Berapa Rakaat Sholat Zuhur

Berapa Rakaat Sholat Dzuhur yang sesuai Ajaran Nabi?

Berapa Rakaat Sholat DzuhurPertanyaan tentang shalat ini cukup sering ditanyakan. Sholat merupakan pilar penting bagi seorang muslim ataupun muslimah. Bahkan disebutkan shalat itu bagaikan tiang agama. Jika seseorang telah menunaikan solat, maka ia telah mendirikan agama dalam dirinya, begitu pula sebaliknya.

Mengingat vitalnya kedudukan shalat wajib, kita tidak boleh melewatkannya sekalipun. Mengerjakan solat 5 waktu itu tidaklah berat, kecuali bagi orang-orang munafiq saja. Bayangkan betapa kasihannya nasib orang yang meninggalkan shalat kelak di akhirat. Semoga hidayah Allah selalu tertanam dalam hati kita, aamiin.

Melalui postingan tanya jawab ini, penulis ingin menyampaikan berita penting seputar berapa rakaat sholat zuhur sesuai sunnah Nabi. Semoga kita bisa memetik pelajaran berharga disini.

Berapa Rakaat Sholat Dzuhur?

Jumlah rakaat shalat Dzuhur adalah 4 rokaat. Waktu solat Zuhur ditandai oleh mulai tergelincirnya matahari dari tengah-tengah langit kearah barat.

Jika kita telusur dalam Hadist Nabi, maka ditemukan salah satu dalil yang membuktikan bahwa jumlah rokaat pada shalat zuhur itu sebanyak 4 rokaat.

  • Hadist pertama,

عَنْ أَنَسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى الظُّهْرَ بِالْمَدِينَةِ أَرْبَعًا وَصَلَّى الْعَصْرَ بِذِي الْحُلَيْفَةِ رَكْعَتَيْنِ

Dari Anas radhiyallahu bahwasanya Rasulullah shollallahu alaihi wasallam shalat Dzhuhur di Madinah 4 rokaat, dan shalat Ashar di Dzulhulaifah 2 rokaat (H.R Muslim)

  • Hadist kedua,

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى الظُّهْرَ خَمْسًا فَلَمَّا سَلَّمَ قِيلَ لَهُ أَزِيدَ فِي الصَّلَاةِ قَالَ وَمَا ذَاكَ قَالُوا صَلَّيْتَ خَمْسًا فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ

“Sesungguhnya Nabi shollallaahu ‘alaihi wasallam sholat dzhuhur 5 rokaat, ketika selesai salam ditanyakan kepada beliau: Apakah solat ditambah? Nabi menyatakan: Ada apa? Para Sahabat berkata: Anda telah solat 5 rokaat. Maka beliau sujud dua kali sujud (sujud sahwi)” (Muttafaqun Alaihi).

Baca Juga :  Ceramah Singkat Tentang Sabar

Baca juga : Berapa Rakaat Sholat Subuh ?

Mengapa kita perlu tahu Dalil Berapa Rakaat Sholat Dzuhur?

Ini bertujuan agar kita terhindar dari perdebatan yang tidak perlu. Setiap muslim harus mengimani perkataan Rasulullah yang isinya dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Ini karena hadist Nabi merupakan landasan hidup kedua setelah al Quran yang wajib diamalkan isinya.

  • Kesimpulan

Setelah memahami berapa rakaat sholat dzuhur lengkap dengan dalilnya, maka mari maksimalkan sisa umur untuk selalu menunaikan shalat zuhur berjamaah. Sungguh, keajaiban akan terjadi bagi mereka yang istiqomah melaksanakannya.

Untuk memperdalam pengetahuan tentang solat, kamu disarankan untuk baca ceramah singkat tentang sholat.

Semoga informasi singkat ini bermanfaat dan menjadi amal jariyah, aamiin.

Tinggalkan Balasan