Ceramah Singkat Tentang Kiamat
Ceramah Singkat Tentang Kiamat

Ceramah Singkat Tentang Kiamat

Ceramah Singkat Tentang Kiamat – Sebagai muslim sejati, kita mesti mengimani setiap apa yang Allah perintahkan. Salah satunya adalah iman kepada hari kiamat.

Apa yang dimaksud dengan hari kiamat? Hari kiamat adalah hari dimana hancurnya seluruh alam termasuk dunia dan seisinya. Berdasarkan pengertian hari kiamat yang singkat ini, hendaknya kita menyadari bahwa kehidupan dunia akan berakhir.

Kapan kiamat datang? Perkara ghaib ini, hanya Allah swt sendirilah yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat, Kita hanya diberikan informasi tanda-tanda kiamat. Yuk ikuti ceramah singkat ini sampai dengan selesai.

Ceramah Singkat tentang Kiamat : Tanda-Tanda Kiamat

Tanda hari kiamat adalah ditiupkannya sangkakala. Malaikat yang meniup sangkakala tanda tibanya hari kiamat adalah malaikat Israfil. Gambaran kiamat sangatlah menakutkan. Lalu, bagaimana keadaan manusia pada hari kiamat?

Berdasarkan intisari hadits yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi No. 3582, keadaan manusa ada yang berjalan, berkendaraan dan diseret di atas wajahnya. Menurut Riwayat Muslim No. 5102, keadaan manusia ada yang tidak beralas kaki, telanjang dan belum dikhitan.

Gambaran kiamat yang berbeda-beda ini, dipengaruhi oleh kondisi kualitas keimanan manusia itu sendiri. Maka, yuk perbaiki keimanan dan ketakwaan kita sekarang!.

Hari kiamat disebut juga dengan Yaumul Ba’ats. Yaumul Ba’ats adalah peristiwa manusia dibangkitkan dan dihidupkan kembali oleh Allah Taala untuk dihisab perbuatannya.

Selain itu, nama lain hari kiamat adalah Yaumud Din. Yaumud Din adalah hari pembalasan atas apa yang telah manusia perbuat selama hidupnya. Jika lebih banyak amal kebajikannya, maka selamatlah ia. Namun, apabila timbangan amal keburukannya lebih berat, maka sengsaralah ia. Yuk perbanyak ibadah dan amal shalehnya sekarang!

ceramah singkat tentang kiamat
ceramah singkat tentang kiamat

Macam-macam Hari Kiamat

Kiamat terbagi atas dua macam; kiamat sugra (kecil) dan kiamat kubra (besar).

Kiamat sugra (kecil) adalah peristiwa kehancuran atau musibah yang dirasakan sebagian yang ada di bumi. Diantara tanda tanda kiamat sugra adalah banjir bandang, kebakaran hutan yang besar, gunu meletus, meninggalnya manusia dan lainnya.

Kiatam kubra (besar) adalah peristiwa hancurnya seluruh alam semesta dan seisinya. Adapun tanda tanda kiamat kubra sebagai berikut :

  • Kemurtadan merajalela (keluar dari agama Islam)
  • Munculnya kabut hitam tebal (Dukhan) di seluruh penjuru dunia
  • Bermunculan binatang besar
  • Matahari terbit dari arah barat
  • Nabi Isa turun ke dunia
  • Muncul pasukan Ya’juj dan Ma’juj
  • Di Yaman, muncul api yang luar biasa
  • Bumi tenggelam (hancur)
  • Munculnya Dajjal (penyebar fitnah).

Tahukah kamu, diantara tanda-tanda kiamat yang sudah muncul adalah Jazirah Arab telah menghijau (tumbuh subur pepohonan) dab banyak sungai. Rasulullah bersabda :

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَعُودَ أَرْضُ الْعَرَبِ مُرُوجًا وَأَنْهَارًا

“Tidak akan tiba hari Kiamat hingga tanah Arab kembali hijau penuh dengan tumbuhan dan sungai-sungai.” (HR. Ahmad, No. 7554).

ceramah singkat tentang kiamat
ceramah singkat tentang kiamat

Hadits tentang Hari Kiamat

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا فَإِذَا طَلَعَتْ فَرَآهَا النَّاسُ آمَنُوا أَجْمَعُونَ فَذَلِكَ حِينَ { لَا يَنْفَعُ نَفْسًا إِيمَانُهَا لَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِنْ قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِي إِيمَانِهَا خَيْرًا }

“tidaklah tiba hari kiamat sehingga matahari terbit dari arah terbenamnya, maka apabila tanda ini telah muncul, seluruh manusia menjadi beriman. Keimanan manusia saat itu tidak bermanfaat bagi dirinya, bagi yang mulanya tak pernah beriman, juga bagi yang semula belum pernah berbuat baik dalam keimanannya.” (HR. Bukhari).

