sedekah di hari jumat

Sedekah di Hari Jumat dan Keutamaannya

Sedekah di Hari Jumat – Sedekah Jumat merupakan salah satu kebiasaan baik yang wajib Anda lakukan setiap hari tersebut. Minimal seminggu sekali, Anda punya peluang mendapatkan keutamaan dari sedekah.

Meskipun pahala sedekah akan Allah berikan kapan saja tanpa harus menunggu hari Jumat. Tapi Anda bisa mendapatkan kebaikan berlipat ganda jika melakukannya di hari mulia ini.

Anda akan menjadi pribadi yang lebih bersyukur terhadap apa yang Allah SWT berikan, sedangkan orang lain akan mendapatkan manfaat sedekah tersebut. Hablum minallah dan hablum minannas Anda bisa berjalan lancar bila sedekah didasari hati yang ikhlas tanpa mengharap pamrih.

Baca juga : teks ceramah singkat tentang sedekah

Anda juga bisa memberikan sedekah pada lembaga atau badan yang menaungi zakat, infaq dan sedekah yang dikelola untuk kepentingan umat. Yuk, mulai rajin melakukan sedekah agar Anda bisa mendapatkan keutamaannya!

Sedekah di Hari Jumat dan Keutamaannya

Sedekah Jum’at yang Anda lakukan secara rutin bisa mendapatkan keutamaan di sisi Allah SWT dibandingkan hari yang lain. Berikut 3 keutamaan melakukan sedekah pada hari Jumat yang wajib Anda ketahui yaitu :

1. Mendapatkan Potensi Pahala yang Lebih Besar

Seperti sabda Rasulullah SAW bahwa hari terbaik adalah hari Jumat. Sebab, pada hari itu Allah SWT menciptakan Nabi Adam AS, memasukkannya ke dalam surga, menurunkannya ke bumi. Selain itu, hari kiamat pun jatuh pada hari tersebut.

Tidak ada orang yang tidak berdoa pada hari Jumat sebab Allah SWT akan mengabulkan doa pada hari itu.

Baca juga : Dalil tentang Sedekah yang Paling Utama

Oleh sebab itu, keutamaan melakukan sedekah pada hari Jumat sangat utama sebab Allah SWT akan memberikan pahala berlipat ganda. Pahala dari sedekah yang dilakukan dengan hati yang ikhlas sangat besar dibandingkan hari-hari biasa.

2. Pahala seperti Sedekah pada Bulan Ramadhan

Keutamaan dan kemuliaan sedekah pada hari Jumat adalah Allah SWT akan memberikan pahala seperti melakukan sedekah pada bulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan, semua amal kebaikan akan dihitung dengan pahala berlipat ganda. Tidakkah Anda menginginkan pahala yang besar dengan rutin melakukan infaq pada hari istimewa ini?

Baca Juga :  Materi Kultum Singkat tentang Sedekah

3. Para Malaikat akan Mendoakan Orang yang Bersedekah

Orang-orang yang rajin melakukan sedekah pada hari Jumat akan mendapatkan keutamaan berupa doa dari para malaikat. Setiap pagi para malaikat berdoa kepada Allah SWT untuk memberikan keberkahan pada orang-orang yang bersedekah pada hari Jum’at.

Pada hari yang mulia tersebut, sedekah Anda bisa menjadi pintu berkah untuk hidup yang dijalani selama di dunia dan akhirat. Rasa syukur yang berlipat ganda, doa yang terkabulkan dan harta yang berkah di jalan Allah SWT lebih baik dari segala isi dunia, bukan?

Baca juga : cara sedekah subuh 40 hari

4. Sedekah Jumat menjadi Pengingat Rasa Syukur

Sedekah Jum’at bisa Anda mulai dengan nominal kecil lebih dulu bila Anda masih merasa kesulitan menafkahkan harta di jalan Allah SWT. Sebagai manusia biasa, wajar jika ada sifat pelit, tetapi Anda harus memaksakan sedekah agar terhindar dari kufur nikmat pada Allah SWT.

Melakukan sedekah setiap Jumat akan menjadi pengingat rasa syukur kepada Allah SWT. Segala nikmat yang diberikan baik kesehatan, umur yang panjang dan harta hanyalah sebuah titipan.

Sudah selayaknya umat muslim melakukan sedekah Jumat demi mensucikan harta yang dimiliki dan percaya bahwa semua yang dimiliki di dunia hanya titipan Allah SWT semata. Nah, sudahkan Anda memberikan infaq atau sedekah pada orang yang membutuhkan di sekitar?

