba padamu, menerangkan padamu beberapa hal dari (isi) kitab yang kamu menyembunyikan, dan banyak (juga) yang dibiarkannya. Benar-benar, sudah tiba padamu sinar dari Allah, dan Kitab yang menerangkan.” (Qs Al-maidah : ayat 15)

ceramah tentang akhlak : Macam-macam Akhlak dan Contohnya

Pada dasarnya karena itu, pada intinya akhlak itu terdiri jadi dua sisi, yakni:

Akhlak Mulia atau Terpuji (Al-Akhlakul Mahmudah atau Karimah)

Akhlak mulia atau terpuji disebutkan dengan Adabul Mahmudah atau Adabul Karimah yakni sikap dan perilaku yang mulia atau terpuji pada Allah, setiap orang dan lingkungannya. karakter mulia itu untuk tiap muslim harus dipahami yang mengambil sumber dari Al Quran dan hadis.

Karakter terpuji benar-benar memberi agunan keselamatan kehidupan manusia, dalam jalinan dengan Allah, kehidupan individu, bermasyarakat dan negara.

Ada banyak karakter-sifat yang bisa dimasukkan dalam barisan akhlak mulia, yakni:

  • ceramah tentang akhlak : Contoh Akhlak Terpuji Pada Allah

Akhlak mulia pada Allah disimpulkan sebagai perilaku manusia sebagai makhluk ciptaan-Nya yang pada konsepnya manusia yang memiliki iman dan bermoral mengaku pada keEsaan Allah, yang sudah membuat manusia jadi makhluk yang paling prima dari muka bumi ini. Seperti firman-Nya:

وَاللّٰهُ اَخْرَجَكُمْ مِّنْۢ بُطُوْنِ اُمَّهٰتِكُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ شَيْـًٔاۙ وَّجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْاَبْصَارَ وَالْاَفْـِٕدَةَ ۙ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

“Dan Allah keluarkan kamu dari perut ibumu pada kondisi tidak ketahui suatu hal juga, dan Ia memberikan pendengaran, pandangan, dan hati nurani, supaya kamu mengucapkan syukur.” (QS. An Nahl(16) : ayat 78).

Ayat di atas memperlihatkan jika Allah sudah membuat manusia dengan badan yang kuat dan prima dan lengkapinya dengan panca indra seperti, pendengaran, pandangan, penciuman, akal berpikir dan hati nurani. manusia harus mengucapkan syukur dengan panca indra yang diberi Allah.

Sebagai makhluk ciptaan Allah yang prima, telah selayaknya manusia mensyukuri apa yang sudah Allah beri dan memakai alat panca indra itu untuk memerhatikan bukti keesaan Allah, dan patuh dan taat kepada-Nya.

Contoh Akhlak mulia pada Allah salah satunya:

  • Tulus – Yang maknanya suci, murni, jernih tidak tercampur dengan lainnya. Tindakan seorang disebutkan suci jika ditangani karena hanya Allah semata-mata, dengan niat yang tulus, menghindari dari riya (menunjuk ke seseorang) saat lakukan amal yang bagus.
  • Bertaubat – Yakni satu sikap menyesali tindakan jelek yang sudah dilakukan, usaha untuk menghindari semua larangannya dan lakukan tindakan baik.
  • Bersabar – Bisa mengendalikan diri pada kesusahan dengan beragam ujian dan cari ridha-Nya.
  • Mengucapkan syukur – Satu sikap manfaatkan sebagus-baiknya yang memiliki sifat fisik atau non fisik, dan tingkatkan amal shaleh dengan mempunyai tujuan merapat diri kepada-Nya.
  • Bertawakal – Usaha seoptimal kemungkinan dan berdoa, memberikan semua ke Allah, untuk raih suatu hal yang diharap.
  • Keinginan – Sikap jiwa yang berharap suatu hal yang disukai Allah.
  • Berlaku Takut – Takut akan siksaan Allah bila menyalahi perintah-Nya.

