kultum singkat tentang sedekah

Kultum Singkat tentang Sedekah yang Menarik

Kultum singkat tentang sedekah – Kamu tentunya sudah sering mendengarkan materi kultum (kuliah tujuh menit) di berbagai tempat, bukan? Kamu pun pasti mengetahui jika kultum adalah salah satu cara dakwah yang efektif, karena materi kultum itu ringkas dan to the point. Tidakkah kamu ingin menyusunnya hari ini?

“Ah, saya malu kalau disuruh kultum, minder boss!” Memangnya ustadz dan guru kita seperti ustadz Adi Hidayat, saat pertama kali beliau berdakwah itu tidak gugup? Enjoy aja bro, banyak pahalanya ini mah!

Materi kultum yang baik dapat memaksimalkan syiar agama Islam. Sehingga kamu perlu menyusun materi kultum yang menarik dan dibuat secara sistematis agar dapat diterima dan disenangi masyarakat. Yuk kita simak contoh materi kultum singkat di bawah ini.

Kultum Singkat tentang Sedekah dan Keajaibannya

Mukadimah kultum tidaklah baku seperti khutbah jumat, lebih fleksibel. Hal utama dalam materi kultum singkat ialah kalimat hamdalah, dua syahadat, sholawat dan wasiat takwa. Mari kita mulai materi kultum ini.

Assalamu’alaikum wa Rahmatullah wa Barkatuh

ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪَ ﻟِﻠﻪِ ﻧَﺤْﻤَﺪُﻩُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻌِﻴْﻨُﻪُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻐْﻔِﺮُﻩْ ﻭَﻧَﻌُﻮﺫُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻣِﻦْ ﺷُﺮُﻭْﺭِ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻨَﺎ ﻭَﻣِﻦْ ﺳَﻴِّﺌَﺎﺕِ ﺃَﻋْﻤَﺎﻟِﻨَﺎ، ﻣَﻦْ ﻳَﻬْﺪِﻩِ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓَﻼَ ﻣُﻀِﻞَّ ﻟَﻪُ ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﻀْﻠِﻞْ ﻓَﻼَ ﻫَﺎﺩِﻱَ ﻟَﻪُ

.ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪ ﻭَﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﻋَﺒْﺪُﻩُ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟُﻪُ

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Segala puji dan syukur atas segalah nikmat hingga kita bisa bertemu di kesempatan berbahagia ini.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada nabi besar, Nabi Muhammad Saw.

Pada kesempatan ini, kami mengajak hadirin sekalian untuk bershalawat kepada Nabi, karena padanya keutamaan yang mulia. Rasulullah bersabda : 

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

“Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim)

Kami pun menghimbau kepada seluruh jamaah agar senantiasa menjaga iman dan takwanya hingga ajal menjemput. Sungguh suatu kebahagiaan yang nyata jika kita mampu merawat keimanan dan ketakwaan kepada Allah Taala hingga akhir hayat.

Sedekah adalah salah satu akhlak mulia yang sangat dicintai oleh Allah Taala. Keajaiban sedekah sangatlah besar dan tak terkira nilainya.

Namun, masih banyak diantara kaum muslimin yang enggan melakukannya. Barangkali dia belum tahu keajaiban sedekah yang sebenarnya, atau ia merasa rugi menyerahkan hartanya secara cuma-cuma. Na’uzdubillah.

Sedekah sepatutnya dilakukan oleh siapapun, tua dan muda, miskin dan kaya, sehat dan sakit.

Jika Anda adalah orang kaya, manfaatkanlah harta Anda untuk mendekatkan diri kepada Allah. Bagi Anda yang belum mampu bersedekah dengan harta, maksimalkanlah jiwa raga Anda di jalan Allah Taala.

Jamaah yang dirahmati Allah Taala

Saudaraku, melalui kultum ini kami sampaikan bahwa sedekah tidak melulu soal harta, namun tenaga yang Anda keluarkan untuk membantu orang lain karena Allah Taala juga termasuk sedekah. Apapun yang Anda miliki hari ini, maksimalkanlah untuk sedekah!

