Apa Itu Backlink? Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya

Tidak dapat dipungkiri bahwa manfaat backlink sangatlah signifikan bagi para blogger dan para pemilik toko online. Strategi backlink yang bisa didapatkan dengan pakai jasa SEO menjadi salah satu usaha yang perlu dimaksimalkan agar website Anda dapat muncul di halaman pertama hasil pencarian. Cara inilah meningkatkan potensi website untuk meraup lebih banyak manfaat.

Backlink merupakan link yang terdapat dalam isi suatu website dan mengarahkan pengguna ke halaman web atau website lain. Meskipun mirip dengan hyperlink, backlink memiliki peran lebih dalam meningkatkan optimisasi mesin telusur (SEO) website, bukan hanya sebagai penghubung sumber informasi.

Lalu, bagaimana cara untuk bisa mendapatkan backlink dan meningkatkan visibilitas website Anda di mesin pencarian? Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, mari kenali terlebih dulu apa itu backlink, jenis-jenis, serta berbagai manfaatnya.

Mengenal Apa Itu Backlink dan Jenis-jenisnya

Backlink pada website merupakan link yang berasal dari suatu domain atau subdomain yang mengarah  menuju halaman lain, baik di domain yang sama atau berbeda. Backlink juga dikenal sebagai “link masuk” yang secara harfiah mengindikasikan link yang datang ke dalam konten yang memberikan referensi atau mengarahkan ke website lain yang memiliki kesamaan.

Tujuan utama dari backlink adalah untuk memperkuat posisi website atau konten yang diarahkan oleh link tersebut. Tujuannya adalah agar website tersebut dapat mencapai peringkat yang tinggi dan stabil dalam hasil mesin pencarian terkait dengan kata kunci tertentu.

Backlink pada sebuah website terdiri dari 2 jenis, yaitu:

  • Internal Backlink

Jenis backlink ini menghubungkan dua halaman website di bawah satu domain yang sama. Fungsinya adalah untuk memudahkan pengunjung dalam menemukan informasi tambahan mengenai suatu topik atau mengakses konten lain yang terkait.

Baca Juga :  Pentingnya Memiliki Website dengan Banyak Pengunjung

Selain itu, internal backlink meningkatkan waktu kunjungan pengunjung di dalam domain, sekaligus meningkatkan jumlah kunjungan dan membantu menurunkan bounce rate, yang mengindikasikan seberapa lama audience Anda bertahan saat mengakses website.

  • External Backlink

Jenis backlink berikutnya merujuk pada tautan yang datang dari atau menuju domain lain. Biasanya digunakan ketika konten di website Anda tidak mencakup informasi yang relevan dengan topik tertentu, sehingga Anda memperkaya konten dengan sumber referensi dari website lain. Tautan jenis ini tidak hanya memberikan nilai informasi kepada pengunjung website, tetapi juga membantu meningkatkan otoritas dan relevansinya pada mesin pencari.

Baca juga : cloud hosting di Indonesia

Manfaat Backlink pada Website

Sebagai sumber referensi pada suatu konten, backlink memberikan berbagai manfaat untuk website berupa:

  • Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencari

Salah satu manfaat utama dari backlink adalah meningkatkan peringkat dalam mesin pencari. Konsep backlink mendasarkan pada konsep “vote dan rekomendasi”, di mana setiap website yang dirujuk akan dianggap bernilai dan layak untuk tampil di bagian atas hasil penelusuran.

  • Memudahkan Proses Indexing

Mesin pencari bekerja dengan bantuan “web crawler” yang mengindeks konten. Web crawler bekerja dengan cara menjelajahi tautan-tautan atau jalur yang dibentuk oleh tautan. 

Oleh karena itu, jika Anda ingin artikel di website Anda terindeks dengan cepat, langkah awal yang dapat diambil adalah dengan meningkatkan jumlah backlink dari situs yang kredibel, di mana artikel-artikelnya mendapat indeks oleh Google dengan cepat.

  • Menambah Jumlah Pengunjung

Selain berperan dalam optimisasi mesin pencari, backlink juga memungkinkan pengguna untuk beralih dari satu website ke website lain dengan efisiensi. Jika backlink ditempatkan di website yang memiliki pengunjung dalam jumlah besar dan konten yang relevan, backlink tersebut berpotensi meningkatkan jumlah traffic ke website Anda.

Baca Juga :  Cara Cari Sumber Daya Air dengan Geolistrik dan Perhitungannya

Cara Mendapatkan Backlink

Untuk memiliki backlink yang berkualitas, Anda bisa mendapatkannya dengan beberapa cara seperti:

  1. Menulis guest post dengan membuat konten untuk blog lain dan menyisipkan tautan menuju situs Anda.
  2. Memanfaatkan broken link dengan mencari link yang “rusak” atau tidak dapat ditemukan pada website tertentu dan mengajukan website Anda sebagai alternatif penggantinya.
  3. Mengidentifikasi artikel yang memiliki external backlink ke website lain, lalu menciptakan konten yang lebih baik dan relevan untuk dicantumkan menuju website Anda.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, adanya backlink menjadi elemen penting untuk meningkatkan performa SEO pada website Anda.  Tidak hanya layanan hosting yang berkualitas seperti DomaiNesia, backlink yang berkualitas pun akan membantu website Anda mendapatkan lebih banyak kunjungan. Maka dari itu, gunakan strategi SEO yang tepat untuk mendapatkan backlink berkualitas bagi website Anda.

Tinggalkan komentar