Fried chicken menjadi salah satu menu makanan populer di Indonesia.
Banyaknya gerai yang menjual ini di jalanan karena berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar.
Tertarik memulai usahanya? Ikuti cara membuka usaha fried chicken untuk pemula dibawah ini.
- Menentukan Konsep Usaha
- Menyediakan Modal Operasional Usaha
- Menyediakan Peralatan dan Bahan Usaha
- Memilih Resep yang Terjamin Enak
- Menentukan Lokasi Strategis
- Menentukan Harga Jual
- Belajar bersama Mentor
- Mengembangkan Promosi yang Efektif dan Efisien
- Memberikan Pelayanan Terbaik
Peluang usaha fried chicken memang besar. Bersamaan dengan itu, Anda tetap harus berhadapan dengan kompetitor.
Meski masih pemula, ini menjadi momen untuk mempelajari cara membuka usaha fried chicken yang dipaparkan dalam poin-poin berikut ini:
9 Cara Bisnis Fried Chicken
1. Menentukan Konsep Usaha
Konsep usaha yang dimaksud dapat berupa kedai atau restoran, atau warung rumahan, dapat juga dengan membuka gerai dengan gerobak seperti pedagang kaki lima.
Anda juga dapat memilih sistem waralaba atau mandiri.
Selain itu, dukung pilihan konsep usaha Anda dengan pengetahuan seputar bisnis fried chicken.
Dapat berupa cara menembus persaingan yang ketat, analisis SWOT, cara bagaimana melayani konsumen, serta macam-macam cara mengolah fried chicken untuk dinikmati oleh pembeli
2. Menyediakan Modal Operasional Usaha
Poin ini adalah poin yang harus diperhatikan setiap kali memulai usaha.
Keperluan yang akan dibiayai oleh modal dapat berupa sewa lokasi, pembelian bahan baku dan peralatan masak.
Tidak lupa juga, gaji pegawai atau karyawan yang membantu dalam menyajikan menu kepada pelanggan.
3. Menyediakan Peralatan dan Bahan Usaha
Ketika baru memulai, sah-sah saja apabila Anda memilih untuk membeli peralatan dan perlengkapan baru yang murah, namun berkualitas.
Akan lebih hemat lagi jika memakai peralatan yang sudah ada di dapur Anda. Proses produksi fried chicken Anda akan berjalan lancar jika alat sudah tersedia.
Alat-alat tersebut berupa penggorengan, gas, kompor, wadah, sendok, garpu, piring, gelas, dan sebagainya.
Sementara bahan pembuatan fried chicken sebaiknya diambil dari supplier terpercaya agar fried chicken yang dihasilkan nantinya juga memberi rasa yang berkualitas.
Temukan informasi dari internet untuk mengetahui di mana supplier bahan baku yang berkualitas, harga terjangkau, namun juga berkualitas dari segi bahan dan juga pelayanannya.
Kalau bisa, cari supplier yang membuka usaha di dekat tempat usaha Anda.
4. Memilih Resep yang Terjamin Enak
Bisnis kuliner erat kaitannya dengan cita rasa. Setiap usaha tentu memiliki resep dan racikan rahasia tertentu.
Pilih cara memasak dan mengolah ayam agar mendapatkan tekstur dan rasa yang renyah, gurih, serta lezat yang pas di lidah konsumen.
Resep yang baik dihasilkan dari teknik menggoreng fried chicken yang benar.
Deep frying adalah teknik populer, di mana ayam digoreng dengan ditenggelamkan dengan suhu standar dan stabil.
Suhu yang salah akan membuat bagian dalam (daging) masih terasa mentah dan merah.
Tambahkan bumbu lain dengan takaran tertentu untuk menciptakan ciri khas tersendiri di rasa fried chicken Anda. Ini akan menciptakan brand awareness di konsumen agar mereka mengenal produk Anda dan berniat untuk membeli kembali di waktu berikutnya.
5. Menentukan Lokasi Strategis
Gerai usaha harus terletak di lokasi strategis agar penjualan meningkat setiap harinya.
Lokasi strategis akan membuat masyarakat mengetahui keberadaan outlet fried chicken Anda.
Lokasi yang pas untuk usaha ini umumnya di pinggir jalan yang ramai masyarakat berlalu-lalang.
Tempat-tempat spesifik lain yang direkomendasikan ialah dekat sekolah, dekat kampus, di sekitar tempat wisata, dan di dekat perkantoran.