Inilah indahnya Islam. Allah tidak memandang jumlah yang kita sedekahkan, namun Dia melihat keikhlasan hati setiap pelakunya. Allahu Akbar! Allah Maha Adil terhadap setiap hamba-Nya.

Salah satu keajaiban sedekah yang akan Anda nikmati ialah kehidupan Anda menjadi tentram dan diliputi oleh keberkahan. Setiap permasalahan, terasa mudah dilalui. Meski tidak punya harta melimpah, namun hati tak pernah sempit untuk berbagi.

Kita semua harus mengetahui bahwa sedekah yang paling utama adalah menyedekahkan sesuatu yang sangat kau cintai, apapun profesi Anda. Allah Taala berfirman di dalam Surat Ali Imran ayat 92 :

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتّٰى تُنْفِقُوْا مِمَّا تُحِبُّوْنَ ۗوَمَا تُنْفِقُوْا مِنْ شَيْءٍ فَاِنَّ اللّٰهَ بِهٖ عَلِيْمٌ

“Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui.”

Melalui materi kultum ini, mari kita periksa isi lemari, adakah peluang sedekah bagi Anda? Adakah koleksi Anda yang bisa dijadikan sedekah jariyah? 

Melalui materi kultum ini, yuk kita cek isi stok makanan, adakah makanan yang dapat dijadikan sedekah? Tegakah Anda melihat tetangga sedang kelaparan, justru Anda membuangnya karena sudah tak doyan lagi? Semoga materi kultum ini dapat memotivasi kita untuk rajin sedekah.

Wahai Jamaah kultum singkat,

Jika Anda sedang senang, sedekahlah!
Jika Anda sedang galau, sedekahlah!
Jika Anda sedang susah, sedekahlah!
Anda punya Allah, memohonlah!
Ikhlaskanlah, Allah Maha Tahu apa yang Anda Olah!
Berkah, berkah, berkah, Insya Allah.

Pertemuan kultum singkat ini mengajak para hadirin untuk mulai membiasakan diri bersedekah, dimulai dari angka yang kecil dahulu. Sungguh jika materi kultum ini diterapkan, kita akan dicinta oleh Rasulullah. Dari Aisyah r.a, Rasulullah Saw bersabda :

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.”

Sedekah adalah salah satu yang perlu kita biasakan. Bersedekahlah semampu Anda, bukan bersedekah ketika mampu saja. Tunggulah saudaraku, pembalasan dari Allah berupa ganjaran yang luar biasa, akibat sedekah yang terus-menerus Anda keluarkan. Pada surat al Hadid ayat 18, Allah Taala berfirman :

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.”

Imam Nawawi menyebutkan di dalam kitab Syarh Shahih Muslim, harta yang berkurang karena disedekahkan itu akan mendapat dua keuntungan. Pertama, hartanya akan diberkahi dan dihindarkan dari bayaha. Kedua, harta tersebut diganti dengan balasan pahala berlipat ganda. Bukankah investasi akhirat yang sangat menggiurkan? Yuk sedekah!

Semoga kultum singkat dengan tema materi kultum singkat tentang sedekah ini dapat mengingatkan kita agar terus bersedekah dan membelanjakan harta kita di jalan Allah. Mari maksimalkan harta, daya dan upaya kita dengan memperbanyak sedekah.

Hadanallah waiyyakum ajma’in. Fastabiqul Khairat, akhirul kalam.

Waassalamu’alaikum wa rahmtullah wa barkatuh

Kultum Singkat tentang Sedekah dan Keutamaannya

Temukan informasi penting lainnya, hanya di Media Informasi Terkini, Nexmedia.

Baca Juga :  Rukun Sedekah dan Syarat Diterimanya Sedekah
Pencarian Popularkultum tentang sedekah,kultum singkat sedekah,materi kultum

Tinggalkan Balasan