keutamaan sedekah anak yatim

Keutamaan Sedekah Anak Yatim yang Jarang Orang Ketahui

Keutamaan Sedekah Anak Yatim – Anak yatim adalah seorang anak yang ditinggal wafat oleh bapaknya, sedangkan anak piatu adalah anak yang ditinggalkan oleh ibunya. Tahukah kamu, bahwa status yatim dan piatu itu ada batas waktunya? 

Jika mengutip hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud, dikatakan bahwa Rasulullah bersabda : “Tidak disebut yatim orang yang telah hulm/baligh.” Maka, status anak yatim piatu akan berakhir jika sang anak telah beranjak dewasa, ditandai dengan mimpi basah atau haid.

Karena saat anak sudah berakal / balig, ia sudah mampu membedakan mana yang baik dan buruk bagi dirinya. Sedang saat ia masih anak-anak, ia belum mengerti hal itu sepenuhnya.

Keutamaan Sedekah Anak Yatim Piatu

Bro, betapa senangnya kita saat terlahir sempurna dimana orangtua kita selalu hadir di kehidupan kita, hingga kita sukses meraih gelar dan jabatan. Namun, bagaimana perasaan anak yatim piatu?

Menjadi anak yatim piatu bukanlah sebuah pilihan. Tak ada seorang pun yang bisa memilih terlahir dari rahim ibu yang mana, semua adalah Takdir Allah Taala. Jika kita terlahir dari orangtua kaya, maka alhamdulillah. Jika tidak, tetaplah bersyukur atas segala pemberian-Nya.

Baca juga : kultum singkat tentang sedekah dan keutamaanya

Lalu, siapakah anak yatim yang patut untuk disedekahi?

Tentu kepada anak yatim piatu yang serba kekurangan. Terkait keutamaan sedekah kepada anak yatim piatu, Rasulullah bersabda :

أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا ، وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا شَيْئًا

“Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya” (HR. Imam Bukhari)

Baca Juga :  Hadist tentang Sedekah di Bulan Ramadhan

Mereka adalah ladang pahala dan lumbung kebaikan bagi kita. Setiap senyum yang terpancar dari mereka itu adalah anugerah yang tiada tara. Setiap pemberian kita akan berbuah menjadi sedekah jariyah. Tidakkah kamu ingin mendapat beberapa keutamaan sedekah anak yatim piatu tersebut, bro?

baca juga : Sedekah Kepada Orang Tua dan Keajaibannya

Janji Allah kepada siapa saja yang mau sedekah di jalan-Nya, niscaya Allah berikan padanya balasan berlipat ganda dari arah yang tak disangka-sangka. Allah Taala berfirman :

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.” (Surah al Hadid ayat 19)

Selain itu, keutamaan sedekah kepada anak yatim piatu dapat memberikan ketenangan dan ketentraman hidup. Allah Taala berfirman : 

اَلَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ بِالَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً فَلَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ

“Orang-orang yang menginfakkan hartanya malam dan siang hari (secara) sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.” (Surah al Baqarah ayat 274).

Baca juga : ceramah tentang sabar

Banyak kok orang yang punya harta melimpah tapi tak tenang hidupnya. Barangkali karena cara mendapatkan harta tersebut yang kurang benar atau tidak ada hartanya yang disedekahkan. Yuk Sedekah, bro.

Cara Sedekah Anak Yatim dan Piatu

Ada beberapa langkah dalam sedekah anak yatim piatu. Langkahnya sangat mudah, kamu cukup persiapkan sedekah apa yang ingin kamu berikan.

  • Mencari tahu anak yatim piatu di sekitar rumahmu
Baca Juga :  Cara Menjadi Muslimah yang Baik dan Disukai Banyak Orang

Kamu bisa tanya pak RT di kampung atau komplek dahulu. Jika ada anak yatim piatu, bantulah dan muliakanlah. Selain itu, kamu juga bisa sedekah kepada fakir miskin. Intinya, maksimalkan sedekah kepada orang terdekat dahulu ya. 

  • Mengunjungi panti asuhan yang ada di kotamu

Bawalah makanan yang enak, pakaian yang bagus, uang saku yang cukup dan minta doa kepada mereka. Sungguh, sedekah yang kamu berikan itu akan menjadi sedekah jariyah yang akan menyelamatkan kehidupan akhirat nanti.

  • Mendatangi lembaga pendistribusi zakat, sedekah, infak dan wakaf

Banyak kok lembaga amal dan zakat yang terpercaya di Indonesia. Kamu bisa datang kepada Baznas, Lazismu, Lazisnu, dan lain sebagainya. Dengan cara ini, kamu bisa datang langsung ke kantor LAZ tersebut, atau cukup kirim uang via transfer ke nomor rekening yang terdaftar.

  • Sedekah online melalui platform donasi online terpercaya

Ini adalah cara sedekah yang paling mudah. Cukup unduh aplikasi yang kamu mau, top up saldonya, kirim uangnya ke tujuan panti asuhan anak yatim piatu yang kamu pilih. Kamu bisa gunakan platform Kitabisa, Dompet Dhuafa, Sedekah Online, Rumah Zakat, dan lainnya. 

Kiat Agar Sedekah Diterima Allah Taala

Agar mendapat keutamaan sedekah, pastikan saat kamu memberi sedekah itu ikhlas dan diniatkan untuk Allah Taala semata, bersedekah untuk mengharapkan Ridha-Nya. Jauhkan diri dari sifat riya dan sum’ah. Allah Taala berfirman :

فَمَنْ كَانَ يَرْجُوْا لِقَاۤءَ رَبِّهٖ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا وَّلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهٖٓ اَحَدًا

“Maka barangsiapa mengharap pertemuan dengan Tuhannya maka hendaklah dia mengerjakan kebajikan dan janganlah dia mempersekutukan dengan sesuatu pun dalam beribadah kepada Tuhannya.” (Surah al Kahfi ayat 110)

Jika niat kita telah ikhlas dan ibadah sedekah ini diperuntukkan kepada Allah, tinggal kamu buat suatu harapan, balasan apa yang ingin kamu kejar.  Semoga setiap amal ibadah kita semua diterima oleh Allah Taala. Aamiin yaa Rabbal Alamiin.

Baca Juga :  Quotes Sedekah yang Bisa Jadi Inspirasi

Keutamaan Sedekah Anak Yatim dan Piatu

Temukan informasi penting lainnya, hanya di Media Informasi Terkini, Nexmedia.