manfaat sedekah subuh

Manfaat Sedekah Subuh dan Dampaknya

Manfaat Sedekah Subuh – Tahukah kamu, mengapa kita harus membiasakan gemar bersedekah? Bersedekah adalah memberikan sebagian harta kita kepada orang lain. Lalu kepada siapa kita bersedekah? Apakah semua pengemis di jalan raya itu semuanya berhak menerima sedekah?

Agar kita mendapat pahala dan keutamaan sedekah secara maksimal, kita harus menyesuaikan dalil tentang sedekah, baik dalil dari ayat maupun hadist. Dengan begitu, setiap kali kita bersedekah, selalu tepat sasaran.

Nah, pada kesempatan ini kita akan sebutkan manfaat sedekah dan keajaiban sedekah rutin agar kita gemar bersedekah. Semoga kebiasaan baik ini tumbuh menjadi sedekah jariyah yang kelak menyelamatkan kehidupan dunia dan akhirat kita, aamiin.

Manfaat Sedekah Subuh agar Sukses Dunia Akhirat

Kita semua tahu bahwa tujuan diperintahkannya infak dan sedekah adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah Taala. Terbayang gak sih, jika sudah dekat dengan Allah Taala? Bukankah peluang jaminan selamat dunia akhirat itu akan lebih besar?

Pernah gak sih kamu dekat dengan bossmu di kantor. Karena kinerja kerja kamu di kantor itu bagus, berkualitas dan selalu bertanggungjawab dengan tugasmu, maka kamu pun sangat disukai oleh bossmu.

Baca juga : Hadist tentang Sedekah Lengkap

Bukankah saat kita dekat dengan boss itu bisa lebih mudah mengucapkan bahkan meminta sesuatu? Lalu, bagaimana jika sudah dekat dengan Allah Taala, bukankah setiap doa akan mudah dikabulkan? Sungguh, sedekah ini adalah cara mudah mendekatkan diri pada-Nya. 

  • Malaikat akan Mendoakan Kebaikan dan Keberkahan

Sedekah di waktu fajar mungkin agak berat untuk kita, bukan begitu? Karena bagi kita-kita yang suka begadang lalu bangunnya suka kesiangan, tentu sering melewatkan kesempatan untuk mendapat manfaat sedekah subuh. 

Baca Juga :  Makna Cinta Sejati yang Jarang Diketahui hingga Memakan Korban

Agar bisa selamat dunia akhirat, yuk mulai kurangi main game online hingga larut malam. Niat dalam hati untuk bangun pagi, shalat subuh berjamaah dan bersedekah, agar mendapat manfaat sedekah subuh.

Baca juga : pidato tentang hari kiamat

Terkait manfaat sedekah di waktu fajar, diriwayatkah oleh Abu Hurairah, Rasulullah bersabda :

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata: ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah.’ Malaikat yang satu berkata: ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca juga : ceramah tentang sedekah yang paling utama

Apakah bersedekah subuh mesti di masjid? Yuk simak beberapa alasannya berikut ini :

  1. Memperoleh pahala shalat berjamaah 27 derajat lebih banyak dibandingkan shalat sendirian
  2. Masjid adalah tempat utama mulia dalam melaksanakan ibadah
  3. Saling berlomba dalam kebaikan (fastabiqul khairat) dalam hal ini sedekah subuh rutin
  4. Menjaga silaturahmi dan mendapat pahala silaturahmi
  5. Setiap langkah kita ke masjid, semoga dinilai pahala oleh Allah Taala.

Banyak bukan? Tidakkah kamu ingin mencoba beragam manfaat sedekah diatas pada besok pagi?

Namun, jika ternyata memang kamu tak sempat menuai manfaat sedekah itu, karena sering bangun kesiangan atau sedang haid, maka kamu bisa lakukan cara sedekah subuh di rumah, pelajari caranya disini

  • Cara Menghapus Dosa yang Efektif

Tahukah kamu, kalau manfaat bersedekah itu adalah dapat menghapus dosa? Kita adalah manusia, makhluk Tuhan yang sering lalai terhadap setiap perintah-Nya dan lebih sering bermaksiat kepada-Nya.

