jelaskan pengetian sedekah

Jelaskan Pengertian Sedekah Secara Lengkap

Jelaskan Pengertian Sedekah – Tahukah kamu bahwa pengertian sedekah itu diatur oleh Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2011. Menurut Baznas, definisi sodaqoh adalah sejumlah harta atau non harta yang diberikan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Menurut KBBI, pengertian sodaqoh adalah pemberian sesuatu kepada orang miskin atau yang berhak menerimanya, diluar kewajiban zakat sesuai dengan kemampuan si pemberi. Secara harfiah, sedekah dipetik dari kata bahasa Arab yaitu “shodaqah”, berasal dari kata sidq yang berarti “kebenaran”.

Adapun pengertian sedekah secara istilah adalah menginfakkan harta di jalan Allah dilandasi oleh niat ikhlas tanpa mengharapkan imbalan apapun, dan semata-mata mengharapkan ridho Allah. Nama lain sodaqoh adalah derma dan donasi.

Jelaskan Pengertian Sedekah Secara Lengkap

Sodaqoh merupakan kata yang sangat umum oleh umat Islam. Pengertian sedekah dapat bermakna pemberian berupa harta atau non harta, jenisnya sangatlah fleksibel. Mengapa demikian? Sesuai sabda Rasulullah yang artinya:

“Sesungguhnya pintu kebajikan itu banyak.
Mengucapkan tasbih, tahmid, takbir, tahlil dengan khidmat dan khusyuk, termasuk sodaqoh.

Mengajak orang kepada yang baik dan melarang dari yang munkar termasuk bersedekah.
Menyingkirkan batu dari jalan untuk memudahkan orang lewat, termasuk bersedekah.
Menuntun orang buta menyeberang jalan, termasuk bersedekah.
Memberi petunjuk kepada orang yang bertanya kepadamu, termasuk bersedekah.
Membantu orang-orang yang lemah dengan kekuatan dua betismu dan dua lenganmu, adalah sodaqoh.
Bahkan senyumanmu ketika berhadapan dengan saudaramu, juga termasuk bersedekah.”

Oleh karena itu, pengertian sedekah lebih luas dibandingkan pengertian zakat, infaq dan wakaf. Artinya, peluang kita mendapat pahala selalu terbuka luas, meski sedang kantong kering. Sebab, sodaqoh tidak selalu tentang uang. Sedekah selalu tentang pemberian yang ikhlas baik berupa harta maupun tenaga.

Baca juga : Hukum Sedekah adalah Sunnah, Tapi Bisa Berubah

Macam-macam Sedekah

1. Sedekah Non Materi

Jenis sodaqoh ini sangat mudah dan murah, tak perlu harta benda, cukup dengan tenaga, nasihat, pikiran, hingga senyum tulus yang kamu berikan kepada orang lain. Dengan memahami pengertian sedekah ini, maka tidak ada alasan bagi kita menunda sedekah. Hindari senyum sendiri dan senyum ke lawan jenis ya.

Baca Juga :  Hari Guru Nasional dan PGRI

Baca juga : ceramah tentang sabar

2. Sedekah Materi

Jenis sodaqoh ini juga sangat mudah diterapkan. Sedekah materi dilakukan dengan menginfakkan barang yang kita punya kepada orang lain yang dirasa lebih memerlukan. Contoh pengertian sedekah materi seperti memberi uang makan, pakaian, makanan dan minuman. Kamu bisa memulai sodaqoh materi dengan jumlah kecil dahulu.

3. Sedekah Jariyah

Jenis sodaqoh ini adalah yang paling utama. Sebab, pahala sedekah jariyah itu terus mengalir sekalipun pemberi sodaqoh telah wafat. Inilah pengertian sedekah jariyah. Kamu bisa bersedekah ke pesantren, fasilitas umum, renovasi masjid dan perbaikan panti asuhan, karena manfaat sedekah itu dapat digunakan dalam waktu lama.

Baca juga : kultum singkat tentang sedekah subuh

Dalil Perintah Memberi Sedekah

Meski hukum sedekah adalah sunnah, tapi ia dapat memberikan dampak positif terhadap kehidupan dan rezeki. Allah Taala berfirman dalam Quran Surah Al Baqarah Ayat 245 :

مَنْ ذَا الَّذِيْ يُقْرِضُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضٰعِفَهٗ لَهٗٓ اَضْعَافًا كَثِيْرَةً ۗوَاللّٰهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۣطُۖ وَاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ

Barang siapa yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepadaNya kamu dikembalikan.

