sedekah subuh adalah

Sedekah Subuh adalah Momentum Terbaik

Sedekah subuh adalah – Tahukah kamu jika berinfak dan bersedekah adalah sebagai bukti rasa syukur kita kepada Allah Taala. Amal shaleh ini dapat dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun, bebas bosque. Hendaknya kita bersedekah sesuai dengan kemampuan kita kepada orangtua, saudara, anak yatim, fakir miskin dan ibnu sabil.

Sedekah kapanpun bisa dilakukan, namun sangat dianjurkan di waktu subuh.

Sedekah subuh adalah suatu pemberian yang ditunaikan pada waktu pagi hari. Batas waktunya setelah sholat subuh berjamaah hingga sebelum terbit matahari. Beredekah di waktu subuh itu sangat mulia. Bahkan ditemukan hadist ada malaikat yang diamanahkan untuk turun ke bumi menyaksikan siapa saja makhluk Allah Taala yang bersedekah.

Sedekah Subuh adalah Waktu Terbaik untuk Bersedekah

Pada dasarnya kamu bebas bersedekah pada waktu siang dan malam. Namun sedekah subuh sangat diutamakan, selain kamu mendapat balasan pahala sedekah, kamu juga memperoleh pahala sholat subuh berjamaah. Keistimewaannya ini tidak akan ditemui pada waktu-waktu lain. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah. Rasulullah saw bersabda :

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata: ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah.’ Malaikat yang satu berkata: ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.”

Baca juga : ceramah singkat sedekah

Setiap pagi kita dipantau oleh Malaikat. Ia meminta agar Allah mengangkat derajat manusia yang mau bersedekah dan menghinakan mereka yang enggan bersedekah. Semoga kita tidak tergolong orang yang kikir dan bakhil terhadap harta. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang yang gemar bersedekah, aamiin.

Baca Juga :  Berapa Rakaat Sholat Ashar yang Diajarkan Rasulullah?

Karunia Allah Taala terhadap orang bersedekah sangatlah luas, Allah Taala berfirman :

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِئَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Surah Al Baqarah: 261).

Masya Allah!

Bagaimana mungkin 1 kali bersedekah itu bisa dibalas ganjaran hingga 700 kali lipat balasan? Bukankah ini sebuah keberkahan yang nyata? Jika kita ingin menggapainya, maka tidak ada alasan melainkan kita harus perbanyak bersedekah. Sedekah subuh adalah penyelamat ibadah wajib kita.

Inilah Islam dengan segala keindahannya yang tidak dimiliki oleh agama lain.

Baca juga : Ayat tentang Sedekah dapat Mendatangkan Rezeki Melimpah

Cara Sedekah Subuh Zaman Now

Bersedekah di era zaman now sangat fleksibel. Kamu bisa melakukannya secara langsung datang ke lokasi dimana kamu ingin bersedekah setelah shalat subuh berjamaah.

  • Mengisi kotak infaq di setelah solat subuh
  • Berbagi makanan kepada tetangga
  • Membelikan pakaian baru untuk anak yatim piatu
  • Memberikan santunan kepada panti jompo
  • Membagikan alquran dan kitab ke pondok pesantren
  • Bagi-bagi makanan di jalan, kepada yang membutuhkan

Adapun jika kamu tidak sempat melakukannya secara langsung, cukup melakukannya di rumah. Cara sedekah subuh di rumah sendiri bisa dengan unduh aplikasi sedekah online, menstranfer senilai dana ke lembaga yang layak menerimanya dan bagi-bagi sarapan pagi.

Baca juga : pidato tentang hari kiamat

Baca Juga :  Cara Taubat Nasuha yang Diterima, Lengkap dengan Ayatnya

Manfaat Sedekah Subuh yang Istimewa

Salah satu manfaat sedekah adalah membantu suatu lembaga atau perorangan dalam melanjutkan program atau kehidupannya. Pemberian tersebut jika dimanfaatkan di jalan Allah akan bernilai jihad fii sabilillah, sedekah jariyah dan mengandung pahala berlimpah.

Pada saat kita bersedekah hakikatnya waktu itu kita sedang membantu mengatasi permasalahan lembaga atau perorangan. Allah menjanjian sesuatu yang indah jika kita mau meringankan kesulitan orang lain. Rasulullah saw bersabda :

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ : « مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ

Dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat, dan barangsiapa yang meringankan (beban) seorang muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat.” [HR Muslim (no. 2699)]

Jika harimu saat ini sedang susah, hidup terasa sempit, rezeki seret, barangkali sedekahmu kurang boss. Kamu bisa menyerahkannya kepada orang yang tak punya apa-apa untuk melanjutkan hidupnya, Rasulullah bersabda : 

قِيلَ يَا رَسُولَ اَللَّهِ: أَيُّ اَلصَّدَقَةِ أَفْضَلُ? قَالَ: “جُهْدُ اَلْمُقِلِّ، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُولُ 

“Wahai Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam, sedekah apakah yang paling mulia? Beliau menjawab: “sedekah orang yang tak punya, dan mulailah (memberi sedekah) atas orang yang banyak tanggungannya.” [Hadis No. 654]

Rahasia Selamat Dunia Akhirat

Memaksimalkan sedekah berpotensi menggiring pelakunya selamat dunia akhirat, karena bersedekah itu banyak sekali keutamaannya.

  • Dapat mendatangkan keberkahan pada harta benda

    مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلَّا عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلَّا رَفَعَهُ اللَّه

    “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.” (HR. Muslim)

  • Menjaga kita dari api neraka

    اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

    “Jagalah diri kalian dari neraka sekalipun hanya dengan sebiji kurma, kalaulah tidak bisa, lakukanlah dengan ucapan yang baik.” (HR. Bukhari)

  • Mendapatkan naungan Allah di hari kiamat

    ظِلُّ الْمُؤْمِنِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ صَدَقَتُهُ

    “Naungan orang beriman di hari Kiamat adalah sedekahnya.” (HR Ahmad)

Sedekah subuh adalah penyelamat kita, karena kita tak tahu manakah ibadah-ibadah yang diterima. Teruslah tambah cabang amal shaleh kamu semampumu. Bersedekah dengan niat ikhlas untuk Allah Taala, niscaya keberkahan dalam hidup akan datang, bahagia di dunia dan selamat di akhirat.

Sedekah Subuh adalah Momen Penuh Keberkahan

Temukan informasi penting lainnya, hanya di Media Informasi Terkini, Nexmedia.

Baca Juga :  Dalil tentang Sedekah yang Paling Utama