Bingung Gigi seperti Apa yang Harus Dibehel? Ini Jawabannya!

Anda mungkin bertanya-tanya, gigi seperti apa yang harus di behel?

Behel atau kawat gigi, adalah perangkat ortodontik. Umumnya, behel berguna untuk memperbaiki posisi gigi yang tidak rata, saling tumpang tindih, berlubang, atau terlalu maju.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai kondisi gigi yang dapat kita perbaiki dengan behel.  Mulai dari proses pemasangannya, perawatan dan efek samping yang mungkin terjadi, dan alternatif lain yang tersedia.

Gigi seperti apa yang harus dibehel?

Behel berguna untuk merapikan dan memperbaiki berbagai masalah gigi yang umum. Berikut adalah beberapa kondisi gigi yang dapat kita rapikan dengan behel:

  • Gigi yang tidak rata

Kondisi gigi yang tidak rata adalah salah satu masalah gigi yang paling umum dan dapat memengaruhi penampilan seseorang. Nah, behel dapat membantu merapikan gigi yang tidak rata dan memberikan senyum yang indah.

  • Gigi yang saling tumpang tindih

Jenis gigi yang saling tumpang tindih dapat sulit untuk dibersihkan dengan benar dan rentan terhadap masalah kesehatan gigi. Pemakaian behel bisa menjadi solusi untuk merapikan gigi yang saling tumpang tindih dan meningkatkan kesehatan gigi secara keseluruhan.

  • Gigi yang berlubang

Perawatan behel dapat membantu memperbaiki gigi yang berlubang dengan mengisi rongga gigi menggunakan bahan yang aman dan tahan lama. Hal ini akan memperkuat gigi dan mencegah kerusakan yang lebih lanjut.

  • Gigi yang terlalu maju atau menonjol

Kondisi gigi yang terlalu maju atau menonjol dapat menciptakan ketidakseimbangan dalam gigitan dan menyebabkan masalah tertentu saat mengunyah. Behel dapat membantu mengatur posisi gigi yang terlalu maju, memperbaiki gigitan yang tidak seimbang, dan meningkatkan fungsi gigi.

Proses pemasangan behel

Pada proses pemasangan behel biasanya melibatkan beberapa langkah. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam pemasangan behel:

  • Konsultasi awal dengan dokter gigi

Langkah pertama adalah menjalani konsultasi awal dengan dokter gigi yang berkualifikasi dalam bidang ortodonti. Dokter akan memeriksa kondisi gigi Anda, mendengarkan kekhawatiran Anda, dan memberikan rekomendasi terbaik untuk perawatan Anda.

Baca Juga :  Ini 5 Tips Memilih Rumah di Bandung Dengan Harga Terjangkau

Pastikan Anda memilih klinik gigi terbaik yang memiliki izin operasional dan berpengalaman seperti Axel Dental.

  • Pemilihan jenis behel yang tepat

Setelah konsultasi, dokter gigi akan membantu Anda memilih jenis behel yang tepat untuk Anda. Ada berbagai pilihan behel, termasuk behel logam konvensional, behel transparan, dan behel yang dapat dilepas.

Axel Dental sebagai klinik gigi Jakarta menyediakan beragam pilihan behel sesuai keinginan, Anda bisa memilih behel impian di sana.

  • Pemasangan behel pada gigi

Setelah memilih jenis behel, dokter gigi akan memasang behel pada gigi Anda. Proses ini dapat memakan waktu beberapa jam, tergantung pada kompleksitas kasus Anda. Dokter gigi akan memastikan behel terpasang dengan aman dan nyaman.

Perawatan dan pemeliharaan behel

Perawatan dan pemeliharaan behel adalah bagian penting dalam memastikan hasil yang optimal dari perawatan ortodontik Anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Membersihkan behel secara rutin

Pastikan untuk membersihkan behel setiap hari dengan sikat gigi lunak dan pasta gigi non-abrasif. Bersihkan behel dari sisa makanan dan plak untuk mencegah pembentukan karang gigi.

  • Makanan dan minuman yang perlu dihindari

Hindari makanan yang keras, lengket, atau berwarna terang, seperti permen karet, popcorn, dan minuman berkarbonasi. Hal ini akan membantu mencegah kerusakan pada behel dan gigi Anda.

  • Menghindari kebiasaan buruk

Hindari kebiasaan buruk seperti mengigit pensil, menggigit kuku, atau menggeretakkan gigi. Kebiasaan-kebiasaan ini dapat merusak behel dan memperlambat proses perawatan.

Efek samping yang mungkin terjadi

Meskipun behel adalah perawatan yang umum dan aman, ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi. Inilah beberapa efek samping yang perlu kita ketahui:

  • Rasa tidak nyaman

Setelah pemasangan behel, Anda mungkin merasakan sedikit ketidaknyamanan pada gigi dan gusi Anda. Hal ini normal dan seharusnya mereda dalam beberapa hari.

  • Sensitivitas gigi

Beberapa orang mungkin mengalami peningkatan sensitivitas gigi setelah pemasangan behel. Sensitivitas ini biasanya bersifat sementara dan akan menghilang seiring waktu.

  • Luka ringan pada mulut

Behel mungkin menyebabkan luka ringan pada bibir, pipi, atau lidah Anda. Jika luka-luka ini tidak kunjung sembuh atau terasa tidak nyaman, segera konsultasikan dengan dokter gigi Anda.

Baca Juga :  Pentingnya Memiliki Website dengan Banyak Pengunjung

Kapan behel dapat dilepas

Durasi penggunaan behel dapat bervariasi tergantung pada kondisi gigi dan kebutuhan perawatan Anda. Setelah gigi Anda telah diperbaiki dan hasil yang diinginkan telah tercapai, dokter gigi Anda akan memutuskan kapan behel dapat dilepas.

Penting untuk mengikuti petunjuk perawatan yang diberikan oleh dokter gigi Anda selama dan setelah menggunakan behel untuk mempertahankan hasil yang optimal.

Alternatif lain untuk memperbaiki gigi

Selain behel, terdapat juga alternatif lain untuk memperbaiki gigi yang tidak rata atau masalah lainnya, seperti:

  • Veneer gigi

Veneer gigi adalah lapisan tipis yang berada di permukaan gigi untuk meningkatkan penampilan. Veneer gigi dapat membantu merapikan gigi yang ringan dan memberikan hasil yang cepat.

  • Pencabutan gigi

Dalam beberapa kasus yang parah, pencabutan gigi mungkin lebih rekomended untuk memperbaiki posisi gigi dan menciptakan ruang yang cukup untuk perawatan lainnya, seperti behel.

Kesimpulan

Gigi yang perlu kita perbaiki dengan behel termasuk gigi yang tidak rata, saling tumpang tindih, berlubang, atau terlalu maju. Behel dapat membantu merapikan gigi, meningkatkan kesehatan gigi, dan meningkatkan fungsi gigi secara keseluruhan.

Proses pemasangan behel melibatkan konsultasi awal dengan dokter gigi, pemilihan jenis behel yang tepat, dan pemasangan behel pada gigi.

Perawatan dan pemeliharaan behel termasuk membersihkan behel secara rutin, menghindari makanan dan minuman tertentu, dan menghindari kebiasaan buruk. Meskipun ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi, behel adalah perawatan yang aman dan efektif.

Setelah gigi telah diperbaiki, behel dapat kita lepas dan ada alternatif lain, seperti veneer gigi atau pencabutan gigi, yang tersedia.

Pastikan Anda memilih klinik gigi terbaik ya. Terimakasih.

Tinggalkan komentar