sedekah subuh 40 hari

Sedekah Subuh 40 Hari : Challenge Menjadi Ahli Surga

Sedekah Subuh 40 Hari – Menjadi ahli surga adalah impian setiap orang beriman dan bertakwa. Sebab, disana mereka dapat menikmati segala hal yang disukai, tanpa ada batasan dan larangan. Kamu pasti sangat paham, apa saja yang dijanjikan oleh Allah Taala bagi ahli surga. 

Untuk meraih prestasi tersebut, diperlukan jerih payah yang luar biasa. Dibutuhkan pengorbanan yang tiada henti. Banyak orang yang gagal meraihnya, sebab ia tak mampu istiqomah menjaga keimanan dan ketakwaannya.

Diantara amalan ahli surga adalah sedekah. Tahukah kamu, waktu sedekah yang paling utama adalah sedekah di waktu subuh. Sedekah subuh adalah sedekah yang dilakukan pada waktu terbit fajar sampai isyraq.

Sedekah Subuh 40 Hari : Bangun Subuh sebagai Ujian Keimanan seorang Muslim

Mengapa sedekah di waktu subuh lebih utama dibanding sedekah di waktu lainnya? Padahal, tidak ada dalil tentang waktu sedekah secara khusus.

Ini karena banyak sekali keutamaan waktu subuh.

Agar seseorang bisa sedekah subuh, setidaknya ada beberapa pengorbanan yang mesti ia lalui. Dimulai dari bangun tidur sebelum azan sholat subuh, menahan rasa kantuk, dan melalui udara dingin kala pergi ke masjid.

Banyak diantara kaum muslimin, terlebih anak mudanya yang tidak mampu mengalahkan 3 macam tantangan ini. Itulah mengapa bersedekah di waktu subuh itu lebih utama dibanding waktu lain.

Mampu melalui 3 macam ujian ini adalah suatu rahmat dan hidayat dari Allah Taala. Tidak semua bisa mendapatkannya. Sebab, keutamaan bersedekah di waktu subuh itu hanya diberikan kepada mereka yang benar-benar yakin kepada Allah Taala.

Berdasar pada intisari hadits tentang waktu subuh, banyak sekali contoh keutamaan waktu subuh.

  • Beribadah di waktu subuh, disaksikan oleh Malaikat

Kamu bisa buka dan baca Quran Surah al Isra ayat 78. Pada ayat ini, Allah Taala berfirman yang artinya : “dirikanlah shalat sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam, dan dirikanlah pula shalat subuh, sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan malaikat”

Setelah melaksanakan shalat subuh, bisa dilanjutkan dengan zikir sholat fardhu dan shodaqoh. Rasulullah memberitakan kabar baik kepada mereka yang mau shodaqoh subuh. Rasulullah bersabda yang artinya :

“Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah’. Malaikat yang satu berkata, ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (Muttaqun alaihi)

Didoakan kebaikan adalah keberkahan. Namun, didoakan kebinasaan adalah suatu kerugian. Sebagai seorang muslim yang cerdas, pasti kita berharap kebaikan. Maka, rutinlah dalam sedekah subuh setiap harinya.

  • Sedekah di waktu subuh, Mendekatkan ke Surga dan Menjauhkan dari Neraka

Ibadah sholat subuh yang dilanjurkan dengan zikir dan sedekah subuh, ternyata bisa mendekatkan diri kita terhadap surga. Keutamaan bersedekah ini benar-benar ada, sesuai sabda Rasulullah yang artinya :

“Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” (Muttaqun alaihi).

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah.” (Muttaqun alaihi)

Perlu digarisbawahi, keikhlasan hati dalam menginfakkan harta di jalan Allah Taala adala penentu. Apakah sedekah atau infak yang disalurkan itu diterima atau tidak sebagai amal sholeh di sisi Allah.

Sedekah Subuh 40 Hari dan Cara Melakukannya

Meraih sukses bisa sedekah subuh dalam kurun 40 hari berturut-turut butuh perjuangan. Memang, tidak ada dalil khusus yang menunjukkan bilangan tersebut. Namun, bilangan ini bertujuan agar kita bisa rutin bersedekah hingga akhir hayat.

Oleh karena banyak sekali keutamaan sedekah, sungguh disayangkan jika kita tidak meraihnya. Mumpung, kita masih diberikan kesempatan untuk bersedekah dan meraih pahala kebaikan tersebut.

Jenis shodaqoh subuh ada dua, offline dan online. Contoh sedekah offline, seperti menginfakkan harta ke masjid, panti, dan pondok pesantren. Adapun contoh shodaqoh subuh online dari rumah, seperti donasi ke panti asuhan yang jauh menggunakan aplikasi sedekah online terpercaya.

Setelah memahami jenis shodaqoh, hendaknya menyusun rencana sedekah rutin dalam 40 hari ke depan. Agar kita bisa rutin sedekah subuh 40 hari, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. 

