10 Cara Bisnis Rumah Makan Padang untuk Pemula

Salah satu kuliner populer di Indonesia adalah masakan Padang, terkhusus rendang yang sudah melanglang buana ke segala penjuru dunia.

Dengan prospek menjanjikan, Anda dapat menyimak cara memulai bisnis rumah makan Padang jika ingin memulai usaha kuliner satu ini.

10 Cara Bisnis Rumah Makan Padang

  1. Memperkuat Pengetahuan tentang Masakan Padang
  2. Menentukan Menu Masakan
  3. Riset Pangsa Pasar dan Pesaing
  4. Menyiapkan Bahan serta Perlengkapan Utama
  5. Menetapkan Harga yang Kompetitif
  6. Memilih Lokasi Strategis
  7. Mengurus Perizinan
  8. Membuat Strategi Pemasaran
  9. Memberi Pelayanan yang Terbaik
  10. Mengatur Sistem Penggajian

Masih ramai dari dulu hingga sekarang, Rumah makan (RM) Padang akan selalu menjadi tempat andalan masyarakat, khususnya para pekerja.

Rumah makan Padang ini biasanya menjadi tujuan makan siang dengan harga yang ramah dompet, tetapi juga lengkap dengan lauk dan sayur.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, prospek usaha ini cukup potensial, terkhusus jika Anda dapat menawarkan masakan-masakan yang dapat memuaskan lidah pelanggan.

Tidak hanya enak, tetapi memiliki cita rasa yang khas.

Untuk memulai bisnis kuliner ini, Anda dapat mengikuti cara dan tips berikut ini:

1. Memperkuat Pengetahuan tentang Masakan Padang

Saat memilih satu jenis bisnis, maka perlu untuk memenuhi pengetahuan Anda tentang jenis bisnis itu, termasuk usaha rumah makan Padang.

Daftar hal-hal yang perlu disiapkan, seperti jenis-jenis hidangan, bahan, peralatan, termasuk rincian modal biaya yang diperlukan.

Sebagai referensi, kuliner Padang sangat beragam.

Dendeng ala Padang tidak hanya dendeng balado saja, tetapi dikenal pula dendeng manis, dendeng bakar, dendeng batokok dan sebagainya.

Rendang juga dapat bervariasi, mulai dari rendang belut, rendang kering, rendang paru, dan lainnya.

Pilih menu masakan yang biasanya mencerminkan rumah makan Padang pada umumnya.

Lebih baik lagi apabila Anda memilih menu yang benar-benar dikuasai cara memasak, mengolah, sampai menghidangkannya.

Baca Juga :  8 Cara Bisnis Bubur Bayi dengan Mudah yang Laris Manis

Selain itu, perlu juga melakukan riset mengenai menu apa saja yang kira-kira akan menjadi andalan konsumen.

Dengan nasi dan beragam lauk seperti ayam, rendang, ikan, serta jenis-jenis sayuran lainnya semestinya tersedia berdasarkan yang paling digemari di kalangan konsumen.

3. Riset Pangsa Pasar dan Pesaing

Riset dan survei pasar bisa dimulai dengan mencari tahu kebutuhan konsumen, harga-harga patokan di beberapa rumah makan, daftar pesaing, dan sebagainya.

Hasil riset kemudian menjadi perbandingan dan gambaran dalam merancang rencana bisnis RM Padang milik Anda.

Perlu diingat bahwa menganalisis pesaing bukan berarti membuat Anda mundur untuk memulai usaha, melainkan mendorong untuk menemukan langkah strategis yang baru. 

Sebagai contoh, seharusnya tidak membuka usaha RM Padang bila di dekat lokasi tertentu sudah ada yang membuka, tetapi bisa dicoba di tempat lain.

4. Menyiapkan Bahan serta Perlengkapan Utama

Bahan baku bisa didapat dari supplier-supplier sayuran atau sembako kenalan atau langganan Anda.

Bisa pula pergi langsung ke pasar tradisional dan memilih bahan-bahan segar dan berkualitas sebab di pasar dapat menawar harga-harga yang telah ditetapkan.

Untuk menghemat biaya, Anda bisa langsung memakai alat-alat masak dari dapur dan milik Anda sendiri.

Namun, untuk sebanding dengan banyaknya menu, maka perlu menyediakan alat lain seperti etalase, tambahan piring, gelas, sendok, garpu, tempat tisu, meja, dan kursi.

5. Menetapkan Harga yang Kompetitif

Hidangan Padang menjadi alasan banyak orang untuk dijadikan santapan karena rasanya yang lezat dan menu beragam, tetapi juga dipatok dengan harga yang terjangkau.

Harga murah bukan berarti Anda harus menurunkan kualitas.

