Perkuat Literasi Membaca dan Numerasi, Bintang Pelajar Adakan Kompetisi Nasional yang ke-4

Sejak Tahun 2021, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan kebijakan di tahun 2020 untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional dengan menggulirkan Asesmen Nasional yang terdiri atas Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan sekolah. Setiap tahunnya, pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dilaksanakan pada rentang bulan September – November.

Bintang Pelajar Adakan Kompetisi Nasional yang ke-4

Bintang Pelajar Adakan Kompetisi Nasional yang ke-4

Bintang Pelajar (BP) merupakan lembaga bimbingan belajar Islami dan profesional yang berdiri sejak tahun 1995 yang telah memiliki 22 Cabang Offline dan Cabang Online (BION) serta telah berkontribusi dalam membimbing peningkatan kompetensi dan prestasi siswa dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) lebih dari 100.000 siswa di seluruh Indonesia. Adapun Bintang Pelajar memiliki visi “Menjadi Bimbingan Belajar Islami terkemuka dan utama di Indonesia dalam mendukung kemajuan pendidikan nasional”.

Alhamdulillah, setelah sukses 3 tahun sebelumnya melaksanakan kompetisi serupa yang telah diikuti oleh 31.526 siswa dari 885 sekolah yang berasal dari seluruh Indonesia, tahun ini BP kembali menyelenggarakan Kompetisi Nasional Literasi Membaca dan Numerasi 2024 Edisi ke-4. Tahun ini diharapkan dapat diikuti oleh 35.000 siswa dari 520 sekolah di Seluruh Indonesia.

Kompetisi ini telah mendapatkan dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dari Provinsi, Kabupaten Kota, dan Lembaga Pendidikan, meliputi:

  1. ASESI
  2. Dinas Sulawesi Selatan Cabang I
  3. Dinas Jawa Barat Cabang II
  4. Dinas Sumatera Barat
  5. Dinas Pendidikan Cabang Tangerang Kota dan Tangerang Selatan
  6. Dinas Sulawesi Barat
  7. dan insya Allah Dinas Provinsi, Kota/Kabupaten lainnya (Proses)

Disamping itu, kompetisi juga telah menggunakan sistem penyajian dan penilaian soal dengan sistem Multistage Adaptive Testing (MSAT). Sistem ini akan membantu penilaian hasil kompetisi menjadi informasi yang berguna untuk mengukur kesiapan siswa dan sekolah dalam menghadapi ANBK.

Baca Juga :  Lirik Mughrom Ai Khodijah ini Bisa Bikin Hati Adem

Tujuan Pelaksanaan kegiatan:

  1. Menjadi ajang menguji kemampuan siswa dan sekolah dalam menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dipersyaratkan oleh Kemendikbud.
  2. Menyediakan solusi bagi siswa dan sekolah yang ingin meningkatkan keterampilan mereka menghadapi ANBK.
  3. Memupuk jiwa kompetitif siswa untuk menjadi yang terbaik dan bersaing dengan siswa dari sekolah lain se-Indonesia.

Proses Pendaftaran sudah dibuka pada 26 Februari – 1 Mei 2024, dan sekolah sudah bisa mendaftar melalui pendaftaran Kompetisi AKM

Pelaksanaan Babak Penyisihan Tingkat Nasional akan dilaksanakan secara Online pada 6 – 15 Mei 2024, dan final pada 15 Juni 2024, sedangkan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada 6 dan 13 Juli 2024.

Kompetisi ini dapat diikuti secara GRATIS untuk seluruh Siswa dan Sekolah di Indonesia serta berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah 57 Juta Rupiah untuk pemenang kategori sekolah dan siswa.

Tinggalkan komentar