Berapa Rakaat Sholat Isya

Berapa Rakaat Sholat Isya yang Dicontohkan oleh Nabi ?

Berapa Rakaat Sholat IsyaPertanyaan tentang shalat isya beserta rakaatnya terkadang masih sering ditanyakan oleh masyarakat. Hal ini lumrah, barangkali ada diantara saudara kita sedang mendapat hidayah untuk melaksanakan shalat fardhu secara rutin.

Sholat Isya punya jumlah rokaat yang sama dengan shalat dzuhur dan ashar. Solat Isya punya keutamaan luar biasa (baca HR. Bukhari no. 615 dan Muslim no. 437). Namun mengherankan, banyak orang yang tak mampu mengerjakannya karena lelah, ngantuk, atau pengen jalan-jalan.

Melalui postingan tanya jawab singkat ini, penulis ingin menyampaikan kabar seputar berapa rakaat sholat isya yang disyariatkan oleh Agama. Tentu data kami lengkapi dengan dalil terpercaya.

Berapa Rakaat Sholat Isya ?

Jumlah rakaat sholat Isya adalah 4 (empat) rakaat. Waktu pelaksanaannya dimulai jika telah hilang sinar merah di langit.

Adapun batas akhir dari shalat Isya, ada terdapat perbedaan pendapat.

  • Pertama, batas akhirnya adalah sepertiga malam. (Pendapat Imam Syafi’i dalam al Qoul Jadid, Abu Hanifah).
  • Kedua, batas akhirnya ialah setengah malam. (Pendapat Sufyan Ats Tsauri, Mazhab Hanafi dan Ibnu Hazm).
  • Ketiga, batas akhirnya yakni ketika terbit fajar shodiq / sebelum shalat subuh. (Pendapat ‘Atho’, ‘Ikrimah, Dawud Adz Dzohiri).

Adapun dalil jumlah rokaat sholat isya itu empat rokaat adalah sebagai berikut.

عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ شَكَا أَهْلُ الْكُوفَةِ سَعْدًا إِلَى عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فَعَزَلَهُ وَاسْتَعْمَلَ عَلَيْهِمْ عَمَّارًا فَشَكَوْا حَتَّى ذَكَرُوا أَنَّهُ لَا يُحْسِنُ يُصَلِّي فَأَرْسَلَ إِلَيْهِ فَقَالَ يَا أَبَا إِسْحَاقَ إِنَّ هَؤُلَاءِ يَزْعُمُونَ أَنَّكَ لَا تُحْسِنُ تُصَلِّي قَالَ أَبُو إِسْحَاقَ أَمَّا أَنَا وَاللَّهِ فَإِنِّي كُنْتُ أُصَلِّي بِهِمْ صَلَاةَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا أَخْرِمُ عَنْهَا أُصَلِّي صَلَاةَ الْعِشَاءِ فَأَرْكُدُ فِي الْأُولَيَيْنِ وَأُخِفُّ فِي الْأُخْرَيَيْنِ

Baca Juga :  Perbedaan Infak dan Sedekah Lengkap

Dari Jabir bin Samuroh beliau berkata: Ahlul Kufah mengadukan Sa’ad (bin Abi Waqqosh) radhiyallahu anhu kepada Umar radhiyallahu anhu, maka Umar melepas jabatan itu (sebagai gubernur Kufah) dari Sa’d. Umar menggantikannya dengan Ammar.

Penduduk Kufah mengadukan keadaan Sa’ad bahkan menyebutkan bahwa Sa’ad tidak baik dalam sholatnya. Kemudian Umar mengutus orang kepada Sa’ad dan berkata: wahai Abu Ishaq (Sa’ad), sesungguhnya orang-orang ini mengaku bahwa engkau tidak baik dalam sholat.

Abu Ishaq (Sa’ad) menyatakan: Saya demi Allah telah melakukan sholat sebagaimana sholat Rasulullah shollallahu alaihi wasallam. Saya tidak menguranginya. Saya melakukan sholat Isya dengan memanjangkan bacaan di dua rokaat awal dan meringankan bacaan di dua rokaat akhir… (HR Bukhari)

Baca juga : Berapa Rakaat Sholat Subuh ?

Mengapa Kita Perlu Tahu Berapa Rakaat Sholat Isya ?

Ini bertujuan agar kita mengetahui secara pasti jumlah rokaatnya. Selain itu, semoga kita termotivasi untuk mengerjakan shalat isya. Semoga Allah selalu melimpahkan Hidayah-Nya kepada kita semua, aamiin.

Untuk menambah wawasan keilmuan, kamu disarankan untuk baca ceramah singkat tentang sholat.

Kesimpulan

Setelah tahu berapa rakaat sholat isya itu ada empat rokaat, maka tidak ada alasan lagi bagi kita lupa jumlah rokaat saat shalat. Menurut penulis, kita harus kuatkan niat shalat ada konsentrasi tidak buyar saat mendirikannya. Terimakasih.