teks khutbah jumat

Teks Khutbah Jumat yang Membuat Jamaahnya Menangis

Teks Khutbah Jumat yang Membuat Jamaahnya Menangis, Bikin Merinding – Khutbah jum’at adalah syarat sah sholat jumat berjamaah yang dilakukan sebanyak dua kali. Antara khutbah pertama dan kedua, khatib duduk sebentar sambil berdoa. Saat khatib naik mimbar, seluruh jamaah diharuskan untuk menyimak naskah khutbah sampai selesai dan meninggalkan segala gangguan.

Menurut mazhab Syafi’i, rukun khutbah ju’mat ada lima; membaca hamdalah, membaca shalawat, membaca kutipan ayat takwa, menyampaikan wasiat takwa dan memohon ampunan kepada Allah Taala di khutbah kedua.

Khatib disarankan untuk memilih tema khutbah seputar cara meningkatkan keimanan dan ketakwaan para jamaahnya. Kemudian, membahasnya secara lengkap dan padat, menghasilkan teks khutbah jum’at lengkap dengan doanya.

Teks Khutbah Jumat Menyentuh Hati Lengkap dengan Doanya

Teks Bacaan Rukun Khutbah Jum’at Terbaru

Jika diperinci, berikut ini adalah teks bacaan dari setiap rukun khutbah jum’at.

  • Teks pujian kepada Allah SWT dan Syahadat

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْه ُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

Masih banyak lagi contoh teks doa dan pujian kepada Allah untuk khutbah jum’at. Kamu bisa lengkapi teks khutbah jumat singkat dengan doa yang cocok dengan tema khotbah.

Baca juga : kultum bersedekah

  • Teks shalawat kepada Nabi SAW

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اما بعـد

Barangkali penggunaan kata “Sayyidina” untuk Nabi pada teks khutbah jum’at, tidak perlu diperdebatkan disini. Cukup gunakan atau tinggalkan, sesuaikan dengan keyakinan masing-masing.

  • Teks wasiat taqwa

قال الله تعالى: اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ

Banyak sekali ayat-ayat tentang wasiat takwa untuk melengkapi teks khutbah jum at paling lengkap milikmu. Ayo, buka lagi alQurannya, dan temukan ayat tentang wasiat takwa lainnya untuk melengkapi teks kamu. Dengan bacaan wasiat taqwa, Insya Allah Khutbah menjadi sah.

  • Teks petikan Ayat Al-Qur’an

يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا

Petikan ayat ini bisa kamu sesuaikan dengan teks khutbah jumat singkat sedih yang akan disampaikan, seperti ayat tentang kematian dan lain sebagainya.

teks khutbah jumat singkat

  • Teks doa untuk orang mukmin di khutbah jum’at kedua

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَ الْمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْاَمْوَاتْ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ.

اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَ نَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

عِبَادَ اللهِ إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآئِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَادْعُوْهُ يَسْتَجِبْ لَكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.

* Teks Doa setelah khutbah jum’at pertama selesai.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي القُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Selanjutnya, kamu bisa gunakan doa ini untuk kegiatan khotbah jum’at, ya. Dan pada contoh teks khotbah di bawah ini, dikhususkan pada pembuka, isi dan penutup khutbah jum’at saja. semoga teks khutbah jumat lengkap dengan doanya ini bisa membantu kamu.

Teks Khutbah Jumat yang Menggetarkan Jiwa dan Mengharukan

Contoh teks khutbah jumat singkat di bawah ini, tidak menyertakan doa-doa, ya. Sebab, contoh bacaannya sudah ditampilkan pada paragraf sebelumnya, ya. 

Teks Khutbah Jumat Singkat tentang Kematian

  • Teks Khutbah Jumat Pertama

الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللَّهِ شَهِيدًا .

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه . اَللّٰهُمّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى مُحَمّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْن. اَمَّا بَعْد

فَيَا عِبَادَاللهُ اُوصِيْكُمْ وَنَفْسِى بِتَقْوَاالله . اِتَّقُواللهَ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْن . أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ . يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Segala puji hanya milik Allah Taala yang telah menciptakan kehidupan dan kematian untuk menguji manakah diantara hambaNya yang paling baik amalnya.

Shalawat serta salam selalu kita haturkan kepada Rasulullah Saw, dialah makhluk Allah yang paling baik takwanya, paling indah akhlaknya dan paling bagus perawakannya.

Mengawali kesempatan khutbah jum’at ini, khatib berwasiat kepada diri pribadi dan kepada seluruh jamaah sekalian. Marilah kita selalu menjaga keimanan dan ketakwaan, seraya meningkatkannya menjadi lebih tinggi lagi beberapa derajat. Meninggikannya dengan berupaya sebaik mungkin dalam melaksanakan perintah Allah dan menjauhi laranganNya.