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ

“Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah hari Jum’at. Di hari itu, Adam diciptakan; di hari itu, Adam meninggal; di hari itu, tiupan sangkakala pertama dilaksanakan; di hari itu pula, tiupan kedua dilakukan.” [HR. Abu Daud no. 1047]

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ، رَفَعَهُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ : مِنِ اقْتِرَابِ السَّاعَةِ أَنْ يُرَى الْهِلالُ قِبَلا ، فَيُقَالُ : لِلَيْلَتَيْنِ ، وَأَنْ تُتَّخَذَ الْمَسَاجِدَ طُرُقًا ، وَأَنْ يَظْهَرَ مَوْتُ الْفُجَاءَةِ

Dari Anas bin Mâlik, dia meriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW beliau SAW bersabda, “Di antara dekatnya hari kiamat, hilal akan terlihat nyata sehingga dikatakan ‘ini tanggal dua’, masjid-masjid akan dijadikan jalan-jalan, dan munculnya (banyaknya) kematian mendadak.” (HR Thabarani).

Ayat tentang Kiamat

وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ ءَاتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ ٱللَّهَ يَبْعَثُ مَن فِى ٱلْقُبُورِ

Artinya: “Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.” (QS. Al-Hajj: 7)

وَنُفِخَ فِى ٱلصُّورِ فَصَعِقَ مَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَن فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا مَن شَآءَ ٱللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنظُرُونَ

Artinya: “Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).” (QS. Az-Zumar: 68)

ٱسْتَجِيبُوا۟ لِرَبِّكُم مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِىَ يَوْمٌ لَّا مَرَدَّ لَهُۥ مِنَ ٱللَّهِ ۚ مَا لَكُم مِّن مَّلْجَإٍ يَوْمَئِذٍ وَمَا لَكُم مِّن نَّكِيرٍ

Artinya: “Patuhilah seruan Tuhanmu sebelum datang dari Allah suatu hari yang tidak dapat ditolak kedatangannya. Kamu tidak memperoleh tempat berlindung pada hari itu dan tidak (pula) dapat mengingkari (dosa-dosamu).” (QS. Asy-Syura: 47)

Ceramah Singkat tentang Kiamat : Kiamat Sugra dan Contoh Peristiwanya

Sugra dalam bahasa Arab diartikan sebagai kecil. Dengan begitu, kiamat sugra memiliki arti yakni kehancuran kecil pada alam semesta. Sederhana, bisa dikatakan menjadi hari berakhirnya kehidupan seseorang atau hanya sebagian makhluk hidup di bumi ini sehingga saling mempengaruhi.

Contoh peristiwa kiamat Sugra yang paling banyak terjadi adalah kematian seseorang. Pasalnya ketika salah satu umat manusia meninggal maka menunjukkan bahwa kehidupan mereka telah berakhir. Dengan begitu, dirinya sudah tak bisa lanjut untuk hidup kembali.

Beberapa contoh lainnya yakni bencana alam yang sudah sering menimpa bumi ini. Diantaranya seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir, angin topan, tsunami dan masih banyak lagi. Datangnya musibah ini tentu memakan korban jiwa sehingga dikatakan sebagai contoh kiamat sugra.

Kiamat Kubra dan Contoh Peristiwanya

Sementara dalam bahasa Arab, Kubra diartikan sebagai besar. Hal ini menunjukkan bahwa kiamat Kubra benar-benar kiamat yang sesungguhnya. Dengan dimulainya tiupan sangkakala dari malaikat Israfil, untuk selanjutnya berlanjut kehancuran seluruh alam semesta beserta juga seluruh isinya.

Tidak ada yang tahu kapan kiamat Kubra ini terjadi kecuali hanya Allah swt. Terdapat beberapa tanda-tanda dari kiamat besar dimana telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an seperti matahari terbit dari arah barat, munculnya Dajjal, Nabi Isa AS turun dari negeri Syam guna membunuh Dajjal.

