doa sedekah

Doa Sedekah yang Bisa Membuat Rezeki Berkah

Doa sedekah telah dianjurkan Rasulullah SAW agar apa yang Anda berikan pada orang lain dengan niat ikhlas bisa memberikan manfaat untuk kehidupan diri sendiri dan penerima. Pasalnya, ada jenis sedekah yang menjadi haram, padahal hukum sedekah adalah sunah yang bisa bernilai pahala besar di sisi Allah SWT.

Hal ini  berlaku untuk jenis sedekah yang diberikan pada orang lain dengan niat yang kurang baik seperti riya’ atau pamer serta menyakiti hati si penerima.

Sedekah dengan niat yang ikhlas untuk meringankan musibah atau kesulitan hidup orang lain, insha allah akan mendapatkan pahala di sisi Allah SWT. Bahkan telah termaktub dalam firman Allah SWT di Al-Qur’an bahwa sedekah bisa menjauhkan diri dari segala keburukan. Allah SWT akan melipatgandakan harta orang yang ikhlas menafkahkannya di jalan kebaikan.

Supaya sedekah yang Anda berikan pada orang lain bisa memberikan manfaat yang luar biasa, pastikan selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT. Doa yang dibaca saat memberikan sedekah pada orang lain akan menjadi sumber berkah.

Doa sedekah di berbagai kesempatan yang perlu muslim pahami

Doa sedekah bisa dilakukan kapan saja sesuai dengan kondisi sedekah yang Anda berikan pada orang lain. Berikut kumpulan doa yang bisa Anda lafalkan saat memberi sedekah pada orang lain yang berhak menerima yaitu :

  1. Doa Sedekah kapan saja

رَبَّنَاتَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

“Rabbana taqobbal minna innaka antas sami’ul alim.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, terimalah dari kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

  1. Doa Shodaqoh saat Anda berada di perjalanan

Doa ini bisa diucapkan saat Anda tengah berada di perjalanan, lalu memberikan sedekah pada orang yang kesulitan selama menempuh perjalanan tersebut. Misalnya kaum fakir dan miskin yang ada di jalan. Berikut lantunan doa yang bisa Anda ucapkan agar harta yang diberikan pada sesama bisa berkah yaitu :

اِشْتَرَيْتُ سَلاَمَتِي وَسَلاَمَةَ مَنْ مَعِيَ وَمَا مَعِيَ وَمُخَلِّفِيْ بِهَذَا مِنَ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ

“Isytaraitu salamati wa salamata man ma’iya wa ma ma’iya wa mukhollifi bi hadza minallahi ‘azza wa jalla.”

Artinya: “Aku membeli keselamatanku dan keselamatan orang yang bersamaku, dan barang yang ada bersamaku serta orang-orang yang aku tinggalkan dengan sedekah ini dari Allah.”

  1. Doa untuk orang yang belum bisa bersedekah

Adakala setiap manusia memiliki ujian kesusahan masing-masing, termasuk Anda yang masih mengalami kekurangan harta. Niat sedekah sudah ada, tetapi tidak didukung kenyataan kelebihan harta bahkan kesulitan mencukupi kehidupan sendiri.

Berikut doa sedekah yang bisa dilantunkan untuk orang yang belum sanggup bersedekah yaitu :

“Allahumma sholli ‘ala muhammadin ‘abdika wa rasulika wa sholli ‘alal mu’minina wal mu’minati wal muslimina wal muslimati.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad SAW, hamba-Mu dan utusan-Mu, dan limpahkanlah rahmat kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, orang-orang muslim laki-laki dan perempuan.”

Doa sedekah yang dilafalkan saat Anda hendak memberi sebagian harta. Atau bahan pangan pada orang lain yang kesulitan akan memberikan manfaat dalam kehidupan.

Tidak hanya bentuk harta yang Anda berikan pada si penerima menjadi berkah, tetapi harta yang Anda miliki di rumah. Allah SWT akan melipatgandakan kekayaan yang berkah sehingga Anda bisa terbebas dari siksa neraka karena rasa syukur pada Pencipta.

Harta yang diberikan pada jalan kebaikan lebih bermanfaat dibandingkan harta yang ditumpuk untuk kepentingan diri sendiri.

Temukan informasi penting lainnya, hanya di Media Informasi Terkini, nexmedia.

Baca Juga :  Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri

Tinggalkan Balasan