4 Fungsi Data Science dalam Dunia Kerja yang Vital Banget!

Dalam dunia yang semakin terhubung ini, data memiliki peran yang sangat penting. Tidak hanya sekadar informasi, data juga menjadi kunci untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Oleh karena itu, disiplin ilmu yang dikenal dengan sebutan Data Science telah muncul sebagai solusi untuk mengolah dan menganalisis data secara efektif.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa yang sebenarnya dimaksud dengan Data Science dan bagaimana fungsinya dalam dunia kerja.

Data Science dan Tujuannya

Data Science adalah bidang interdisipliner yang menggabungkan metode ilmiah, algoritma, teknik pemrograman, dan sistem komputasi untuk mengekstraksi pengetahuan dan wawasan yang berharga dari data.

Dalam Data Science, pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik statistika, matematika, dan informatika sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang fenomena yang terjadi.

Tujuan utama dari Data Science adalah untuk menggali wawasan baru dan menemukan pola tersembunyi dalam data sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Tidak hanya itu, Data Science juga bertujuan untuk mengembangkan model prediktif dan algoritma yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses bisnis dan memecahkan masalah yang kompleks.

Mengingat perannya yang vital, tak ayal gaji data scientist sangat menarik. Jika dikategorikan berdasarkan level-nya berikut gaji data scientist: Junior Level = 7-11jt/bulan. Mid Level = 8-15jt/bulan. Senior Level = 13-28jt/bulan.

Fungsi Data Science dalam Dunia Kerja

  • Analisis Data

Salah satu fungsi utama dari data science dalam dunia kerja adalah melakukan analisis data.

Dengan menggunakan metode-metode statistika dan teknik analisis yang canggih, Data Science dapat membantu perusahaan atau organisasi dalam menggali wawasan baru dari data yang dimiliki.

Misalnya, data scientist dapat membantu perusahaan mengidentifikasi tren penjualan, perilaku pelanggan, atau melakukan segmentasi pasar yang lebih efektif.

  • Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, pengambilan keputusan yang baik merupakan faktor krusial bagi kesuksesan suatu perusahaan.

Baca Juga :  Penerapan Ekonomi Syariah dalam Kehidupan Sehari-hari

Nah, data scientist dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan dengan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang data dan menghasilkan rekomendasi yang berdasarkan pada analisis data.

Dengan keberadaannya, keputusan dapat diambil berdasarkan fakta dan bukti yang kuat, bukan sekadar berdasarkan intuisi semata.

  • Pengembangan Produk dan Layanan yang Lebih Baik

Data science juga memiliki peran penting dalam pengembangan produk dan layanan.

Dengan menganalisis data yang dikumpulkan dari pelanggan atau pengguna, perusahaan dapat mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi pelanggannya dengan lebih baik.

Hal ini dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

  • Optimalisasi Proses Bisnis

Seorang data scientist dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan proses bisnis dengan cara yang lebih cerdas.

Dengan menggunakan teknik-teknik seperti machine learning dan optimization algorithms, Data Science dapat menemukan pola-pola dalam data yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses bisnis.

Misalnya, data scientist dapat membantu perusahaan mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap tingkat kecelakaan di tempat kerja dan mengembangkan strategi yang tepat untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Bagaimana menjadi data scientist profesional?

Untuk menjadi seorang data scientist harus memiliki hard skill dan soft skill yang mempuni. Menguasai bahasa pemrograman Python merupakan salah satu skill yang harus dikuasai untuk berkarir di bidang data science.

Anda bisa mulai belajar tentang dasar-dasar Python dan berlatih proyek mini Python. Selain itu juga perlu mempelajari library data science Python seperti NumPy, Pandas, Matplotlib dan Scikit-learn.

Setelah itu, Anda bisa membuat portofolio yang menampilkan keterampilan yang telah dikuasai. Ini adalah suatu keharusan bagi para calon data scientist.

Baca Juga :  Gimana Cara Menikmati Offroad bersama Keluarga yang Aman?

Terakhir, teruslah mengasah keterampilan. Perjalanan karir data science akan penuh dengan pembelajaran terus-menerus. Untuk itu, ada kursus lanjutan yang dapat Anda ikuti untuk memastikan telah menguasai semua dasar.

Setidaknya, perlu beberapa bulan untuk mempelajari dan mempraktikkannya. Namun, semua akan jadi lebih cepat jika Anda memilih tempat kursus terbaik yang secara khusus mengajarkan tentang Data Science.

Hacktiv8 sebagai ruang pelatihan coding intensif pertama di Indonesia kini telah membuka Bootcamp Data Science. Umumnya, pelatihan ini berlangsung selama 12 minggu. Di program ini Anda belajar Data Science secara intensif dengan dibimbing instruktur berpengalaman.

Materi yang diberikan selalu diperbarui setiap empat minggu sekali, bahkan lulusannya juga akan dibantu mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian. Menarik, bukan? Yuk bergabung bersama Hacktiv8.

Tinggalkan komentar