Ada juga tanda-tanda lainnya seperti keluarnya Yakjuj dan Makjuj, turunnya Imam Mahdi, munculnya asap di timur dan barat hingga binatang melata dari dalam bumi. Selanjutnya  juga terjadi gerhana di sebelah timur, barat dan juga Jazirah Arab tanpa bisa dihindari lagi oleh seluruh umat manusia.

Hikmah Iman kepada Hari Kiamat

Setelah mengetahui apa saja tanda-tanda kiamat kubra yang akan terjadi nantinya, penting bagi Anda untuk selalu percaya kepada terjadinya hari akhir. Dengan keimanan ini nyatanya memberikan banyak hikmah kepada siapa saja termasuk seluruh umat Islam jika mempercayainya.

ceramah singkat tentang kiamat
ceramah singkat tentang kiamat
  • Segala Kebaikan dan Keburukan akan Mendapat Balasan

Bagi orang yang beriman terhadap hari kiamat, hal ini dijadikan sebagai cara untuk mengingatkan kepada manusia bahwa segala perbuatan akan mendapat balasannya. Tanpa mengenal baik atau buruk maka Allah selalu memberikan ganjaranNya sebagai bekal di kehidupan akhirat nantinya.

Perbuatan baik di dunia akan membawa pada kemudahan pada saat nanti amalnya dihitung di akhirat. Sementara umat yang lebih banyak berbuat keburukan akan mendapatkan balasan menyakitkan sebagai konsekuensinya atas semua perbuatan di dunia ini sehingga harus dipertanggungjawabkan.

  • Meningkatkan Keimanan kepada Allah

Apa saja tanda kiamat seolah menjadi pengingat bagi umat manusia bahwa hidup di dunia ini tidak akan lama. Semua kebaikan yang dilakukan bisa jadi jarang terjadi saat ini. Sebagai makhluk paling sempurna dari ciptaanNya, munculnya hal ini seharusnya menjadi cara meningkatkan iman kepada Allah.

Ketika hari kiamat datang, pintu pengampunan akan ditutup dan tindakan kebaikan tidak lagi dicatat sebagai pahalanya. Sudah tak ada gunanya melakukan perbuatan baik l ketika semua ini dilakukan hanya pada saat kiamat tiba. Lakukanlah semua perintahNya dengan ikhlas dan khusyu’.

  • Mengutamakan Kepentingan Akhirat daripada Kepentingan Duniawi

Bagi seorang mukmin, tanda kiamat menjadi pertanda bahwa segala sesuatu  di dunia akan kembali ke asalnya yakni Tuhan. Oleh karena itu umat Muslim wajib hukumnya untuk menyiapkan banyak  bekal amal shaleh selama di dunia ini. Jangan pernah menuruti urusan duniawi hanya karena hawa nafsu semata.

Pastikan semua perbuatan yang dilakukan di dunia ini juga memiliki ganjaran zendiri baik di dunia maupun akhirat. Lasalnya semua tindakan akan dimintai tanggung jawabnya di depan Allah SWT. Jadi kehidupan didunia ini harus seimbang dan selaras sehingga tidak melupakan salah satu diantaranya.

  • Meyakini Bahwa Tidak Ada yang Kekal di Kehidupan Ini

Seluruh makhluk di dunia ini merupakan hasil ciptaan Allah SWT. Pada akhirnya, semuanya akan kembali pada Allah SWT. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada yang akan hidup kekal selamanya di dunia. Kekayaan, Kecantikan, ketampanan dan semua harta benda  di dunia bukanlah tidak akan ada selamanya.

Penting bagi yang masih hidup di dunia, meningkatkan kebajikan dan perbuatan mulia menjadi suatu keharusan. Tanda-tanda kiamat menyadarkan semua manusia bahwa semua gal di dunia ini akan musnah tanpa sisa atas kehendak Allah. Hanya amal kebaikan yang dapat dijadikan bekal untuk menuju akhirat.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai ceramah singkat tentang kiamat, yang bisa kita pahami guna meningkatkan keimanan. Jangan lupa untuk selalu berbuat kebaikan dan menjauhi laranganNya. Mengingat bahwa hanya perbuatan seperti ini dapat dijadikan sebagai bekal menuju kehidupan akhirat. Semoga contoh teks ceramah ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Baca Juga :  Ceramah Singkat tentang Kematian : Fakta dan Tandanya

Tinggalkan Balasan