Berapa Rakaat Sholat Ashar

Berapa Rakaat Sholat Ashar yang Diajarkan Rasulullah?

Berapa Rakaat Sholat AsharPertanyaan tentang shalat tentang jumlah rokaat cukup sering ditanyakan. Shalat Ashar merupakan salah satu solat fardhu (wajib) dikerjakan setiap harinya. Dalam ilmu Fiqih, amalan wajib itu jika dikerjakan akan bernilai pahala, dan berdosa jika ditinggalkan.

Saking pentingnya sholat fardu, Rasulullah bahkan mengancam orang yang enggan sholat berjamaah. Ini termaktub didalam hadist riwayat Bukhari no. 644 dan Muslim no. 651. Bayangkan, pada hadist tersebut Nabi mengancam akan membakar rumah orang yang tidak mau pergi ke masjid demi shalat berjamaah.

Melalui postingan tanya jawab singkat ini, penulis ingin berikan kabar seputar dalil jumlah rakaat shalat ashar. Semoga kita bisa memetik pelajaran dan mau mengamalkan hadist berikut ini.

Berapa Rakaat Sholat Ashar ?

Jumlah rakaat pada sholat ashar adalah 4 (empat) rokaat. Waktu pelaksanaan solat Ashr dimulai saat panjang bayangan dari sebuah benda sama panjangnya dengan ukuran benda tersebut.

Dalil berapa rakaat Ashar dibuktikan oleh hadist diriwayatkan oleh Muslim. Dari Imron bin Hushain, Rasulullah bersabda :

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى الْعَصْرَ فَسَلَّمَ فِي ثَلَاثِ رَكَعَاتٍ ثُمَّ دَخَلَ مَنْزِلَهُ فَقَامَ إِلَيْهِ رَجُلٌ يُقَالُ لَهُ الْخِرْبَاقُ وَكَانَ فِي يَدَيْهِ طُولٌ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَذَكَرَ لَهُ صَنِيعَهُ وَخَرَجَ غَضْبَانَ يَجُرُّ رِدَاءَهُ حَتَّى انْتَهَى إِلَى النَّاسِ فَقَالَ أَصَدَقَ هَذَا قَالُوا نَعَمْ فَصَلَّى رَكْعَةً ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ

“Sesungguhnya Rasulullah SAW sholat ashr, seraya beliau salam pada rokaat ke-3 lalu masuk rumahnya, maka bangkitlah seseorang yang disebut al-Khirbaaq (memiliki tangan panjang).

Maka ia berkata: Wahai Rasulullah… seraya disebutkan apa yang dilakukan Nabi. Maka beliau keluar (seperti terlihat marah) menarik selendangnya sampai (di hadapan) manusia.

Sontak beliau bertanya: ‘Apakah lelaki ini benar? ’Para Sahabat menjawab: ya. Maka Nabi sholat satu rokaat hingga salam, lalu sujud 2 kali sujud, kemudian salam” (HR Muslim)

Hadist Nabi ini mengajarkan kepada kita banyak hal. Pertama, rakaat sholat Ashar itu ada 4 (empat). Kedua, melakukan solat kembali sesuai jumlah rokaat yang lupa. Ketiga, perlu melakukan sujud sahwi kala lupa atau ragu terhadap jumlah rakaat shalat yang telah dikerjakan.

Baca Juga :  Berapa Rakaat Sholat Maghrib yang Sesuai dengan Sunnah ?

Baca juga : Berapa Rakaat Sholat Zuhur ?

Mengapa kita Perlu Tahu Dalil Berapa Rakaat Sholat Ashar ?

Ini bertujuan agar memantapkan hati kala ingin mendirikan shalat wajib. Bagi sebagian orang, ia hanya mau beramal atau melakukan ritual ibadah jika ia telah mempelajari dalil seputar ibadah tersebut. Semoga dengan adanya dalil, kita semakin termotivasi dalam mengerjakan shalat Ashar ya.

  • Kesimpulan

Setelah mengetahui berapa rakaat sholat ashar, kiranya tidak ada lagi alasan untuk bermalas-malasan mengerjakan shalat. Semoga kita semua diberikan hidayah dari Allah Taala, hingga kita merasa ringan hati untuk mengerjakan shalat, aamiin.

Jika kamu ingin pembahasan solat lebih mendalam, kamu disarankan untuk baca ceramah singkat tentang sholat ya.

Semoga jawaban atas pertanyaan tentang shalat ini dapat membantumu ya, terimakasih.

Tinggalkan Balasan