sedekah kepada orang tua

Sedekah Kepada Orang Tua dan Keajaibannya

Sedekah kepada orang tua – Bersedekah merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah Taala yang paling mudah. Sedekah yang paling utama diberikan kepada orangtua. Ini karena sedekah harus dimulai dari orang terdekat dahulu.

Sedekah yang paling mudah berupa berbakti kepada orang tua dikenal dengan istilah birrul walidain. Kepada orangtua kita harus membuat mereka senang dan menjauhi berbuat buruk terhadap mereka sekalipun sudah meninggal.

Mendoakan keselamatan dan sedekah atas nama orangtua adalah cara berbakti kepada orang tua yang telah wafat. Apakah pahalanya akan sampai kepada mereka? lalu apa saja doa untuk orang tua yg sudah meninggal? Simak dibawah ini ya.

Sedekah Kepada Orang Tua dan Keutamaannya

Mengapa kita harus menghormati dan menaati orang tua? Ini karena besarnya jasa orangtua terhadap anak, tidak dapat diukur dengan apapun. Begitu banyak pengorbanan yang telah mereka lakukan kepada anak. Dimana sang ayah harus bekerja keras untuk menafkahi keluarga, sedangkan ibu begitu sabar mengasuh dan mendidik sang anak. Sebab inilah kewajiban orang tua terhadap anaknya.

Baca juga :  dakwah tentang sedekah

Islam menempatkan orang tua ke dalam derajat yang tinggi. Ini ditandai dengan banyaknya perintah dari ayat dan hadits berbakti kepada orangtua. Allah Taala berfirman dalam Quran Surah Al Isra ayat 23 : 

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak (orang tua). Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Menaati setiap perintah orang tua yang tidak melanggar aturan Allah adalah kewajiban anak terhadap orangtua. Jika anak itu ikhlas memenuhi perintahnya, maka lelahnya akan bernilai sedekah. Islam melarang keras anak durhaka terhadap ibu bapaknya, meski sedekar mengucapkan kata-kata “ah”, “waduh”, “males” dan lainnya.

Baca Juga :  Doa Sedekah yang Bisa Membuat Rezeki Berkah

Baca juga : Keutamaan Sedekah Anak Yatim

Cara Membahagiakan Orang Tua

Sungguh beruntung, bagi siapapun yang hingga hari ini masih ada kedua atau salah satu orangtuanya yang masih hidup. Kesempatan untuk berbuat baik kepadanya masih terbuka lebar dan harus dimanfaatkan agar memudahkan jalan ke surga Allah Taala. Dikatakan dalam hadist bahwa Ridhonya allah ridhonya orang tua, sebagaimana sabda Nabi :

رِضَى الرَّبِّ فِي رِضَى الوَالِدِ، وَسَخَطُ الرَّبِّ فِي سَخَطِ الْوَالِدِ

Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua” (HR. at-Tirmidzi No. 1899)

Jika kita bisa membahagiakan orangtua, maka bahagialah hidup kita. Namun jika kita durhaka terhadapnya, tunggulah siksa Allah Taala baik di dunia maupun akhirat. Contoh perilaku berbuat baik kepada orang tua yang masih hidup adalah membaca al Quran dengan fasih. Karena dalam bacaan ayat al Quran itu terdapat pahala bagi orang yang membacanya dan memfasilitasinya.

Baca juga : ceramah tentang sabar

Namun, keinginan membahagiakan orangtua terkadang terhalang oleh situasi dan kondisi. Ada yang kesulitan untuk berbakti kepada keduanya karena sedang menuntut ilmu di luar daerah, sibuk bekerja di luar kota dan pisah rumah karena menikah.

Jika kamu diantara orang yang telah disebutkan diatas, kamu bisa ikuti beberapa cara membahagiakan orang tua di bawah ini ya.

  • Cara Membahagiakan Orang Tua yang Masih Hidup

Bagi anak yang selalu tinggal bersama orangtuanya, ada kesempatan besar menanti. Karena ia memiliki potensi membahagiakan orang tua dan mendapat pahala sedekah karena ketaatannya. Caranya sangat mudah, contohnya sebagai berikut :

  1. Memenuhi setiap panggilan orang tua,
  2. Mematuhi perintah yang baik,
  3. Mendengarkan segala nasihat,
  4. Meringankan beban yang dipikul,
  5. Menjadi anak yang taat agama,
  6. Berkata jujur dan sopan,
  7. Bersikap hormat dan patuh,
  8. Belajar ilmu pengetahuan dan agama,
  9. Berprestasi dalam hal kebaikan,
  10. Menghindari perbuatan negatif,
  11. Rutin memanjatkan doa kepada orangtua, dan lainnya.
Baca Juga :  Ceramah tentang Akhlak Mahmudah dan Madzmumah

Secara tidak langsung, perbuatan diatas adalah cara mengungkapkan terimakasih kepada orang tua bisa. Meminta maaflah jika ada salah. Contoh kata kata maaf untuk orang tua seperti “Maaf bila aku telah banyak mengukir luka di hati ayah dan ibu“.

Jika ia sedang tidak enak badan, maka sikap yang tepat jika orang tua sedang sakit yaitu mendoakan kesembuhan baginya. Ini adalah contoh doa untuk orang tua sakit yang bisa kamu baca setiap waktu :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Sedekah Kepada Orang Tua bisa dengan Membuatnya Bahagia

Selain doa minta kesembuhan, kita juga perlu mendoakan keselamatan baginya. Di bawah ini contoh doa kedua orang tua dan artinya yang bisa kamu amalkan setiap selesai shalat wajib maupun sunnah.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

  • Cara Membahagiakan Orang Tua yang Sudah Meninggal

Kesempatan membahagiakan orangtua yang telah meninggal itu tetap ada, meski caranya berbeda. Salah contoh perilaku berbuat baik kepada orang tua yang sudah meninggal adalah bersedekah atas nama orang tua. 

Selain itu, ada beberapa cara berbakti kepada orangtua yang dapat kita terapkan : 

  1. Meneruskan silaturahmi dengan kerabat orang tua
  2. Melaksanakan wasiat baik dari orang tua
  3. Berbuat baik sebagaimana yang diajarkan oleh orangtua
  4. Melunasi hutang orang tua
  5. Membagi warisan dan mewakafkannya untuk kepentingan di jalan Allah
  6. Mendoakan keselamatan akhirat bagi orang tua

Apakah setiap kebaikan anak berbuah pahala yang terus mengalir bagi orangtua? Tentu, berdasarkan keumuman hadist ini, Rasulullah bersabda : 

Baca Juga :  Materi Kultum Singkat tentang Sedekah

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍوَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Adapun doa untuk orang tua yg sudah meninggal itu bervariasi. Kamu juga bisa gunakan beberapa doa diatas atau menggunakan doa lainnya seperti doa sapu jagad, doa meminta ampunan kepad Allah, doa jenazah saat di kubur, dan lainnya. 

Contoh doa untuk orangtua yang sudah meninggal :

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, sejahterakan dan maafkanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.

Tahukah kamu bahwa setiap cara membahagiakan orang tua diatas adalah cara mudah untuk sedekah kepada orang tua. Maka, cukup lakukan kebaikan-kebaikan di atas, sesungguhnya kamu telah bersedekah kepada keduanya. Kamu boleh pelajari pengertian dan macam sedekah pada postingan lainnya ya.

Semoga dengan mengamalkan setiap cara membahagiakan orang tua ini, kamu bisa mendapat pahala sedekah kepada orang tua yang berlipat ganda ya. Aamiin.

Temukan informasi penting lainnya, hanya di Media Informasi Terkini, Nexmedia.