Jamaah Shalat Jumat yang dirahmati oleh Allah,

Syukur alhamdulillah, di tengah pandemi covid 19 kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk berhadir di masjid mulia ini. Lihatlah saudara-saudara kita, hingga hari ini ia masih berjibaku untuk melawan penyakit corona yang mengancam kehidupannya.

Mereka iri terhadap kita karena bisa bebas beribadah. Mereka iri kepada kita sebab mereka tak bisa berbuat banyak. Namun kita, justru menyia-nyiakan kesempatan sehat ini dengan perbuatan yang bisa merusak badan.

Jamaah Shalat Jumat rahimakumullah, 

Hingga hari ini, banyak sekali orang meninggal dunia karena virus covid 19. Tidak sedikit di antara mereka adalah Family kita sendiri. 

Ketahuilah wahai saudaraku, kematian bisa datang kapan pun dan di mana pun. Tak peduli apakah saat ini engkau sedang sehat, jika memang ajal telah ditakdirkan bagimu, maka ia akan datang sesuai waktu yang telah ditentukan.

Allah Taala berfirman, 

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ ۖ  فَإِذَا جَآءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً ۖ  وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

“Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya.” (QS. Al-Araf [7] ayat 34)

Oleh karena kematian itu adalah sesuatu yang nyata pun pasti akan terjadi, alangkah baiknya kita mempersiapkannya. Langkah ini adalah wujud agar kita memperoleh husnul khatimah.

teks khutbah jumat singkat dan lengkap

Jamaah Shalat Jumat yang dirahmati Allah,

Untuk menyongsong kehidupan akhirat nang bahagia, setidaknya ada beberapa pergorbanan serta perjuangan nan mesti dilakukan. Perjuangan ini harus senantiasa dikerjakan hingga ruh terpisah dari badan.

teks khutbah jumat singkat yang membuat jamaahnya menangis

  • Pertama, hendaknya Beramal Sebaik dan Sebanyak Mungkin.

Perintah untuk beramal baik dengan sebaik-baiknya amal, termaktub di dalam Quran Surah al Mulk ayat 2 nan berbunyi : 

ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلْمَوْتَ وَٱلْحَيَوٰةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْغَفُورُ

Terjemah: Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun,

Melalui Surah al Mulk ayat 2 ini, ciri amal baik itu adalah amal nan disyariatkan oleh syariat serta dikerjakan secara ikhlas serta istiqomah.

Amalan ringan tapi senantiasa dilakukan dengan niat ikhlas karena Allah Taala itu lebih baik daripada amalan berat tapi hanya dikerjakan sekali. Contoh kebiasaan kecil nang perlu kita amalkan, diantaranya adalah sedekah setiap hari dengan zikir kepada Allah Taala dalam kondisi suci.

  • Kedua, hendaknya Mempersiapkan Amal Jariyah yang Pahalanya terus Mengalir.

Diantara amal jariyah nan perlu kita persiapkan adalah sedekah jariyah berupa wakaf tanah atau benda nan senantiasa dapat dirasakan manfaatnya dalam waktu panjang. Selain itu, kita perlu mengamalkan serta menyebarkan banyak ilmu yang bermanfaat ke khalayak umum, baik melalui lisan atau media sosial. Dan juga, mendidik anak sebagai anak sholeh, kelak merekalah mendoakan keselamatan bagi kita.

3 jenis amal jariyah ini mesti dikerjakan secara istiqomah. Mengapa demikian? sebab Rasulullah mengingatkan hal ini dalam sabdanya : 

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh”.

Ketiga amal jariyah ini adalah bekal untuk hidup kita ketika setelah wafat nanti. Maka, seyogyanya setiap muslim mempersiapkannya dengan sebaik-baiknya. 

Jika kita seorang kaya raya, maksimalkanlah harta bersama benda Anda di jalan Allah Taala. Namun, bila mana kita adalah seorang tak berpunya, maksimalkanlah segenap tenaga serta pikiran demi menegakkan kalimat Allah al Ulya. Semoga kita semua dilimpahkan rezeki beserta umur nang diberkahi oleh-Nya, aamiin.

  • Ketiga, hendaknya selalu Mengevaluasi Diri atas Segala Perbuatan.

muhasabah diri

Sebagai manusia biasa, kita terkadang suka khilaf dalam berkata maupun berbuat. Di sisi lain, kita terkadang juga malas-malasan untuk memperbanyak ibadah dan amal sholeh, padahal kita tahu manfaatnya.

Tiada lain nan perlu kita lakukan selain memperbanyak istigfar dan bertaubat kepada Allah Taala. Hendaknya kita selalu memposisikan diri sebagai manusia penuh dosa. Dengan itu kita akan rutin memohon ampunan dengan penuh semangat untuk menghapus dosa-dosa. 

