hukum sedekah adalah

Hukum Sedekah adalah Sunnah, Tapi Bisa Berubah

Hukum sedekah adalah – Tahukah kamu kalau hukum sedekah menurut ijma ulama (fuqaha) adalah sunnah. Artinya, jika kamu memberikan sedekah niscaya kamu akan mendapat pahala. Jika tidak bersedekah, kamu tak berdosa tapi rugi banget karena tidak menuai pahala.

Ternyata, hukum sodaqoh itu bisa berubah loh. Sebab apakah hukum sedekah itu dapat menjadi wajib, makruh dan haram? Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi hal tersebut.

Perubahan hukum sedekah itu dipengaruhi oleh kondisi orang yang memberi sedekah dan orang yang menerimanya. Disebabkan oleh maksud dan tujuan tertentu oleh orang yang memberi sodaqoh atau penerimanya yang tidak memanfaatkan sedekah untuk mendekatkan diri kepada Allah Taala.

Hukum Sedekah adalah Sunnah

Sebelum kita mempelajari penyebab berubahnya hukum sodaqoh dan contohnya, ada baiknya kita memahami perintah dan hukum sedekah dalam al Quran. Allah Taala berfirman pada Quran Surah al Baqarah ayat 267 :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَنْفِقُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّآ اَخْرَجْنَا لَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ ۗ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيْثَ مِنْهُ تُنْفِقُوْنَ وَلَسْتُمْ بِاٰخِذِيْهِ اِلَّآ اَنْ تُغْمِضُوْا فِيْهِ ۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ

“Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu keluarkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Mahakaya, Maha Terpuji.”

Berdasar ayat ini hukum sedekah adalah sunnah karena kalimatnya bersifat anjuran. Meski demikian, tidak semua infaq dan sodaqoh itu akan diterima Allah Taala. Sebab menurut mufassir, Allah hanya menerima sodaqoh dari harta yang cara mendapatkan dan memanfaatkannya dengan baik saja.

Disebabkan kondisi dan tingkah laku pemberi sodaqoh atau penerima sedekah, hukum sodaqoh berubah menjadi wajib, makruh dan haram.

  • Hukum Sedekah Wajib 

Di antara hikmah infaq dan sedekah adalah menjauhkan diri dari dosa. Ada beberapa kondisi seseorang harus mengeluarkan infak. Ini karena ada ayat atau hadist yang mewajibannya. Apabila sodaqoh ditunaikan, maka ia akan mendapat pahala.

Contoh Kegiatan Mewajibkan Sedekah :

  1. Hukum sedekah adalah wajib jika terjadi pernikahan. Mempelai laki-laki harus menyerahkan mahar pernikahan untuk mempelai wanita.
    Allah Taala berfiman dalam Quran Surah an Nisa ayat 4 :

    وَاٰتُوا النِّسَاۤءَ صَدُقٰتِهِنَّ نِحْلَةً ۗ فَاِنْ طِبْنَ لَكُمْ عَنْ شَيْءٍ مِّنْهُ نَفْسًا فَكُلُوْهُ هَنِيْۤـًٔا مَّرِيْۤـًٔا

    Dan berikanlah maskawin (mahar) kepada perempuan (yang kamu nikahi) sebagai pemberian yang penuh kerelaan. Kemudian, jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari (maskawin) itu dengan senang hati, maka terimalah dan nikmatilah pemberian itu dengan senang hati.

    Mahar merupakan hak istri dan kewajiban suami terhadapnya. Oleh karena mahar adalah pemberian dengan penuh kerelaan, maka nominal mahar tidak dapat disamakan tergantung pada kesepakatan masing-masing keluarga. Pelajari keajaiban sedekah tiap hari disini.

  2. Hukum sodaqoh wajib apabila ingin membayar kifarat. 
    Kifarat adalah suatu tebusan atau denda yang wajib dibayar karena seseorang telah melakukan perbuatan dilarang oleh Allah Taala. Ada beberapa perbuatan dosa yang mewajibkan kifarat, caranya pun bisa berbeda-beda. Contoh kifarat yang wajib mengeluarkan sodaqoh adalah melanggar sumpah kepada Allah Taala.

    Allah Taala berfirman dalam Quran Surah al Maidah ayat 89 : 

    لَا يُؤَاخِذُكُمُ اللَّهُ بِاللَّغْوِ فِي أَيْمَانِكُمْ وَلَٰكِنْ يُؤَاخِذُكُمْ بِمَا عَقَّدْتُمُ الْأَيْمَانَ ۖ فَكَفَّارَتُهُ إِطْعَامُ عَشَرَةِ مَسَاكِينَ مِنْ أَوْسَطِ مَا تُطْعِمُونَ أَهْلِيكُمْ أَوْ كِسْوَتُهُمْ أَوْ تَحْرِيرُ رَقَبَةٍ

    Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja, maka kaffarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak.

  3. Hukum sodaqoh wajib bagi ayah untuk menafkahi isteri dan anaknya.
    Ayah sebagai kepala keluarga diwajibkan untuk mencari pekerjaan agar bisa memenuhi kebutuhan diri dan keluarganya. Menelantarkan mereka dalam kondisi lapar adalah berdosa. Allah Taala berfirman dalam Quran Surah al Baqarah ayat 233 :

    وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ ۚ لَا تُكَلَّفُ نَفْسٌ إِلَّا وُسْعَهَا

    Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf (patut)”.

