Berapa Rakaat Sholat Maghrib

Berapa Rakaat Sholat Maghrib yang Sesuai dengan Sunnah ?

Berapa Rakaat Sholat Maghrib – Ini adalah salah satu pertanyaan tentang shalat yang sering ditanyakan oleh masyarakat. Materi ini cocok untuk kita dakwahkan kepada orang awam terhadap ajaran agama Islam.

Jumlah rakaat pada sholat maghrib berbeda dengan shalat fardhu lainnya. Jumlahnya yang ganjil, terkadang membuat sebagian orang lupa atas rokaat yang telah ia kerjakan saat solat.Akibatnya, orang yang lupa tersebut harus melakukan sujud sahwi.

Melalui postingan tanya jawab singkat ini, penulis ingin menyampaikan berapa rokaat shalat maghrib lengkap dengan dalilnya. Semoga kita dapat memetik pelajaran berharga disini, serta berkeinginan melaksanakan shalat magrib secara berjamaah di masjid.

Berapa Rakaat Sholat Maghrib ?

Jumlah rakaat sholat maghrib adalah 3 (tiga) rakaat. Waktu pelaksanaannya dimulai kala terbenamnya matahari sampai hilang sinar merah.

Secara astronomis, awal waktu Maghrib datang saat posisi matahari -01 derajat dibawah ufuk bagian barat.

Menurut nash atau dalil, ada hadist yang menjelaskan tentang berapa rokaat shalat magrib, Rasulullah bersabda :

لاَ تُوْتِرُوا بِثَلَاثٍ وَلَا تَشَبَّهُوْا بِصَلاَةِ الْمَغْرِبِ أَوْتِرُوْا بِخَمْسٍ أَوْ بِسَبْعٍ

“Janganlah witir dengan 3 rokaat dan jangan menyerupai sholat maghrib. Berwitirlah dengan 5 atau 7 rokaat” (HR al-Hakim)

Dalil ini memberikan pelajaran penting bagi kita. Pertama, rokaat shalat magrib ada 3 (tiga). Kedua, solat witir punya jumlah rokaat yang sama dengan solat magrib. Ketiga, tata cara solat witir cukup 1 tasyahhud akhir di rokaat ketiga. Sedangkan shalat maghrib ada 2 tahiyyat awal pada rokaat kedua dan tasyahhud akhir saat rakaat ketiga.

Baca juga : Berapa Rakaat Sholat Ashar ?

Mengapa Kita Perlu Tahu Dalil Berapa Rakaat Shalat Maghrib ?

Ini bertujuan agar kita semakin yakin saat melaksanakan solat. Hal demikian juga selaras dengan fungsi utama dalil dalam agama Islam bahwa dalil dari al Quran dan Sunnah Maqbulah sebagai petunjuk dalam menjalankan syariat agama.

  • Kesimpulan

Alhamdulillah kita telah tahu berapa rakaat sholat maghrib yakni 3 rakaat. Mari kita ajak sanak saudara kita turut melaksanakan shalat secara rutin dan berjamaah.

Baca Juga :  Berapa Rakaat Sholat Isya yang Dicontohkan oleh Nabi ?

Kamu disarankan untuk baca ceramah singkat tentang sholat untuk memperdalam pengetahuan dan wawasanmu.

Semoga jawaban pertanyaan tentang sholat ini dapat memotivasi kita agar selalu rindu mendirikan shalat, terlebih secara berjamaah.

Tinggalkan Balasan