10 Rekomendasi Contoh Pembukaan Kultum yang Menarik

Contoh Pembukaan Kultum. kultum atau kuliah tujuh menit merupakan metode menyampaikan materi keagamaan secara singkat dan padat.

Penyampaian kultum yang baik dan diminati audience itu tergantung pada bagaimana da’i mengawali kultum dengan opening yang menarik.

Berikut ini adalah kumpulan contoh pembukaan terbaik menurut rekomendasi kami. Contoh pembukaan ini cocok dikombinasikan dengan teks khutbah jumat. Selain itu, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai acara formal maupun non formal.

Yuk simak referensi pembukaan kultum berikut ini.

Contoh Pembukaan Kultum

Mengawali kultum, hendaknya dengan lafal salam dan bismillah. Setelahnya, Anda dapat gunakan Contoh Pembukaan berikut ini.

Contoh Pembukaan Kultum 1 : 

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillahi washsholatu wassalaamu ‘alaa rasulillah wa’alaa aalihi wa sohbihi wa maw waalaah. Amma ba’du.

Segala puji hanya milik Allah semata. Shalawat dan salam tercurah untuk Rasulullah, para keluarganya, sahabatnya, dan orang-orang yang tunduk lagi taat kepada beliau. amma ba’du.

Contoh 2 :

إنَّ الْحَمْدَ ِلله نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِيْرُهُ وَنَعُوْذُ بِالله مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيٍّئاَتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِي اللهُ فَلَامُضِلَّ لَهْ، وَمَنْ يَضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهْ،

أَشْهَدُ اَنْ لَّا اِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهْ وَأَشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه لَانَبِيَّ بَعْدَهْ. أما بعد.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT atas nikmat iman dan Islam. Atas karunia-Nya juga, kita bisa berkumpul di tempat mulia ini.

Shalawat serta salam kita sanjungkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang dengan cahaya Islam.

Contoh 3 :

Kaum muslimin muslimat Rahimakumullah, marilah kita tidak henti-hentinya memanjatkat puji syukur kepada Allah. Karena dengan nikmat-Nya, Allah masih memberikan kita kesempatan untuk hadir dalam acara mulia ini.

Baca Juga :  Bagaimana Tulisan Arab Romadhon yang benar? Ini Jawabannya!

Semoga dalam acara mulia ini, kita semua mendapatkan rahmat dan ampunan Allah Swt. dikarenakan Nabi Muhammad telah bersabda, “Tidaklah suatu kaum yang duduk di rumah Allah mereka mempelajari Al-Qur’an, mereka mempelajarinya, kecuali malaikat mengepakkan sayapnya”.

Contoh 4 :

Segala puji kepada Allah SWT, hanya kepada-Nya kita bertobat atas dosa-dosa kita dan hanya kepada Allah kita meminta agar dijauhkan dari keburukan-keburukan yang menimpa kita.

Beribu-ribu syukur kepada Allah SWT karena rahmat-Nya niat-niat baik kita sekalian terlaksana. Berapa banyak keinginan baik kita yang tidak terlaksana. Berapa banyak impian yang kita ukir dalam benak kita tapi tidak bisa kita capai.

Maka kebaikan yang kita dapatkan saat ini murni karena Allah SWT.

Semoga hadirin yang datang kesini merupakan suatu petunjuk Allah SWT.

Contoh Pembukaan 5 :

Para hadirin yang dirahmati oleh Allah SWT, puji syukur kita panjatkan yang telah memberikan kesehatan dan kesempatan sehingga pada kali ini kita semua dapat berkumpul di tempat sederhana ini dalam keadaan yang sehat. Alhamdulillah.

Sholawat teriring salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, dengan bersama-sama kita lafalkan “Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad wa alaa alihi sayyidina Muhammad.”

Pembukaan 6 :

Marilah kita semua panjatkan rasa puji dan syukur ke hadirat Allah Swt., Tuhan semesta alam yang telah memelihara dan tidak pernah berhenti memberikan hidayat bagi umatnya. Atas nikmat dan berkah-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Allah Swt. adalah Maha Pemurah, sehingga Ia akan selalu menuntun hidup umat yang mengasihinya.

Pembukaan 7 :

Puji beserta syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan beribu-ribu nikmat.

Tidak lupa solawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, beserta sahabat. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya dan mendapat petunjuk hingga hari kiamat nanti.

Baca Juga :  Lirik Sholawat Robbi kholaq Thoha Min Nuuri Singkat dan Lengkap

Pembukaan 8 :

Kaum muslimin muslimat Rahimakumullah, marilah kita tidak henti-hentinya memanjatkan puji syukur kepada Allah.

Karena dengan nikmat-Nya, Allah masih memberikan kita kesempatan untuk hadir dalam acara mulia ini.

Semoga dalam acara mulia ini, kita semua mendapatkan rahmat dan ampunan Allah SWT.

Pembukaan 9 :

Puji syukur selalu kita ucapkan kepada Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal afiat. Kali ini, izinkanlah saya memberikan sepatah dua patah kata tentang sikap ikhlas. Rasulullah SAW dalam sebuah hadits berkata, ”Allah tidak menerima amal kecuali dilakukan dengan ikhlas untuk mencari ridha Allah semata.”

Pembukaan 10 :

Puji beserta syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan beribu-ribu nikmat.

Tidak lupa solawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, beserta sahabat.Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya, dan mendapat petunjuk hingga hari kiamat nanti.

Nah, demikianlah Contoh Pembukaan untuk Kultum ini kami sampaikan. Pastikan sebelum Anda menggunakannya agar mengeditnya terlebih dahulu ya.

Semoga bermanfaat, terimakasih.

#kultum #pembukaan #ceramah #pidato #tausiyah

Tinggalkan komentar