Sedekah di Hari Jumat dan Keutamaannya yang Penuh Berkah

Memberi sedekah di hari jumat, mesti kita kerjakan. Anda bisa bersedekah dengan uang atau tenaga. Jika memiliki uang lebih, sumbangkanlah sebagian harta ke pembangunan masjid. Jika hanya punya uang pas-pasan, bantulah pembangunan masjid dengan sering ikut bergotong-royong dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Hukum Sedekah Dalam Islam

Dengan begitu, sedekah itu sangat mudah, bukan?

Tak mesti menunggu menjadi seorang milyader untuk bersedekah. Cukup miliki hati yang niat ikhlas mendekatkan diri kepada Allah, niscaya ada saja cara sedekah yang bisa kita lakukan.

Banyak sekali dalil yang menyatakan keutamaan sedekah terlebih jika dilakukan pada hari jumat, diantaranya terjemah hadist berikut ini.

Setiap persendian manusia wajib disedekahi, setiap hari yang padanya matahari terbit. Beliau bersabda, “Mendamaikan antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Membantu seseorang dalam masalah kendaraannya lalu menaikannya ke atas kendaraannya atau mengangkat bawang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Beliau bersabda, “(Mengucapkan) kalimat yang baik adalah sedekah, setiap langkah yang dia berjalan menuju masjid untuk sholat adalah sedekah dan menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Dari hadits sedekah ini kita belajar, hendaknya selalu berbuat kebaikan setiap harinya. Jangan malas, mager dan jadi kaum rebahan saja. Sebab hal itu tidak akan membuat hidup kita berkah. 

Hidup yang berkah mesti dicari dan diusahakan. Berdiam diri di rumah dengan asyik menonton youtube gaming seharian, bukanlah hal yang bijak. Yuk manfaatkan segala waktu untuk sedekah sesuai kemampuan masing-masing.

Agar kita termotivasi untuk sedekah, berikut ini ganjaran pahala sedekah jika kita bersedia melaksanakannya. Allah Taala berfirman dalam Quran Surah al Hadid ayat 7 : 

اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَاَنْفِقُوْا مِمَّا جَعَلَكُمْ مُّسْتَخْلَفِيْنَ فِيْهِۗ فَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ وَاَنْفَقُوْا لَهُمْ اَجْرٌ كَبِيْرٌۚ

“Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan infakkanlah (di jalan Allah) sebagian dari harta yang Dia telah menjadikan kamu sebagai penguasanya (amanah). Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menginfakkan (hartanya di jalan Allah) memperoleh pahala yang besar.”

Lalu, apa yang sering membuat kita malas sedekah?

Pertama, tidak punya niat untuk sedekah. Kasus ini kerap dialami oleh mereka yang terlalu sibuk mencari “sebongkah berlian”. Hidupnya dijejali oleh banyak deadline yang harus segera diselesaikan. Saking fokusnya, ia tak sempat terpikirkan untuk sedekah. 

Baca Juga :  Ceramah Singkat tentang Sholat : Kewajiban dan Keutamaannya

Kedua, terlalu cinta harta (wahn). Penyakit kikir ini bisa dialami oleh orang kaya maupun miskin. Ia menganggap bawah harta yang ia usahakan adalah karena jerih payahnya. Ia tidak mau membagi-bagikan uang secara percuma, termasuk sedekah.

Ketiga, tidak ingin sedekah karena tidak mendapat sesuatu. Ini kerap dialami oleh para “pencari suara ummat”. Jika musim kampanye, ia gemar sedekah di banyak tempat. Setelah pemilu telah usai, ia menghilang dan sudah tidak memerlukan sedekah itu lagi. 

Semoga beberapa sifat tercela diatas, dijauhkan dari diri kita. Kita bermohon kepada Allah Taala agar diberikan perlindungan dari godaan dunia, aamiin.

Apa Ancaman Allah Taala terhadap mereka yang malas sedekah?

Jika kita telusur ke alQuran, ada salah satu ayat yang mesti dijadikan sebagai peringatan bagi kita bersama. Allah Taala berfirman dalam Quran Surah al Munafiqun ayat 9 : 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُلْهِكُمْ اَمْوَالُكُمْ وَلَآ اَوْلَادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللّٰهِ ۚوَمَنْ يَّفْعَلْ ذٰلِكَ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْخٰسِرُوْنَ

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah harta bendamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Dan barangsiapa berbuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.”

Peringatan dan ancaman Allah Taala ini mengingatkan kita untuk sedekah. Sebab apa yang kita punya hari ini, semua akan lenyap. Maka, mari gunakan harta untuk sedekah di hari jumat, semoga itu dapat menyelamatkan kehidupan kita kelak, aamiin.

Temukan informasi penting lainnya, hanya di Media Informasi Terkini, Nexmedia.

Tinggalkan Balasan