dalil tentang sedekah

Dalil tentang Sedekah dan Keutamaan Tahun Baru Hijriyah

Dalil tentang sedekah – Kamu tentu mengetahui jika pengertian sedekah adalah suatu pemberian yang diharapkan didalamnya pahala dari Allah Taala. Bersedekah harus dilakukan dengan niat yang ikhlas. Sehingga, sedekah sangat dianjurkan karena dapat mensucikan pelakunya. Sudahkah kamu bersedekah hari ini?

Kita sebentar lagi akan bertemu dengan Tahun Baru Hijriyah. Momen ini menceritakan tentang hijrahnya Rasulullah beserta pengikutnya ke kota Madinah, karena saat itu kondisi Mekkah tidak kondusif untuk berdakwah.

Tahukah kamu jika keutamaan bulan Muharram (bulan pertama dari tahun hijriyah) sangat besar. Ada dalil sedekah yang menunjukkannya. Jika kita manfaatkan bulan haram ini dengan sedekah, ada kemungkinan ganjaran pahala besar menanti.

Baca juga : teks ceramah tentang sedekah

Dalil tentang Sedekah di Bulan Muharram dan Keutamaannya

Tahun baru Hijriyah yang diawali oleh bulan Muharram memiliki daya tarik tersendiri bagi kaum muslimin. Ini dikarenakan bulan Muharram termasuk dari 4 bulan yang diharamkan didalamnya peperangan dan perpecahan.

Empat bulan haram tersebut adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Allah Ta’ala berfirman:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.” [QS. at Taubah ayat 36]

Baca Juga :  Iman kepada Qadha dan Qadar

Baca juga : pidato tentang hari kiamat

Tahukah kamu, ternyata aturan tidak boleh perang dan pertikaian pada bulan tersebut sudah dimulai sejak zaman Jahiliyah. Saat Islam datang, kebiasaan ini tetap diteruskan sedangkan kebiasaan jahiliyah ditinggalkan.

Momentum tahun baru hijriyah ini juga mengingatkan kepada kita tentang peristiwa Nabi Musa.

Kamu sudah pasti sering mendengar cerita tentang Nabi Musa dapat membelah lautan untuk menghindari kejaran kaum Fir’aun bukan? Peristiwa ini terjadi di bulan Muharram.

Bulan Muharram memiliki banyak keutamaan yang sangat jika kita abaikan. Mumpung baru memasuki tahun baru hijriyah, hendaknya momen ini dijadikan sebagai pijakan awal dalam mengevaluasi keislaman, keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Taala.

baca juga : Kultum Singkat tentang Sedekah di Bulan Ramadhan

Tentu dalam kurum satu tahun hijriyah sebelumnya banyak melakukan kekhilafan dan dosa. Akankah dosa-dosa tersebut terulang kembali pada tahun baru hijriyah kali ini?

Rasulullah bersabda,

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « لاَ يُلْدَغُ الْمُؤْمِنُ مِنْ جُحْرٍ وَاحِدٍ مَرَّتَيْنِ ». رواه البخاري

Dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi saw. beliau bersabda: “Seorang mukmin itu tidak akan terperosok ke dalam lubang yang sama dua kali.” [HR. Bukhari]

Segala kesalahan dan dosa yang telah lalu mari kita tutup dengan perbanyak taubat dan istigfar. Hari ini, di momen indah ini, di kesempatan tahun baru hijriyah ini, mari kita berbenah diri menjadi lebih dekat dengan Sang Ilahi.

Sedekah adalah salah satu langkah mudah untuk mendekat diri kepada Allah.

Sedekah tidak sebatas pemberian uang saja, sehingga siapapapun bisa bersedekah sesuai kadarnya masing-masing.

Bulan Muharram adalah momentum tepat untuk memperbanyak sedekah. Allah Taala menjanjikan ganjaran pahala berlipat ganda kepada mereka yang setia. Sebaliknya, Allah Taala akan mengalikan setiap dosa yang kita lakukan.

Baca Juga :  Niat Puasa Ramadhan yang Benar : Kiat agar Shaum jadi Lebih Afdol

Bukankah bersedekah di tahun baru hijriyah tepatnya bulan Muharram ini adalah investasi yang menarik untuk hari akhirat kita? Yuk perbanyak sedekah.

Momen utama di Bulan Muharram ada di 10 Muharram atau asyura. Ada terjemahan hadist yang menarik untuk kita amalkan, Rasulullah bersabda : “Barangsiapa berpuasa di hari Asyura, maka seakan-akan berpuasa selama setahun, dan barangsiapa bershadaqah di hari ini, maka seakan-akan bershadaqah selama satu tahun.

Dalil tentang Sedekah dan Keutamaannya

Semoga kultum singkat ini bermanfaat. Temukan juga informasi penting lainnya, hanya di Media Informasi Terkini, Nexmedia.