Harga memang menjadi pertimbangan pelanggan untuk membeli produk Anda. Tetapkan harga yang realistis namun juga kompetitif untuk dapat bersaing.

Baca Juga :  Ngeri, Inilah 10 Cara Bisnis Properti dari Nol Tanpa Modal

Umumnya, patokan harga lauk di RM Padang kecil berkisar antara Rp5.000 sampai Rp10.000 tergantung lauknya.

6. Memilih Lokasi Strategis 

Lokasi strategis adalah cara memulai bisnis rumah makan Padang yang penting sebab berkaitan dengan pengetahuan pembeli yang akan mengetahui keberadaan gerai Anda.

Lokasi ramai seperti di dekat kampus atau perkantoran bisa menjadi pilihan.

Dengan melihat lokasi, Anda juga perlu menyesuaikan harga yang barangkali sudah terlanjur ditetapkan sebelumnya.

Lihat kembali kalangan masyarakat mana yang banyak di dekat lokasi itu. 

Mendirikan outlet di dekat kampus mestinya mematok harga lebih murah dibandingkan di area perkantoran.

Memanfaatkan lahan rumah juga bisa menjadi opsi dalam memilih lokasi.

Bagian rumah, seperti teras depan atau garasi dapat disulap menjadi lokasi usaha.

Poin plus apabila kebetulan lokasi rumah Anda dekat atau tepat di pinggir jalan raya.

7. Mengurus Perizinan

Sesudah mendapatkan lokasi paling pas untuk mendirikan usaha Anda, selanjutnya yang harus dilakukan ialah mengurus surat perizinan, baik untuk bangunan dan produk.

Tujuannya agar usaha Anda legal serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Membuat Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran paling umum ialah melakukan promosi.

Banyak cara yang dapat dicoba, seperti menyebarkan brosur, memasang spanduk, hingga menyebar poster di akun-akun media sosial Anda secara online.

Strategi lainnya dapat dilihat sebagai berikut:

  • Menciptakan keunikan. Setiap ciri khas yang ada pastinya menarik perhatian konsumen untuk berkunjung. Buat konsep tertentu yang mewakili rumah makan Anda. Bisa dengan cara menamai menu-menu tertentu atau gambar pada logo RM Padang Anda.
  • Mempunyai menu andalan. Masih berkaitan dengan sisi unik, itu berarti Anda juga wajib memiliki satu atau dua menu andalan yang menandai rumah makan Anda secara khusus. Bisa melalui cara mengolah, menghidangkan, atau komponen tambahan di menu-menu andalan tersebut.
  • Konsisten dalam pelayanan. Poin ini adalah keharusan, di mana pelayanan yang dimaksud tidak hanya penyajian menu tetapi juga bentuk lainnya. Keramahan dalam berkomunikasi, sebagai contoh tetap harus dijaga kepada siapapun yang akan berkunjung sebagai pembeli nantinya.
Baca Juga :  9 Kiat Cara Bisnis Cetak Foto yang Menguntungkan

9. Memberi Pelayanan yang Terbaik

Pelayanan berkualitas termasuk pula dalam hal menjaga kebersihan.

Aspek penting dalam membuka usaha kuliner adalah kebersihan, di mana akan menjadi pertimbangan utama konsumen untuk memilih datang atau tidak ke RM Padang Anda.

Jaga kebersihan di lingkungan rumah makan, mulai dari teras, meja dan kursi, peralatan makan, alat memasak, wastafel, toilet, lantai, dan semua yang berhubungan dengan rumah makan.

Pembeli adalah raja, maka kenyamanan adalah nomor satu bagi mereka.

10. Mengatur Sistem Penggajian

Ada kalanya Anda memerlukan pekerja tambahan di gerai bila tidak memiliki waktu untuk mengurus seorang diri atau bersama anggota keluarga dan kerabat lain.

Kesibukan lain yang harus dikerjakan membuat keberadaan pegawai diperlukan.

Perhatikan sistem penggajian terhadap karyawan agar sebanding dengan kinerja karyawan tetapi juga tidak mengurangi laba dan pemasukan yang telah diperoleh dari hasil penjualan.

Jumlahnya juga harus sesuai dengan UMK/UMP lokasi tempat usaha Anda.

Selalu banyak tantangan ketika Anda ingin memulai bisnis.

Dengan cara memulai bisnis rumah makan Padang ini, diharapkan Anda dapat terdorong dalam melihat peluang usahanya lebih jauh lagi agar bisnis Anda semakin berkembang ke depannya.

Demikianlah informasi Cara Bisnis Rumah Makan Padang. Semoga bermanfaat.

Cara Bisnis Rumah Makan Padang

Originally posted 2024-04-11 06:02:59.

Tinggalkan komentar