qoutes sedekah

Quotes Sedekah yang Bisa Jadi Inspirasi

Quotes sedekah bisa Anda jadikan inspirasi setiap pagi agar lebih bersemangat dalam memberikan sebagian harta pada orang yang berhak menerima. Hukum sedekah adalah sunnah, tetapi umat muslim wajib menerapkannya agar bisa memberikan nikmat yang berkah.

Tidak hanya bisa melakukan sedekah dalam bentuk barang atau uang, Anda juga bisa memberikan sedekah pada orang lain berupa ilmu yang bermanfaat, tenaga atau pikiran.

Membantu orang lain merupakan salah satu bentuk sedekah yang akan mendapat catatan amal pahala di sisi Allah SWT. Apalagi Anda tipe orang yang tidak suka menunjukkan sedekah pada orang lain, maka sesungguhnya sedekah yang sembunyi-sembunyi jauh lebih baik.

Baca juga : ceramah agama islam tentang sedekah

Anda bisa lebih tenang dan terhindar dari keinginan pamer atau riya’ demi mendapat pujian dari sesama saja.

Jika diri masih terasa berat melakukan sedekah setiap hari, cobalah dengan memilih hari tertentu, misalnya sedekah Jum’at. Mulai saja dengan mendonasikan uang Anda dengan nominal kecil lebih dulu, lalu coba evaluasi bagaimana manfaat sedekah bisa mengubah hidup Anda.

Allah SWT menjamin harta yang diberikan di jalan kebaikan akan mendapat balasan yang berlipat ganda.

Quotes Sedekah yang Bisa Anda Jadikan Inspirasi

Quotes sedekah bisa Anda pasang di layar ponsel, layar laptop, dinding kamar atau bagikan di media sosial. Sebelum mengingatkan orang lain, sebaiknya Anda mengingatkan diri sendiri untuk rutin bersedekah. Berikut beberapa kumpulan quotes yang bisa menjadi inspirasi pagi Anda yaitu :

Quotes Sedekah 1 : “Satu sedekah yang tulus sama dengan seribu langkah menuju Surga”

Quotes yang bisa Anda baca agar menciptakan sugesti bahwa sedekah harus didasari hati yang ikhlas bukan ajang pamer pada orang lain. Surga adalah keabadian bagi orang-orang yang memiliki iman, salah satunya rajin bersedekah.

Baca Juga :  Ceramah Singkat Tentang Zina

Baca juga : cara sedekah subuh 40 hari

Quotes Sedekah 2 : “Sedekah dapat menghapus dosa seperti air yang mematikan api”

Allah SWT mengampuni semua hamba yang melakukan dosa dan khilaf, bahkan kumpulan dosa sebesar gunung dan seluas lautan, selama hamba tersebut mau bertaubat sungguh-sungguh. Selain memohon ampunan pada Allah SWT, hamba yang bertaubat akan melakukan perintah Allah SWT untuk menghapus dosa dan menambah pahala, misalnya sedekah.

Baca juga : Hukum Asal Sedekah adalah Sunnah, Bisa Jadi Haram

Quote Sedekah 3 : “Senyum kepada saudaramu adalah sedekah”

Sedekah bisa dilakukan kapan dan di mana saja serta dalam bentuk apa saja. Tidak harus uang pun, Anda yang merasa tidak punya apa-apa untuk diberikan pada orang lain, berikanlah senyum terbaik. Senyum tulus bisa menenangkan hati dan tidak menyakiti hati orang lain di sekitar Anda.

Quotes Sedekah yang Menginspirasi

Quote Sedekah 4 : “Sedekah adalah amal yang tidak akan putus hingga mati.”

Seperti apa yang Nabi Muhammad SAW sabda bahwa manusia yang mati akan terputus seluruh amal, kecuali tiga hal yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh atau sholehah.

Quote Sedekah 5 : “Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang dibawah”

Percayalah bahwa apa yang Anda berikan pada orang lain yang berhak menerima sedekah jauh lebih baik dibandingkan orang yang meminta-minta. Harta yang Anda berikan pada orang lain akan memberikan kebaikan pada diri sendiri, termasuk menjaga diri dari segala penyakit dan azab kubur kelak.

Quotes sedekah tentu masih banyak yang bisa Anda jadikan inspirasi setiap hari untuk memulai langkah sedekah sekarang juga. Tidak harus langsung diberikan kepada fakir miskin dan dhuafa, Anda juga bisa menyalurkan sedekah melalui lembaga atau organisasi penyalur sedekah yang kredibel.

Baca Juga :  Ceramah Singkat Tentang Sedekah di Bulan Ramadhan

Setidaknya Anda tetap bisa melakukan sedekah online selama pandemi tanpa khawatir bakal tertular virus corona bila menyalurkan bantuan secara langsung. Yuk, tingkatkan empati sosial dengan rajin sedekah yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain!

Temukan informasi penting lainnya, hanya di Media Informasi Terkini, Nexmedia.