Jangan pernah sekalipun kita merasa diri ini adalah paling suci, paling mulia serta paling baik dibanding orang lain. Sebab, Hanya Allah lah Zat paling mulia, tak ada seorang makhluk manapun bisa menggantikannya. Sang Rabb memperingatkan kita akan hal dalam firman-Nya : 

فَلَا تُزَكُّوا أَنْفُسَكُمْ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنِ اتَّقَى

Maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa” (QS. An Najm:32).

Sekalipun, jangan pernah menganggap diri kita bebas dari dosa. Sungguh, Allah mencintai seorang pendosa karena taubatnya, dibandingkan ahli ibadah nan tidak pernah merasa dirinya bersalah. (Silakan baca bacaan penutup khutbah pertama ini sebelum duduk istirahat).

بَارَكَ اللَّهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلأَيَاتِ وَذِكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتُهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَقُلْ رَّبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ

Teks Khutbah Jumat kedua,

الحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَ الْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنِ وَ لَا عُدْوَانَ إِلَّا عَلَى الظَّالِمِيْنَ, أَشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه.

فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ أُوْصِيْنِيْ وَ إِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ , وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَ أَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

khatib berkhutbah

Jamaah shalat jumat rahimakumullah.

Pada kesempatan teks khutbah pertama, khatib telah sampaikan 3 hal agar kehidupan akhirat kita selamat. 

  • Pertama, hendaknya Beramal Sebaik dan Sebanyak Mungkin.
  • Kedua, hendaknya Mempersiapkan Amal Jariyah karena Pahalanya terus Mengalir.
  • Ketiga, hendaknya selalu Mengevaluasi Diri atas Segala Perbuatan. 

Izinkan khatib menyampaikan wasiat terakhir pada teks ini. Keempat, hendaknya rutin berdoa agar diwafatkan husnul khatimah.

Memperbanyak amal ibadah nang dikerjakan secara terus menerus akan mempermudah meraih husnul khatimah. Sebab, nasib kematian seseorang itu tergantung dari apa nan ia kerjakan setiap waktunya.

Maka, istiqomah dalam menjalankan ketaatan adalah suatu keharusan bagi kita. Teruslah giat membaca teks keagamaan serta teks lainnya untuk menambah wawasan.

Rasulullah SAW bersabda: Apabila Allah menghendaki kebaikan kepada seseorang, maka Allah akan membuatnya beramal. Para sahabat bertanya; Bagaimana membuatnya beramal? beliau menjawab: Allah akan memberikan taufiq padanya untuk melaksanakan amal shalih sebelum dia meninggal. (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

teks khutbah jumat bikin merinding

Semoga kita semua yang hadir pada kesempatan khutbah jum’at singkat ini diberikan taufiq dan hidayah oleh Allah Taala, aamin ya Rabbal alamiin. Mari kita berdoa bersama, bermohon kepada-Nya agar terus diberikan hidayah dalam menjalani kehidupan.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَ الْأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَعْوَاتِ. اللّهُمَّ أَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوْبِهِمْ وَاجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِهِمْ الْإِيْمَانَ وَالحِكْمَةَ وَأَوْزِعْهُمْ أَنْ يَشْكُرُوْا نِعْمَتَكَ الَتِي أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ.

اللَّهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَ قُلُوْبِنَا ، وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا ، وَاهْدِنَا سُبُلَ السَّلَامِ ، وَنَجِّنَا مِنَ الظُلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ ، وَجَنِّبْنَا الفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ ، وَبَارِكْ لَنَا فيْ أَسْمَاعِنَا ، وَأَبْصَارِنَا، وَقُلُوْبِنَا ، وَأَزْوَاجِنَا ، وَذُرِّيَّاتِنَا ، وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ ، وَاجْعَلْنَا شَاكِرِيْنَ لِنِعْمَتِكَ ، مُثْنِيْنَ بِهَا ، قَابِلِيْهَا ، وَأَتَمَّهَا عَلَيْنَا

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ, َقِنَا عَذَابَ النَّارِ, وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. وَ صَلَّى اللهُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ, وَ الحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Semoga contoh teks khutbah jumat singkat yang membuat jamaahnya menangis ini bisa membantu kamu, ya. Kamu bisa kembangkan teks ini menjadi naskah khutbah jumat paling bagus, ya. Semoga contoh khutbah jumat singkat padat dan bermakna ini bermanfaat ya.

Temukan informasi penting lainnya, hanya di Media Informasi Terkini, Nexmedia.

Baca Juga :  Ceramah Singkat Tentang Ibu sebagai Kunci Sukses

Tinggalkan Balasan