Premi dan Polis Asuransi

Mengenal Premi Vs Polis Asuransi dan Info Dasar Keduanya

Premi asuransi memiliki arti yang berbeda dengan polis asuransi. Meski demikian, keduanya memiliki hubungan yang erat karena masih berkaitan dengan asuransi.

Jika premi asuransi adalah sejumlah uang atau biaya yang harus dibayarkan oleh nasabah tertanggung kepada pihak perusahaan asuransi dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan sebelumnya.

Sementara itu, polis asuransi istilah untuk menyebut kontrak perjanjian kerjasama secara tertulis antara Perusahaan Penyedia Asuransi (Penanggung Asuransi) dengan nasabah Pemegang Polis.

Untuk Anda yang ingin tahu apa yang dimaksud dengan istilah-istilah dalam asuransi tersebut, simaklah penjelasan berikut :

Pengertian dari istilah-istilah penting dalam asuransi

Selain premi asuransi, polis asuransi juga termasuk dalam istilah penting dari asuransi. Meski sering dikaitkan antara satu dengan lainnya, pengertian premi dan polis asuransi sangatlah berbeda.

Seperti dijelaskan sebelumnya, premi asuransi merupakan iuran berkala yang wajib dibayar peserta pada pihak perusahaan, sedangkan polis asuransi merupakan perjanjian asuransi antara peserta dengan perusahaan.

Keterhubungan premi dan polis asuransi itu berawal dari besaran biaya premi yang tentunya tercatat di bagian polis.

Bukan hanya itu saja, polis juga mencantumkan banyak hal lain di dalamnya. Seperti halnya syarat-syarat yang harus dipenuhi, perjanjian pengalihan resiko hingga komitmen yang hadir di antara kedua belah pihak.

Dengan adanya polis asuransi, tentunya Anda pun dapat mengetahui berapa jumlah premi yang harus dibayarkan. Selain itu, polis asuransi juga berfungsi sebagai dokumen tertulis yang dibutuhkan oleh nasabah untuk mendapatkan haknya.

Karena polis asuransi juga dapat digunakan sebagai alat untuk melindungi perusahaan dari tuntutan yang ada di luar polis.

Macam-macam premi asuransi dan polis asuransi

Jika dilihat dari macam atau jenis yang dimilikinya. Baik premi dan polis asuransi hadir dengan pembagian yang berbeda, namun beberapa di antaranya hadir dalam jenis/macam yang sama, di antaranya :

Baca Juga :  Mau Kredit Mobil Murah? Ini Empat Syarat yang Harus Anda Dipenuhi

Jenis-jenis premi asuransi:

  • Premi asuransi kesehatan
  • Premi asuransi jiwa
  • Premi asuransi mobil
  • Premi asuransi kecelakaan diri
  • Premi asuransi perjalanan

Macam-macam polis asuransi:

Karena polis ditentukan berdasarkan jenis premi, maka beragam jenis premi di bagian atas tadi sudah pasti memiliki polis. Selain berbagai macam polis tersebut, ada pula jenis polis lainnya, seperti:

  • Polis asuransi rumah
  • Polis ditaksir
  • Polis tidak ditaksir
  • Polis risiko perang
  • Polis veem

Tujuan premi dan juga fungsi polis asuransi

Dalam kehadirannya, premi asuransi dinyatakan sebagai syarat dari kesepakatan yang dibuat. Dengan kesepakatan tersebut, tentunya premi dapat menghadirkan manfaat dan juga benefit bagi kedua belah pihak.

Pihak-pihak tersebut adalah Anda selaku peserta asuransi dan juga perusahaan penyelenggara layanan asuransi.

Untuk premi yang ditawarkan setiap layanan asuransi hadir dengan besaran yang berbeda. Ada yang memiliki jumlah tinggi dan ada pula yang hadir dengan jumlah kecil. Hal tersebut umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor tertentu, seperti :

  • Profesi yang dimiliki nasabah atau peserta asuransi
  • Riwayat yang diderita oleh peserta atau siapa pun yang mendaftar sebagai nasabah asuransi
  • Pola hidup peserta atau nasabah, karena umumnya pola hidup menjadi bagian utama yang menentukan kesehatan seseorang.

Sementara itu, polis asuransi dinyatakan sebagai bukti fisik dari perjanjian yang dibuat antara peserta dengan perusahaan. Karena itu, polis asuransi memiliki fungsi yang beragam, di antaranya :

  • Untuk mengetahui hak dan juga kewajiban yang dimiliki peserta atau nasabah polis
  • Memahami skema premi asuransi, dengan demikian Anda dapat mengatur premi dengan lebih baik. Bahkan, Anda juga dapat menolak apabila hal yang diberikan tidak sesuai dengan skema premi yang telah dibayarkan.
  • Fungsi lainnya untuk mengetahui nilai pengurangan. Hal ini umumnya terjadi pada jenis asuransi kendaraan bermotor. Sementara itu pada jenis asuransi kesehatan umumnya dikenal dengan sebutan excess yang artinya terdapat selisih nominal di dalamnya.
  • Untuk fungsi paling akhir dari polis yaitu sebagai jaminan yang ditujukan bagi kedua belah pihak, baik peserta asuransi atau perusahaan.
Baca Juga :  Vitamin Import Australia Original untuk Kesehatan

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai premi dan polis asuransi. Semoga bermanfaat untuk Anda mengetahui istilah di bidang asuransi!

Tinggalkan Balasan