contoh teks pidato singkat
steve jobs - contoh teks pidato - by : nexmedia

Contoh Teks Pidato Singkat Bahasa Indonesia

Contoh Teks Pidato Singkat – Pidato adalah kegiatan menyampaikan suatu gagasan di depan umum, bisa berbentuk pendapat mengenai suatu tema pembahasan tertentu. Menurut Kamus Besar Indonesia, pidato adalah pengungkapan pikiran di depan umum dalam bentuk kata-kata.

Agar pidato dapat disampaikan dengan baik, dibutuhkan naskah pidato yang matang. Hal ini sama seperti ingin menyampaikan ceramah, dimana penceramah memerlukan contoh teks ceramah.

Dibutuhkan persiapan dalam membuat naskah pidato, karena ini dapat memudahkan pekerjaan orator dalam menyampaikan maksud dari materi pidatonya. Sehingga isi naskah bisa dimengerti, sebab pidato disampaikan secara terstruktur dan terarah. Setidaknya, ada beberapa cara dalam membuat contoh teks pidato singkat bahasa Indonesia.

Contoh Teks Pidato Singkat : Unsur dalam Pidato

Membuat naskah pidato bagi pemula, rasanya seperti nan0-nano. Jika saat ini kamu sedang ditugaskan oleh guru di sekolah berupa PR membuat naskah pidato, kamu bisa terapkan tips di postingan ini, scroll terus ya.

Sebelum mulai menyusun naskah pidato, ada baiknya kamu mengenali ciri, fungsi, tujuan, kaidah kebahasaan dan struktur teks pidato singkat terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk memaksimalkan kualitas naskah pidato kamu, ya.

  • Fungsi Naskah Pidato
  1. Memudahkan komunikasi dalam suatu pekerjaan,
  2. Mengontrol situasi dalam suatu lembaga agar selalu kondusif,
  3. Menciptakan hubungan harmonis.

Disarankan untuk membuat teks pidato singkat yang bisa mempengaruhi psikologis para pendengar. Seperti mengingatkan audience untuk membersihkan hati dari kikir dengan sedekah, bisa disampaikan melalui kultum singkat tentang sedekah.

  • Tujuan Teks Pidato
  1. Mengajak orang lain agar mengikuti apa yang disampaikan orator,
  2. Memberikan informasi valid kepada orang lain di depan umum,
  3. Menginspirasi para audience untuk melakukan sesuatu.

Direkomendasikan untuk menyampaikan pidato dengan mimik dan nada yang jelas agar isi naskah bisa diterima oleh pendengar. Kamu sesekali bisa menambahkan beberapa unsur pendukung pidato seperti guyonan dan quotes.

  • Ciri-ciri Teks Pidato
  1. Memiliki tujuan yang jelas,
  2. Mengandung kebenaran,
  3. Ingin Menciptakan suasana kondusif,
  4. Pemilihan diksi yang benar.

Disarankan untuk memvalidasi isi teks yang telah disusun, baik kebenaran data dan pilihan katanya. Hindari isu-isu atau gosip yang bisa memperkeruh suasana audience di lingkungan kamu.

contoh teks pidato singkat
contoh teks pidato singkat 
  • Kaidah Kebahasaan Teks Pidato

  1. Mengandung kalimat aktif dan ajakan,
  2. Naskah pidato bersifat informatif dan padat makna,
  3. Menggunakan kosakata dalam bidang ilmu,
  4. Memperbanyak kata sinonim sebagai pengulangan dan penguatan,
  5. Berisi referensi terpercaya sebagai data pendukung naskah pidato.

Dianjurkan untuk membubuhi kalimat ajakan, bukan paksaan yang mendikte. Selain itu, perkaya dan perkuat data kamu dengan beragam referensi, lalu tuliskan pada teks pidato singkat dan sampaikan di depan publik agar terlihat meyakinkan.

  • Struktur Teks Pidato
  1. Pembuka : Salam pembuka pada pidato berisi tentang doa-doa dan ucapan syukur,
  2. Penghormatan : Menyapa audience dengan ucapan penghormatan,
  3. Memanjatkan Syukur : Mengajak pendengar untuk bersyukur atas perkumpulan ini,
  4. Isi pidato : Mengemukakan masalah, penyebab dan solusinya. Didukung oleh data valid dan relevan,
  5. Penutup : Mengakhiri sesi pidato dengan permohonan maaf dan salam.

Disarankan untuk menyusun contoh teks pidato berdasar tujuanmu, lalu lengkapi dengan data-data pendukung. Setelah itu, rumuskan metode penyampaian naskah pidato, apakah ingin menggunakan metode impromptu, manuskrip, memoriter, atau ekstrempore.

Secara ringkas, pengertian empat metode pidato ini adalah sebagai berikut :

  1. Metode Impromptu adalah pidato yang disampaikan secara spontan dalam sebuah acara. Ini sering dialami oleh pemateri cadangan, saat pemateri utama sedang berhalangan hadir.
  2. Metode Manuskrip adalah pidato yang kerjanya hanya membacakan naskah pidato dari awal sampai akhir. Biasanya, para petinggi sering melakukan ini depan umum, seperti presiden.
  3. Metode Memoriter adalah pidato yang dihapalkan tiap katanya, bahkan sampai ke tanda titik dan koma. Umumnya terjadi saat lomba pidato bahasa Indonesia di sekolah dan universitas.
  4. Metode Ekstrempore adalah pidato yang disampaikan dengan hanya menuliskan poin-poin utama dari naskah pidato. Ini sering dilakukan oleh profesional seperti dosen, motivator, komika dan lainnya.

Kamu bebas menggunakan metode manapun, yang penting kamu pede menggunakannya. Tapi, disarankan bagi pemula menggunakan metode manuskrip terlebih dahulu. Ini bertujuan agar orator bisa merasakan atmosfer berdiri di depan umum sambil menyampaikan aspirasinya melalui pidato.

Contoh Teks Pidato Singkat Bahasa Indonesia yang Menarik
Contoh Teks Pidato Singkat Bahasa Indonesia yang Menarik

Contoh Teks Pidato Singkat Bahasa Indonesia yang Menarik

Beberapa contoh teks pidato singkat di bawah ini ditulis sesuai dengan kaidah struktur naskah pidato. Kamu bisa gunakan contoh naskah ini untuk belajar berpidato, ya.

  • Pidato Singkat tentang Pendidikan di Masa Pandemi

Assalamu’alaikum wr. wb

Segala puji hanya milik Allah Taala, tiada lain melainkan hanya kepadaNya kita meminta perlindungan dan pertolongan. Izinkan saya pada kesempatan kali ini menyampaikan sebuah pidato tentang belajar di masa pandemi. Para hadirin yang berbahagia,

Sekolah daring di masa pandemi sangatlah membosankan. Pembelajaran menjadi serba terbatas, berteman pun terbatas, apalagi uang jajan pun sangat terbatas. Tak ada yang mengira covid 19 bisa eksis selama ini. Betapa kasihannya siswa, mereka sangat menderita dengan banyaknya tugas PR yang semakin menumpuk pada pembelajaran daring ini.

Kondisi ini diperparah dengan semakin rendahnya minat siswa untuk belajar. Mereka saat ini tumbuh sebagai anak introvert, kurang bergaul dan tak peduli kondisi masyarakat di sekitar lingkungan hidupnya.

Hadirin yang Berbahagia,

Jika hal ini terus dibiarkan, maka bangsa ini akan terancam. Sebab, para anak muda sang pemegang estafet, tak berdaya untuk melanjutkan perjuangan bangsa. Akibatnya, bangsa Indonesia semakin mundur pendidikannya, semakin mundur peradabannya dan semakin mundur nilai keluhurannya.

Diperlukan kerjasama yang apik antara pemerintah, sekolah, guru, masyarakat dan orangtua dalam memberikan pengawasan kepada siswa. Jika langkah ringan ini bisa menyatu, maka pendidikan jarak jauh di masa pandemi tetap bisa menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi. 

Inilah PR kita bersama, agar bagaimana anak-anak kita selamat dari kebodohan. Mari satukan langkah menuju peradaban Indonesia yang lebih baik, lebih maju dan lebih bermartabat.

Kiranya, inilah pidato singkat yang dapat saya sampaikan. Saya memohon maaf jika ada kesalahan.

Akhirul kalam, wassalamu’alaikum wr. wb.

  • Pidato Singkat tentang Kebersihan Rumah dan Lingkungan

Assalamu’alaikum wr. wb.

Di hari yang berbahagia ini, marilah kita panjatkan puja dan puji kita mensyukuri setiap nikmat yang Allah Taala berikan. Izinkan saya menyampaikan sebuah pidato singkat tentang kebersihan dan urgensinya mencegah penyebaran virus covid 19.

Pada dasarnya setiap agama apapun, sangat menjunjung tinggi kebersihan. Sebab, ia adalah sumber ketenangan. Bayangkan, jika sepulang dari kantor dengan kondisi otak dan badan yang kecapean, lalu melihat kondisi rumah kotor, bagaimanakah reaksinya? Tentu kesal dan marah.

Maka, penting sekali bagi kita semua menjaga kebersihan sejak dini. Mulailah dengan rutin membersihkan rumah dan lingkungan di sekitar Anda.

Jika Anda adalah seorang pelajar, mulailah menjaga kebersihan badan dengan cara rutin merawatnya. Jika Anda adalah orangtua, maka ajarkanlah arti penting kebersihan kepada anak dengan cara sering memberikan contoh dan teladan kepadanya. Contohnya, rutin membersihkan pekarangan rumah dan aliran got di lingkungan sekitar.

Terlebih di masa pandemi virus covid 19, kebersihan adalah hal mutlak yang harus terus dijaga. Sebab virus ini bisa membahayakan kita dan keluarga, maka dibutuhkan beberapa cara mencegah terpapar virus covid 19 dari rumah.

Para Hadirin yang Berbahagia,

Setidaknya, ada beberapa cara mudah mencegah penyebaran virus covid 19 ini, diantaranya :

  • Rutin mencuci tangan,
  • menjaga kebersihan lingkungan rumah,
  • memelihara daya tahan tubuh,
  • menyediakan obat-obatan,
  • produk disinfektan dan masker,
  • menerapkan pola hidup sehat,
  • Selalu menerapkan 3M dan protokol kesehatan.

Setelah kita berikhtiar, mari kita serahkan semuanya kepada Tuhan. Semoga kita selalu dilimpahkan kesehatan dan dijauhkan virus covid 19 dan dari segala bala bencana, aamiin. Kiranya, inilah pidato singkat tentang kebersihan yang bisa saya sampaikan. Salah dan khilaf, mohon dimaafkan. Terimakasih.

Fastabiqul Khairat, wassalamu’alaikum wr. wb.

  • Pidato Singkat tentang Agama dan Hikmah Virus Covid 19

Assalamu’alaikum wr. wb

Segala puji bagi Yang Mahakuasa Tuhan Seluruh Alam, semoga kita semua selalu diberikan kemudahan dalam menjalani kehidupan di masa pandemi virus covid 19 . Semoga sholawat dan keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Para Hadirin yang berbahagia, izinkan saya menyampaikan sebuah pidato singkat tentang agama dan pandangannya terhadap wabah virus covid 19.

Seiring merebaknya virus Covid 19, tentu membuat mayoritas orang merasa gelisah dan was-was. Namun demikian, sebagai umat Islam, pandemi virus covid 19 harus bisa dijadikan peluang menuai berbagai ibadah dan amal sholeh. Hendaknya, kita tidak hanya ibadah kepada Allah tetapi juga menyebarkan kebaikan terhadap sesama manusia.

Sebagai seorang muslim yang taat, di kala melihat saudaranya sedang sakit, hendaknya ia pun merasakan bagiannya. Sebab, seorang mukmin dengan mukmin lainnya seperti bangunan yang saling menguatkan satu dengan yang lain.

Artinya, jika ada saudara kita yang terpapar virus covid 19, hendaknya kita mengulurkan tangan sesuai kemampuan kita. Semoga dengan bantuan itu, ia menjadi bersemangat untuk melanjutkan roda kehidupannya.

Saudaraku yang Berbahagia,

Dengan kita menyaksikan banyaknya orang yang terpapar virus covid 19 ini, seyogyanya ada beberapa hikmah yang bisa kita petik, yakni :

  • Hendaknya menyadari bahwasanya semua ini adalah kuasa Allah,
  • Hendaknya semakin bertakwa kepada Allah Taala,
  • Hendaknya semakin ikhlas dalam beribadah,
  • Hendaknya semakin ingat terhadap kematian,
  • Hendaknya semakin meningkatkan kepedulian dan rasa kasih sayang,
  • Hendaknya semakin meningkatkan kebersihan diri dan lingkungan.

Semoga pandemi virus covid 19 ini segera Allah cabut dari dunia, sehingga kita tak perlu was-was lagi ketika ingin beribadah. Kiranya, inilah pidato singkat tentang agama yang bisa saya sampaikan. Jika ada kekurangan, saya memohon untuk dimaafkan.

Sekian dan terimakasih, wassalamu’alaikum wr. wb.

Semoga contoh teks pidato singkat ini bisa bermanfaat bagi kamu, ya. Kamu bisa mengembangkan contoh teks pidato ini sesuai kebutuhan, ya. Terimakasih.

Temukan informasi penting lainnya, hanya di nexmedia.

Pencarian Popularmembuat pidato manuskrip,pidato bahasa indonesia singkat
Baca Juga :  Contoh Sedekah yang Paling Utama

Tinggalkan Balasan