Jelaskan Pengertian Sedekah dengan Lengkap

Dalil Ancaman bagi Orang yang Enggan Sodaqoh

Sifat kikir bukanlah akhlak orang beriman. Sifat tercela ini jika dipelihara dapat melemahkan iman seseorang karena membuatnya terlalu cinta terhadap harta dunia. Sifat buruk ini bisa menghalangi orang untuk sodaqoh. Allah Taala berfirman dalam Quran Surah Ali Imran ayat 180 :

وَلَا يَحْسَبَنَّ الَّذِينَ يَبْخَلُونَ بِمَا آتَاهُمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ هُوَ خَيْرًا لَهُمْ بَلْ هُوَ شَرٌّ لَهُمْ سَيُطَوَّقُونَ مَا بَخِلُوا بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلِلَّهِ مِيرَاثُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Baca Juga :  Doa Sedekah yang Bisa Membuat Rezeki Berkah

Dan jangan sekali-kali orang-orang yang kikir dengan karunia yang diberikan Allah kepada mereka mengira bahwa (kikir) itu baik bagi mereka, padahal (kikir) itu buruk bagi mereka. Harta yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan (di lehernya) pada hari Kiamat. Milik Allah-lah segala yang ada di langit dan di bumi. Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

Yuk sedekah untuk selamatkan kehidupan dunia akhirat kita.

Cara Sodaqoh yang Benar

Agar sodaqoh yang kita lakukan berbuah pahala, yuk sedekah dengan cara ini, insya Allah berkah.

  • Membulatkan niat ikhlas untuk mencari ridho Allah Taala
  • Bersedekah kepada orang yang dianggap memerlukan bantuan
  • Menebar salam, senyum dan kebaikan tanpa memandang derajat dan fisik
  • Mengutamakan sedekah kepada orang terdekat kita dahulu
  • Hindari mengungkit sodaqoh yang telah ditunaikan kepada orang lain.

Manfaat Sodaqoh yang Luar Biasa

Sodaqoh apabila diamalkan terus menerus, niscaya akan membuahkan kebaikan-kebaikan. Banyak sekali ayat tentang keutamaan sedekah, tinggal kita jemput saja.

  • Memperoleh perlindungan dan naungan Arsy di hari kiamat
  • Mengobati penyakit jasmani maupun rohani
  • Mendapat balasan pahala yang berlipat ganda
  • Menghapus dosa dan kesalahan.
  • Membersihkan harta dan mensucikannya dari kotoran.
  • Melindungi pelakunya dari api neraka

Waktu Terbaik Bersedekah

Sodaqoh bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Namun Rasulullah memberikan isyarat waktu terbaik dan kondisi terbaik untuk bersedekah. Efeknya, potensi pahala berlipat ganda bisa didapatkan.

Mengenai kondisi terbaik untuk bersedekah, kamu bisa temukan di Shahih Muslim Nomor 173. Berikut ini adalah poin kondisi terbaik untuk bersedekah :

  • Sedekah saat Sehat

Kondisi tubuh sehat memiliki kemampuan untuk melakukan banyak hal secara optimal. Tak jarang membuat manusia yang terlena dan lupa untuk menginfakkan hartanya. Ini karena ia hanya berfokus mengumpulkan harta dan dunia.

Jika ia mau melawan hawa nafsu terhadap harta, seraya bersedekah, tentu potensi balasan pahalanya besar.

  • Bersedekah saat Ingin Menjadi Orang Kaya
Baca Juga :  Teks Khutbah Jumat yang Membuat Jamaahnya Menangis

Di kala seseorang berambisi menjadi orang kaya, umumnya seseorang mendadak menjadi orang pelit dan kikir. Saking fokusnya untuk mengejar dunia, ia akan lebih sulit untuk diminta menginfakkan sebagian hartanya.

Jika ia bersedia menyingkirkan sifat tamak yang telah mengakar, tentu balasan yang akan ia terima pun besar.

  • Sodaqoh Takut Miskin

Kondisi serba kekurangan, menjadikan seseorang semakin sulit menginfakkan harta untuk sodaqoh. Pikirnya, hidup susah susah, masa dimintai sedekah juga. Justru inilah ujian keimanan yang jika dimanfaatkan niscaya ia akan menerima balasan dari arah yang tak ia sangka.

  • Membiasakan Sedekah Jauh sebelum Wafat

Bersedekah saat sehat dimana momen kematian dirasa masih jauh sangatlah diutamakan. Terbiasa sedekah sejak muda menuai pahala yang berlimpah ruah. Sodaqoh dalam kondisi mendekati ajal adalah suatu yang baik, akan tetapi dampaknya tidak sebesar sedekah yang rutin dilakukan sejak mudah dahulu kala.

Maka, memanfaatkan usia untuk rutin sedekah setiap hari adalah salah satu solusi kehidupan akhirat yang selamat, yuk sedekah.

Mengenai waktu terbaik untuk bersedekah adalah di waktu subuh. Sesuai dengan isi sabda Nabi yang berbunyi :

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata: ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah.’ Malaikat yang satu berkata: ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dengan kita memahami pengertian sedekah dan cara penerapannya, Insya Allah akan membantu kita selamat dunia akhirat dari pada api neraka Jahannam.

Jelaskan Pengertian Sedekah Terlengkap

Temukan informasi penting lainnya, hanya di Media Informasi Terkini, Nexmedia.

Tinggalkan Balasan