  • Hukum Sedekah adalah Sunah

Sedekah yang paling utama diberikan kepada orang terdekat. Ini bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah serta membantu meringankan beban hidup yang dialami oleh sanak saudara kita. Hukum sedekah kepada orang tua adalah sunnah yang sangat dianjurkan.

Allah Taala berfirman dalam Quran Surah al Baqarah ayat 215 :

يَسْـَٔلُوْنَكَ مَاذَا يُنْفِقُوْنَ ۗ قُلْ مَآ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ وَالْاَقْرَبِيْنَ وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَابْنِ السَّبِيْلِ ۗ وَمَا تَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ فَاِنَّ اللّٰهَ بِهٖ عَلِيْمٌ

“Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang apa yang harus mereka infakkan. Katakanlah, “Harta apa saja yang kamu infakkan, hendaknya diperuntukkan bagi kedua orang tua, kerabat, anak yatim, orang miskin dan orang yang dalam perjalanan.” Dan kebaikan apa saja yang kamu kerjakan, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui.

Kita bisa menyedekahkan apapun yang kita miliki. Pastikan sesuatu yang diberikan adalah hal yang indah, halal cara mendapatkan dan menggunakannya. Kamu bisa pelajari dampak dan manfaat sedekah pada postingan lainnya di web ini.

Keinginan untuk sodaqoh kepada anak yatim di tempat saat pandemi kini, agak susah. Gerak kita dibatasi oleh program PPKM. Maka, solusinya adalah sedekah online via aplikasi atau transfer. Hukum sedekah online lewat transfer boleh-boleh saja, selama halal sumber dananya. Kamu bisa temukan caranya secara lengkap pada postingan lainnya ya.

  • Hukum Sedekah adalah Makruh

Hukum sedekah menjadi makruh jika benda yang disedekahkan itu tidak tepat dan tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal. Saat ingin sodaqoh, pastikan dahulu tujuan dan kebutuhan orang / lembaga yang kita tuju. Sehingga tepat sasaran dan sodaqoh mampu membawa berkah bagi kita.

Contoh sodaqoh yang tidak tepat sasaran :

  1. Sedekah sayur mentang kepada orang sakit
  2. Menasehati orang gila
  3. Membelikan koran untuk masjid

Cara Sedekah Tepat Sasaran 

Demi menghindari hukum sodaqoh menjadi makruh, berikut ini beberapa tips agar sodaqoh menjadi manfaat dan berkah,

  1. Niat ikhlas untuk mengharap ridho Allah Taala
  2. Menghindari sifat riya dan sum’ah saat sodaqoh
  3. Berinisiatif untuk membantu meringankan orang lain
  4. Menganalisa kondisi orang-orang terdekat atau yang berada di lingkungan kita, lalu mencari tahu keperluan hariannya
  5. Memberikan bantuan yang dapat meningkatkan produktivitas orang lain
  6. Sedekah dilakukan secara rutin. Bisa harian, mingguan dan bulanan, tinggal besarannya saja yang disesuaikan
  7. Memahami betul-betul kebutuhan hidup orang yang ingin dibantu
  • Hukum Sedekah adalah Haram

Ini adalah jenis sodaqoh perlu dihindari. Penyebab haramnya sodaqoh dikarenakan dua hal ; niat sedekah tidak ikhlas dan digunakan untuk bermaksiat kepada Allah.

Allah memperingatkan kita agar tidak sama seperti orang kafir saat donasi sesuatu, Allah Taala berfirman dalam Quran Surah al Anfal ayat 36 :

اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ لِيَصُدُّوْا عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗفَسَيُنْفِقُوْنَهَا ثُمَّ تَكُوْنُ عَلَيْهِمْ حَسْرَةً ثُمَّ يُغْلَبُوْنَ ەۗ وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِلٰى جَهَنَّمَ يُحْشَرُوْنَۙ

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir itu, menginfakkan harta mereka untuk menghalang-halangi (orang) dari jalan Allah. Mereka akan (terus) menginfakkan harta itu, kemudian mereka akan menyesal sendiri, dan akhirnya mereka akan dikalahkan. Ke dalam neraka Jahanamlah orang-orang kafir itu akan dikumpulkan.”

Hindari sodaqoh untuk kepentingan tertentu seperti mengharap pujian dan mendapat simpati orang lain. Jauhkan diri daripada donasi dan sumbangan yang membantu orang kafir memerangi kaum muslimin. Semoga kita istiqomah dalam bersedekah, semata-mata ikhlas hanya untuk Allah Taala.

Hukum sedekah adalah fleksibel, semoga kita bisa menyesuaikannya agar selalu mendapat pahala, kelak menyelamatkan kehidupan dunia akhirat kita, aaamiin.

Temukan informasi penting lainnya, hanya di Media Informasi Terkini, Nexmedia.

Baca Juga :  Hikmah Sedekah Ini Tidak Boleh Diabaikan

Tinggalkan Balasan