Alangkah baiknya juga jika rumah Anda dekat di salah satu lokasi itu, maka gerai dapat dibuka dengan memanfaatkan pekarangan atau teras rumah saja.
6. Menentukan Harga Jual
Harga jual dapat disesuaikan dengan harga pasaran saat ini. Anda dapat melakukan riset dan survei dengan mendatangi langsung gerai lain.
Kemudian, menetapkan variasi harga untuk bagian paha, dada, dan sayap, apakah ingin disamakan atau dibuat berbeda.
Buat harga yang nominalnya kompetitif, tetapi juga tidak memberatkan konsumen yang dominan berada di lokasi tempat usaha Anda.
Besar harga juga seharusnya menunjukkan kualitas. Dengan artian, harga murah bukan berarti produk Anda dibuat dengan asal-asalan.
7. Belajar bersama Mentor
Tidak perlu ragu untuk menjalankan cara membuka usaha fried chicken untuk pemula ini.
Temui beberapa pengusaha fried chicken yang telah sukses dan berguru pada mereka.
Jalin relasi dengan para pengusaha itu untuk mendapatkan saran agar bisnis Anda berkembang.
Terkadang, hasil analisis Anda tidak mencukupi di bagian solusi atas kendala-kendala yang dihadapi.
Dengan mendapatkan kisah dan pengalaman dari para mentor, Anda dapat memperkaya pengetahuan sehingga memperkaya sudut pandang dalam menaikkan usaha fried chicken Anda.
8. Mengembangkan Promosi yang Efektif dan Efisien
Tidak ada usaha yang sukses tanpa pelaksanaan promosi.
Gencarkan promosi dan pemasaran produk serta gerai Anda dengan menampilkan hal-hal menarik seputar brand fried chicken yang dijual.
Banyak cara yang dapat mendukung proses promosi Anda, baik metode konvensional maupun metode digital.
Metode konvensional dapat dilakukan dengan menyebarkan brosur atau memasang iklan di media cetak atau elektronik, menyebarkan dari mulut ke mulut, dan memasang pamflet.
Sementara metode digital umumnya mengunggah hal-hal berkaitan dengan produk fried chicken Anda.
Melalui media sosial, jangkauan konsumen Anda dapat lebih luas dibandingkan dengan keberadaan orang-orang yang lewat di sekitar tempat usaha Anda.
Cara-cara berikut ini juga bisa dicoba dalam pengembangan promosi:
- Menarik banyak mitra. Buka gerai lagi di lokasi lain ketika usaha Anda berkembang dengan baik. Cara ini dapat memberi keuntungan lebih besar karena pangsa pasar juga bertambah di lokasi yang berbeda. Pilih mitra yang sudah berpengalaman dan ahli untuk menghindari kerugian.
- Berinovasi. Mempertahankan kesetiaan pelanggan dapat dilakukan dengan inovasi. Anda pasti tidak ingin konsumen bosan dengan pilihan menu yang sama setiap harinya. Tambah variasi rasa atau komponen lain dalam fried chicken agar menambah keunikan dalam produk Anda.
- Menambah variasi menu. Masih berkaitan dengan poin berikutnya, Anda dapat membuat tambahan menu selain fried chicken, seperti minuman atau kentang goreng. Buat paket yang terdiri dari nasi, ayam, dan minuman untuk memberi kesan hemat di mata konsumen.
9. Memberikan Pelayanan Terbaik
Pelayanan dalam usaha menjadi faktor penting juga dalam ‘menahan’ konsumen Anda untuk menjadi pelanggan tetap.
Beri pelayanan terbaik, seperti memproses pesanan dengan cepat dan ramah.
Bayangkan juga gerai Anda kotor, banyak serangga, dan bau?
Kemungkinan besar pembeli yang datang hari ini tidak akan kembali lagi esok hari dan seterusnya.
Berbagai tantangan memang harus dilalui bila Anda memilih untuk membuka bisnis.
Terapkan cara membuka usaha fried chicken untuk pemula di atas pelan-pelan.
Jangan lupa untuk tetap cari peluang dengan strategi pemasaran agar usaha Anda terus berkembang menjadi lebih baik.
Demikianlah Cara Bisnis Fried Chicken yang bisa kami sampaikan. Semoga Cara Bisnis Fried Chicken ini bermanfaat ya.
Cara Bisnis Fried Chicken
Originally posted 2024-04-04 04:55:54.