 

  • ceramah tentang akhlak : Contoh Akhlak Mulia kepada Manusia

Salah satunya factor kuatnya iman seorang, kelihatan dari sikapnya setiap hari pada seseorang, untuk muslim yang mematuhi ketentuan akan tercermin akhlak mulia nya pada sama-sama. Misalnya:

  • Jaga jalinan baik

seperti saling bantu-membantu dengan tetangga, sama-sama memberikan bila ada rejeki lebih, atau sama-sama menolong dalam soal kebaikan.

  • Berbicara betul

Makin hari makin banyak info yang di luar pertimbangan kita, membuat saran / penilaian yang keliru dan warga kadang ikuti informasi yang rupanya tidak betul realita (hoaks).

  • Tidak menyepelekan seseorang

Allah memerintah untuk orang yang memiliki iman, tidak untuk merendahkan seseorang. Berasa dianya lebih, walau sebenarnya kita tidak sadar ada yang lebih bagus dan lebih berpikir dibanding luasnya pertimbangan kita.

  • Bersangka baik (Husnuzon)

Husnuzan ke sama-sama adalah karakter terpuji yang perlu diaplikasikan dengan lahir dan batin, perkataan dan sikap, supaya apa yang kita lalui selalu diridhai oleh Allah. Karena sikap suuzon itu seperti “manusia makan daging manusia yang telah wafat.” Seperti firman Allah :

وَّلَا تَجَسَّسُوْا وَلَا يَغْتَبْ بَّعْضُكُمْ بَعْضًاۗ اَيُحِبُّ اَحَدُكُمْ اَنْ يَّأْكُلَ لَحْمَ اَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيْمٌ

“Wahai beberapa orang yang memiliki iman! Hindarilah beberapa dari prasangka, sebenarnya sebahagian prasangka itu dosa dan jangan sampai kamu mencari kekeliruan seseorang dan jangan sampai ada antara kamu yang menggunjing beberapa lainnya. Adakah antara kamu yang menyukai makan daging saudaranya yang telah mati? Pasti kamu berasa jijik. Dan bertakwalah kepada` Allah, sebenarnya Allah Maha Yang menerima taubat, Maha Pengasih.” QS. Al-Hujurat : ayat 12.

  • Kasih-sayang

Kasih-sayang sebagai karakter asli (fitrah) manusia yang sudah dibawa semenjak lahir. Namun karakter itu sebagai kekuatan yang perlu selalu dijaga, karena bila tidak dipiara dan dikembagkan sebagus-baiknya atau didiamkan lenyap akan tumbuhkan rasa negative lain seperti amarah, kedengkian, perseteruan, iri hati, dengki dan ada banyak yang lain yang ke arah jalan yang menyimpang.

Tapi bila rasa itu dipiara maka tumbuh lahir sikap : Santun sopan, Rasa bantu-membantu, Pemurah, Pemaaf, Rasa persaudaraan (Ukhuwah), Memenuhi janji.

Untuk menyaksikan beragam contoh akhlak baik terpuji dan mulia yang lain, Grameds bisa membaca buku 28 Akhlak Mulia yang menerangkan pengertian, ciri-ciri, dan contoh tindakan yang memperlihatkan akhlak terpuji seorang.

Contoh Akhlak Terpuji Pada Diri Sendiri

Selainnya akhlak ke Allah dan pada setiap orang, tidak lupa akhlak pada diri kita. Yang maknanya jaga karakter jasmani dan rohani semakin baik tiap waktunya. Dengan :

  • Memiara kesucian dan kehormatan diri
  • Qana’ah : terima apa yang ada pemberian dari Allah.
  • Berdo’a ke Allah
  • Sabar dengan ketetapan Allah
  • Tawakal ke Allah
  • Rendah Hati

Dalam buku Pucuk Pengetahuan Adalah Akhlak, kita bisa pelajari apa hal yang bisa kita kerjakan untuk memperlihatkan akhlak terpuji di kehidupan setiap hari, baik pada duni kerja, dan ada banyak kembali.