  1. Memprioritaskan shodaqoh subuh kepada orang atau lembaga terdekat dahulu. 
  2. Menjadikan sedekah online sebagai penunjang sedekah offline.
  3. Menganalisis orang atau lembaga terdekat yang memerlukan uluran tangan.
  4. Menentukan budget shodaqoh rutin setiap harinya.
  5. Menjadwalkan pembagian shodaqoh.
  6. Komitmen atas apa yang telah direncanakan.
  7. Yakin bisa bangun subuh setiap hari.

Kamu bisa menambah cara lainnya sesuai dengan situasi dan kondisi di tempatmu ya.

Simulasi Pembagian Shodaqoh 40 Hari

Berikut ini adalah contoh sedekah 40 hari yang bisa diapilikasikan dalam kehidupan. Perlu digarisbawahi, contoh sedekah ini harus dilakukan pada waktu fajar, ya.

  1. Hari pertama, sedekah kepada orangtua,
  2. Hari kedua, shodaqoh kepada saudara kandung,
  3. Hari ketiga, shodaqoh kepada tetangga,
  4. Hari keempat, sedekah di hari jumat ke celengan masjid,
  5. Hari kelima, shodaqoh ke panti asuhan, 
  6. Hari keenam, bersedekah ke pondok pesantren,
  7. Hari ketujuh, bersedekah ke fakir miskin,
  8. Hari kedelapan, bersedekah ke anak yatim,
  9. Hari kesembilan, bersedekah ke Ibnu Sabil,
  10. Hari kesepuluh, bersedekah ke binatang,

Kesepuluh contoh shodaqoh subuh ini, bisa kamu ubah sesuai kondisimu, ya. Kamu bisa lakukan 4x siklus dalam penerapannya, sehingga kamu tidak bingung menentukan 40 tujuan sedekah yang berbeda.

Adapun sedekah online, dilakukan saat kita lupa atau tak sempat melaksanakan shodaqoh yang telah direncanakan. Semoga kamu berhasil sedekah subuh 40 hari, ya.

Adab Bersedekah

Setelah berhasil menyusun rencana sedekah rutin, ada baiknya kita memahami adab bersedekah. Sebab, shodaqoh adalah amalan yang berhubungan dengan manusia. Sehingga, cara memberikannya pun ada adabnya, tidak bisa semaunya saja.

Allah Taala mengingatkan kepada kita di dalam Quran Surah al Baqarah 165 yang berbunyi :

وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

Merujuk pada Kitab al-Adab fid Din karya Imam Ghazali, setidaknya ada 9 cara adab bersedekah yang perlu diperhatikan.

  1. hendaknya memberikan sedekah sebelum diminta,
  2. hendaknya tidak diketahui orang (lain) ketika memberikan,
  3. hendaknya menjaga kerahasiaan setelah memberikan,
  4. hendaknya bersikap ramah terhadap orang yang memintanya,
  5. hendaknya tidak menjawab dengan penolakan,
  6. hendaknya menjawab dengan suara lirih ketika menolak,
  7. hendaknya menghindari sikap bakhil,
  8. hendaknya memberikan apa yang diminta atau menolaknya dengan penolakan yang baik,
  9. hendaknya ia tidak menarik kembali apa yang telah diberikan.

Insya dengan memahami adab bersedekah, kita tidak akan menyakiti orang atau lembaga yang berhak menerima pemberian tersebut.

Adakah Batasan Minimal untuk Shodaqoh?

Islam tidak memberikan batasan minimal dan maksimal dalam menginfakkan harta. Rasulullah bersabda yang artinya : 

“Amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Dia menjawab; ‘Yang dikerjakan terus menerus walaupun sedikit, lalu beliau bersabda: ‘Beramallah sesuai dengan kemampuan kalian.”

Memberikan sesuatu secara berlebihan juga tidak dianjurkan. Sebab, perbuatan itu dapat memicu beberapa hal, diantaranya : Menjadi menyesal, pelit dan menelantarkan keluarga.

Kata bang Haji Rhoma Irama, “yang sedang-sedang saja” Tak perlu berlebihan agar bisa dilihat dan didengar orang lain. Namun, cukup sedikit tapi rutin setiap hari, Insya Allah bisa membawa berkah.

Memulai sesuatu yang baru adalah tantangan bagi seseorang. Banyak orang yang “mandek” di tengah jalan, sebab ia tak mendapat sesuatu yang ia harapkan. Be Calm, balasan kebaikan itu bisa datang saat masih di dunia, atau ditampung dahulu sebagai tabungan akhirat.

Semoga kita semua berhasil menelwati tantangan sedekah subuh 40 hari ini dan diberi ganjaran yang berlipat ganda, aamiin.

Temukan informasi penting lainnya, hanya di nexmedia.

Pencarian PopularCara sedekah subuh 40 hari,Sedekah subuh 40 hari
Baca Juga :  Keajaiban Sedekah Rutin di Saat Sulit

Tinggalkan Balasan