Keuntungan Investasi
Keuntungan Investasi

Ingin Sejahtera di Masa Depan? Pelajari Keuntungan Investasi!

Investasi merupakan aktivitas menanamkan modal baik itu aset berharga atau uang dalam suatu lembaga, atau pihak pada periode waktu tertentu. Penempatan modal itu diharapkan para investor akan mendapat keuntungan atau return setelah jangka waktu tertentu. Pembelian saham dan surat berharga juga bisa dikatakan sebagai investasi untuk memperoleh keuntungan. Begitu pun dengan berinvestasi reksadana dengan aplikasi reksadana terbaik. Apa saja keuntungan dari investasi? Berikut di antaranya

  1. Memperoleh penghasilan tetap 

Investasi mempunyai banyak manfaat yang bisa Anda rasakan baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Salah satunya, Anda bisa mendapat penghasilan tetap dengan berinvestasi. Misalnya dengan menanam modal atau berinvestasi di sebuah restoran cepat saji.

Dari hasil penjualan di restoran itu, Anda memiliki hak untuk mendapatkan persentase profit tiap bulannya. Besar persentase profit atau keuntungan bisa berbeda, tergantung dari kesepakatan antara investor dan perusahaan. Dengan penghasilan itu, Anda pun bisa mengembangkan usaha yang mungkin kini tengah Anda jalani. Laba dari investasi yang Anda dapatkan bisa menjadi suntikan modal bagi bisnis Anda. 

  1. Meningkatkan aset yang dimiliki

Agar bisa sejahtera di masa depan, berinvestasi adalah salah satu langkah yang tepat. Sebab, investasi bisa meningkatkan aset yang dimiliki oleh seseorang. Terutama jika berinvestasi pada properti seperti apartemen, rumah atau tanah yang harganya akan naik terus seiring dengan waktu. Namun, peningkatan dari nilai aset itu tidak serta merta didapatkan dalam sekejap.

Butuh kesabaran, dan waktu yang lama. Bayangkan jika Anda berinvestasi pada sebuah properti kemudian menyewakannya. Kemudian, dalam beberapa tahun, Anda  bisa membeli properti berikutnya. Jika Anda melakukannya secara konsisten, maka dalam kurun waktu tertentu, tentunya aset Anda akan berlipat ganda. 

  1. Memenuhi berbagai kebutuhan 

Di masa depan, tentunya akan ada banyak kebutuhan tak terduga yang akan muncul. Karena itu investasi bisa menjadi sarana untuk pemenuhan kebutuhan di masa depan. Investasi yang dimulai di masa saat ini bisa mendukung berbagai kebutuhan dan kehidupan di masa mendatang yang nilainya akan terus naik.

Dengan berinvestasi, para investor juga akan mendapatkan penghasilan tambahan diluar gaji. Namun, perlu diingat bahwa semakin tinggi return investasi akan semakin tinggi juga tingkat risikonya. Karena itu, Anda harus mengelola investasi dengan sebaik mungkin.

  1. Membuat hidup jadi hemat dan sederhana

Dengan berinvestasi, Anda juga bisa mencoba untuk hidup hemat. Agar tetap bisa berinvestasi, Anda akhirnya akan terpacu untuk menghindari gaya hidup konsumtif dan membeli barang-barang tidak penting. Dengan gaya hidup yang menjadi lebih sederhana, seseorang tentunya juga akan bisa menghindari hutang.

Orang-orang yang berkomitmen dalam investasi biasanya akan menghindari segala jenis hutang dan akan lebih memilih untuk hidup hemat sehingga keadaan ekonomi bisa meningkat.

  1. Mencapai Kebebasan Finansial

Masing-masing orang pasti mempunyai tujuan finansial sendiri. Misalnya untuk menyiapkan biaya untuk pernikahan, biaya kelahiran anak, biaya pendidikan anak hingga ke jenjang perguruan tinggi, dan sebagainya. Dengan nilai return yang Anda peroleh dari berinvestasi, Anda bisa memanfaatkannya untuk mencapai tujuan finansial atau bahkan Financial Freedom.

Financial freedom atau kebebasan finansial merupakan kondisi di mana Anda sudah merdeka secara finansial. Artinya, meski tanpa bekerja, penghasilan Anda sudah terbilang cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Kondisi ini bisa Anda raih dengan investasi.

  1. Mengembangkan Diri 

Selain memiliki manfaat untuk mempersiapkan kondisi finansial di masa depan, investasi juga bermanfaat untuk mengembangkan diri sebagai individu. Menjadi investor, tentunya akan membuat Anda punya banyak relasi.

Wawasanmu tentang finansial dan ekonomi akan semakin luas dan bukan tidak mungkin akan bisa menjadi perencana finansial yang handal. Sebab, saat berinvestasi, secara tidak langsung Anda juga akan memikirkan perencanaan dari investasi. Anda akan terlatih untuk mengambil keputusan dalam  finansial. 

  1. Membuka Wawasan dan Melatih Tanggung Jawab

Berbagai problem yang akan Anda hadapi dalam investasi akan dapat mengasah kemampuan analisa Anda. Pengetahuan dan wawasan tentang investasi pun juga akan bertambah seiring berjalannya waktu.Selain itu, tanggung jawab juga bisa terasah saat berinvestasi. Mau tidak mau, Anda akan bertanggung jawab atas semua keputusan investasi yang sudah Anda buat.

Misalnya jika Anda memilih untuk berinvestasi di sebuah perusahaan, maka Anda harus mampu bertanggung jawab jika sewaktu waktu terjadi kerugian. Anda bisa berlatih untuk membuat back-up plan seperti diversifikasi investasi ataupun cut loss.

Itulah 7 keuntungan investasi yang bisa Anda dapatkan. Ingat jika investasi dengan keuntungan lebih tinggi memiliki risiko tinggi. Sebaliknya, investasi yang memiliki risiko rendah akan memberikan return atau keuntungan yang lebih rendah juga. Tertarik untuk investasi reksadana? Anda bisa mulai investasi dengan modal hanya Rp 10.000 di BukaReksa Bukalapak. Dengan aplikasi reksadana terbaik dari Bukalapak, Anda akan mendapat keuntungan berlipat dengan cepat.