Baca Juga :  Iman kepada Qadha dan Qadar

Dosa adalah penghalang kehidupan yang berkah, bro. Jika kamu merasa bahwa banyak doa yang tak kunjung dikabulkan, itu bisa saja diakibatkan banyak dosa dalam diri kita. Maka segera hapus dosa dengan taubat, istighfar, berusaha tidak mengulangi kesalahan yang sama, dan ditambah dengan banyak memberi sedekah.

Terkait manfaat bersedekah berupa dosa yang diampuni, Rasulullah bersabda : 

تَصَدَّقُوْا وَلَوْ بِتَمْرَةٍ, فَإِنَّهَا تَسُدُّ مِنَ الْجَائِعِ وَ تُطْفِئُ الْخَطِيْئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ

“Bersedekahlah kalian, meski hanya dengan sebiji kurma. Sebab, sedekah dapat memenuhi kebutuhan orang yang kelaparan, dan memadamkan kesalahan (dosa), sebagaimana air mampu memadamkan api.”

Setelah ini, kamu bisa lakukan sedekah yang paling utama kepada orangtua, keluarga, tetangga, fakir miskin, anak yatim, ibnu sabil dan masjid untuk memakmurkan kegiatannya.

Meski hukum asal sedekah adalah sunnah, tapi bersedekah dapat mendongkrak pahala ibadah wajib, bro. Mari kita bersedekah sesuai dengan kemampuan masing-masing. Tak perlu banyak, yang penting sering bersedekah, rutin.

  • Mendapat Naungan Allah dan Dijauhkan dari Neraka

Pernahkah kamu mendengar suatu peristiwa di padang Mahsyar? Singkatnya, pada hari itu manusia akan dikumpulkan untuk dinampakkan amalannya saat di dunia. Tak ada satu pun yang berpakaian. Yang lebih mengerikannya, matahari akan didekatkan kepada manusia sekitar 1 mil, pasti itu panas banget.

Pada waktu itu, tak ada naungan apapun, sudah pasti manusia akan mengeluarkan keringat sangat banyak. Namun ada beberapa golongan manusia yang mendapat naungan Allah di Padang Mahsyar, salah satunya adalah dia yang saat di dunia gemar bersedekah.

Manfaat sedekah ini harus kita dapatkan. Tanyakan dalam diri kita, sudahkah kita rutin bersedekah di dunia? Terkait peristiwa ini, Rasulullah bersabda : 

Baca Juga :  Keutamaan Sedekah Anak Yatim yang Jarang Orang Ketahui

كُلُّ امْرِئٍ فِي ظِلِّ صَدَقَتِهِ حَتَّى يُفْصَلَ بَيْنَ النَّاسِ أَوْ قَالَ: يُحْكَمَ بَيْنَ النَّاسِ

“Tiap insan akan berada dibawah naungan sedekahnya, sampai dipisah antara sesama insan. Atau beliau mengatakan; ‘Sampai dihukumi manusia”. (HR. Ahmad)

Yuk, gemar bersedekah. Berapapun yang kamu punya, bersedekah sebagian harta di jalan Allah Taala, sungguh banyak keberkahannya, bro.

Salah satu dinding yang akan membatasi kita dari api neraka adalah sedekah. Rasulullah bersabda :

اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ

“Hindarilah api neraka walaupun dengan bersedekah hanya separuh buah kurma.” (HR. Muslim)

Berapapun sedekah yang bisa kita lakukan, itu dapat menghalangi kita dari api neraka. Mari bersedekah dan jangan sampai kita menahan diri untuk mendapat manfaat sedekah subuh. Karena yang kita keluarkan itu tidak seberapa. Berapapun sedekah yang kita keluarkan, insyaAllah dapat menjaga kita dari api neraka. aamiin.

Manfaat Sedekah Subuh Membawa Berkah

Temukan informasi penting lainnya, hanya di Media Informasi Terkini, Nexmedia.

Tinggalkan Balasan