berapa rakaat sholat subuh

Berapa Rakaat Sholat Subuh yang Sesuai Dalilnya?

Berapa Rakaat Sholat Subuh – Ini merupakan Pertanyaan tentang shalat yang sering ditanyakan. Shalat merupakan rukun Islam kedua setelah kalimat dua syahadat. Dalam Islam, solat punya kedudukan tinggi. Bahkan, ada hadist yang menyatakan bahwa meninggalkan sholat fardu secara sengaja adalah perbuatan dosa besar.

Bayangkan apa yang terjadi jika dosa besar tersebut tidak dihapuskan dari diri hingga pelaku wafat nanti. Bukankah ia kelak menemui berbagai siksaan di akhirat? Yuk segera ambil wudhu seraya hamparkan sajadah lalu solat taubat, mana tahu dulu kita pernah tinggalkan shalat.

Back to Topic, melalui artikel tanya jawab singkat ini, penulis ingin menyampaikan informasi ringkas seputar sholat subuh dan jumlah rakaatnya. Semoga kita semua dapat mengambil pelajaran penting disini.

Berapa Rakaat Sholat Subuh dan Mana Dalilnya?

Jumlah rakaat sholat subuh adalah sebanyak 2 rokaat. Waktu shalat shubuh ditandai dengan terbitnya fajar. Jam pelaksanaannya bisa dicek pada jadwal shalat yang telah ditetapkan Kemenag setempat.

Adapun dalil mengenai jumlah rakaat solat berasal dari hadist yang diriwayatkan oleh Qoys bin Amr, Rasulullah bersabda :

رَأَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلًا يُصَلِّي بَعْدَ صَلَاةِ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةُ الصُّبْحِ رَكْعَتَانِ فَقَالَ الرَّجُلُ إِنِّي لَمْ أَكُنْ صَلَّيْتُ الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا فَصَلَّيْتُهُمَا الْآنَ فَسَكَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

“Rasulullah SAW melihat seorang laki-laki solat dua rokaat setelah shalat Subuh. Maka Rasulullah SAW bersabda: Salat Subuhh itu dua rokaat. Maka orang itu mengatakan: Sesungguhnya aku belum solat dua rokaat sebelumnya (sebelum solat Subh) maka aku mengerjakannya sekarang. Maka Rasulullah SAW diam” (H.R Abu Dawud)

  • Dalil ini telah dishahihkan oleh Ibn Hibban dan al-Hakim, juga telah disepakati keshahihannya oleh adz-Dzahabiy dan al-Albaniy.
Baca Juga :  Berapa Rakaat Sholat Maghrib yang Sesuai dengan Sunnah ?

Mengapa kita perlu tahu Dalil Berapa Rakaat Sholat Subuh?

Dalil adalah acuan dalam berbuat suatu ibadah. Sebab, tanpa dalil apapun, kita tidak diperkenankan mengerjakan suatu ibadah. Pendapat ini selaras dengan kaidah ushul fiqih bahwa asal usul ibadah itu adalah haram, terkecuali ada dalil yang memerintahkannya.

  • Kesimpulan

Setelah mengetahui berapa rakaat sholat subuh, kita semua tidak perlu ragu lagi untuk mengerjakannya. Semoga setiap ibadah yang kita kerjakan, bernilai pahala pada sisi Allah Taala. Untuk menambah wawasan seputar shalat, kamu bisa baca ceramah singkat tentang sholat ya.

Semoga informasi singkat mengenai jumlah rakaat ini bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan