keajaiban sedekah rutin

Keajaiban Sedekah Rutin di Saat Sulit

Keajaiban sedekah rutin – Bersedekah merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah Taala. Sedekah yang paling mudah berupa berkata jujur, mudah bukan? Maka, nikmat yang mana lagi yang kau dustakan sampai masih malas bersedekah?

Tahukah kamu, meski hukum bersedekah adalah sunnah, tapi ia memiliki power yang sangat besar. Hingga memiliki keajaiban yang tak disangka-sangka bagi mereka yang rutin bersedekah setiap harinya.

Sedekah itu mudah, kok. Yang susah itu karena kita gak begitu yakin dengan keajaiban sedekah. Banyak sekali orang mendapat berkah sedekah, bro. Seperti kisah nyata hutang lunas karena sedekah, lulus cpns karena sedekah, dagangan laris karena sedekah dan lainnya.

Keajaiban Sedekah Rutin Setiap Hari

Tahukah kamu, saat kita bersedekah lalu mengharapkan keajaiban sedekah berupa permohonan yang dikabulkan untuk kenikmatan dunia itu adalah hal yang lumrah.

Ketika seseorang mengeluarkan infak dan sedekah lalu ia berharap agar lulus CPNS Kemenkumham, sebenarnya tidak mengapa. Waktu kita bersedekah lalu berharap agar suatu hari menduduki jabatan struktural dengan gajih yang diharapkan, juga tidak masalah. Agak nanggung aja sih, kenapa sekedar minta dunia saja?

Allah Taala berfirman dalam Quran Surah asy Syura ayat 20 :

مَنْ كَانَ يُرِيْدُ حَرْثَ الْاٰخِرَةِ نَزِدْ لَهٗ فِيْ حَرْثِهٖۚ وَمَنْ كَانَ يُرِيْدُ حَرْثَ الدُّنْيَا نُؤْتِهٖ مِنْهَاۙ وَمَا لَهٗ فِى الْاٰخِرَةِ مِنْ نَّصِيْبٍ

Barangsiapa menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya dan barangsiapa menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian darinya (keuntungan dunia), tetapi dia tidak akan mendapat bagian di akhirat.

Berdasar tafsir Kemenag RI, ayat ini menceritakan tentang seseorang yang beramal seperti sedekah untuk mengharap kehidupan akhirat dan dunia yang baik.

Baca juga : ceramah tentang sabar

Barang siapa yang sedekah lalu ia menghendaki keuntungan di akhirat atas amal shaleh itu dengan niat yang ikhlas, niscaya Allah akan tambahkan keuntungan itu baginya dengan melipatgandakan keuntungannya.

Baca Juga :  Kultum Singkat tentang Sedekah yang Menarik

Sebaliknya, siapapun yang sedekah seraya ia menghendaki keuntungan di dunia, kelak Allah akan berikan kepadanya sebagian dari hasil usahaNya itu berupa keuntungan dunia sesuai dengan kehendakNya, tapi sayangnya, dia tidak akan mendapat bagian di akhirat.

Penting sekali bagi kita untuk muhasabah diri, apa niat sedekah kita sampai hari ini? Apakah semata-mata berharap keajaiban sedekah untuk kehidupan dunia saja?

Berharap keajaiban sedekah berupa kekayaan, sah-sah saja. Tapi itu cukup untuk permulaan saja. Selebihnya, berusahalah untuk meluruskan niat sedekah dan ibadah apapun hanya untuk mencari ridho Allah Taala.

Baca juga : kultum tentang bersedekah

Lalu, Apa saja Keajaiban yang terjadi Jika Rutin Sedekah?

Keajaiban sedekah ini terbagi menjadi 2, keajaiban di dunia dan keajaiban di akhirat. Insya Allah kamu akan dapatkan beragam keajaiban ini bilamana niat sedekah kamu itu semata-mata untuk mencari ridho Allah dan istiqomah sedekah setiap hari.

  • Keajaiban Sedekah Rutin yang Diterima di Alam Dunia

Pertamasedekah bisa memanjangkan umur dan mencegah suul khatimah.

Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.”(HR. Thabrani).

Sedekah sangat erat hubungannya dengan silaturahmi. Inilah penyebab sedekah dapat memperpanjang usia seseorang. Rasulullah bersabda :

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Barangsiapa yang suka diluaskan rezekinya dan dipanjangkan (sisa) umurnya, maka sambunglah (tali) kerabatnya.” (HR. Bukhari)

Keduasedekah mampu membuka pintu rezeki.

وَاسْتَنْزِلُوا الرِّزْقَ بِالصَّدَقَةِ

Minta datangkan rejekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.” (HR Al-Baihaqi)

Ketiga, keajaiban sedekah rutin itu mampu melipatgandakan rezeki.

Dengan sedekah rutin yang kita lakukan, niscaya Allah akan melipatgandakan harta dari arah mana saja yang tidak pernah kita sangka-sangka.

Baca Juga :  Ceramah Singkat Tentang Sedekah di Bulan Ramadhan

Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir, seratus biji Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Surah Al Baqarah ayat 261)

Keempatsedekah mampu menjauhkan diri dari bala dan musibah.

Rasulullah bersabda :

بَاكِرُوا بِالصَّدَقَةِ، فَإِنَّ الْبَلاءَ لا يَتَخَطَّى الصَّدَقَةَ

Segeralah bersedekah karena sesungguhnya bala tidak bisa melangkahinya.” (HR Al-Baihaqi)

Kelima, sedekah mampu membuat hati tenang dan tentram.

Niat ikhlas saat memberi sedekah, memunculkan ketenangan bagi sang pemberi. Harta yang ia infakkan adalah wujud keimanannya, sehingga tidak merasa khawatir saat hartanya berkurang. Allah Taala berfirman pada Quran Surah al Baqarah 274 :

اَلَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ بِالَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً فَلَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ

Orang-orang yang menginfakkan hartanya malam dan siang hari (secara) sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.”

Keajaiban Sedekah Rutin dapat Membawa Berkah di Alam Akhirat

Keajaiban sedekah yang diterima di dunia seyogyanya dapat membantu kita untuk menggapai kebahagiaan di alam Baka. Sehingga, kita sangat perlu membiasakan diri untuk bersedekah setiap harinya agar meraih keajaiban sedekah di akhirat nanti.

  • Keajaiban Sedekah Rutin yang Diterima di Alam Akhirat

Pertama, sedekah yang ikhlas dapat menghadirkan ganjaran pahala berpilat ganda. Allah Taala berfirman dalam Quran Surah al Hadid ayat 18 :

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.”

Baca Juga :  Sedekah Subuh adalah Momentum Terbaik

Kedua, sedekah dapat menghapus dosa pelakunya.

تَصَدَّقُوْا وَلَوْ بِتَمْرَةٍ, فَإِنَّهَا تَسُدُّ مِنَ الْجَائِعِ وَ تُطْفِئُ الْخَطِيْئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ

Bersedekahlah kalian, meski hanya dengan sebiji kurma. Sebab, sedekah dapat memenuhi kebutuhan orang yang kelaparan, dan memadamkan kesalahan, sebagaimana air mampu memadamkan api.

Ketiga, keajaiban sedekah rutin itu dapat Menjauhkan Kita dari Api Neraka Jahannam.

اِجْعَلُوْا بَيْنَكُمْ وَ بَيْنَ النَّارِ حِجَابًا وَلَوْ بِشِقِّ التَّمْرِ

Buatlah penghalang antara dirimu dan api neraka walaupun hanya dengan separuh butir kurma.”

Keempat, sedekah dapat mengundang naungan Allah di Padang Mahsyar.

Rasulullah bersabda :

كُلُّ امْرِئٍ فِي ظِلِّ صَدَقَتِهِ حَتَّى يُفْصَلَ بَيْنَ النَّاسِ

Setiap orang akan berada di bawah naungan sedekahnya, hingga diputuskannya perkara-perkara di antara manusia.

Kelimapahala sedekah dapat terus mengalir kepada pelakunya.

إِنَّ مِمَّا يَلْحَقُ الْمُؤْمِنُ مِنْ عَمَلِهِ وَ حَسَنَاتِهِ بَعْدَ مَوْتِهِ –وَ ذَكَرَ مِنْ ذَلِكَ- وَ مُصْحَفًا وَرَّثَهُ أَوْ مَسْجِدًا بَنَاهُ أَوْ بَيْتًا لابْنِ السَّبِيْلِ بَنَاهُ أَوْ نَهَرًا أَجْرَاهُ أَوْ صَدَقَةً أَخْرَجَهَا مِنْ مَالِهِ فِي صِحَتِهِ وَ حَيَاتِهِ يَلْحَقَهُ بَعْدَ مَوْتِهِ

Pahala amalan dan kebaikan yang bakal menghampiri seorang mukmin sepeninggalnya –-beliau menyebutkan di antaranya–, 

  • mushaf yang ia tinggalkan,
  • masjid yang ia bangun,
  • rumah untuk orang yang dalam perjalanan yang ia bangun,
  • sungai yang ia alirkan,
  • atau sedekah yang ia keluarkan dari hartanya di kala sehat dan hidupnya,

maka ia akan bakal menghampirinya sepeninggalnya.

Dengan beragam keajaiban sedekah rutin ini, harusnya kita bersemangat untuk bersedekah, ya. Jadikan sedekah sebagai tabungan akhirat yang kelak memberatkan amal kebaikan kita. Semoga kita semua selamat dunia akhirat, dijauhkan dari sifat kikir, hasad dan syuh. Aamiin.

Temukan informasi penting lainnya, hanya di Media Informasi Terkini, Nexmedia.