Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri

Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri

Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri – Kamu tentu sudah mengetahui bahwa hukum mengeluarkan infak atau sedekah adalah sunnah. Dengan infak dan sedekah, kita berbagi. Dengannya pula, kita bisa membantu dan saling silaturahmi. Sungguh momentum yang membahagiakan dimana kita dapat menolong sesama.

Kamu pun pasti sudah hafal kalau berinfak dan bersedekah adalah sebagai bukti rasa syukur kita kepada Allah Taala, atas segala nikmat yang Dia berikan. Semakin sering kita sedekah, niscaya rezeki semakin bertambah.

Alangkah indahnya hidup jika kita saling membantu. Namun, terkadang ada sebagian kita yang tak sempat bersedekah di waktu fajar lantaran bangunnya kesiangan. Jika itu terjadi, maka kamu bisa gunakan cara sedekah subuh online dari rumah.

Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri dengan Mudah

“Kenapa harus dengan sedekah subuh sih? Bukannya bersedekah itu bebas kapan saja waktunya? Kan repot, kalau harus bangun subuh-subuh cuman buat bersedekah doang?”

Jika sempat muncul di benakmu ucapan demikian, kamu bisa pelajari keutamaan sedekah subuh dibandingkan waktu lainnya ya.

Cara sedekah subuh dari rumah sangatlah mudah. Di era teknologi canggih seperti sekarang ini, bersedekah dapat dilakukan dengan beragam cara.

Namun, sebelum kamu melakukan sedekah subuh, hendaknya untuk sudah mengetahui siapa orang yang berhak menerimanya. Kamu bisa memulai bersedekah kepada orang terdekat terlebih dahulu.

Rasulullah Bersabda, 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ:  قِيلَ يَا رَسُولَ اَللَّهِ : أَيُّ اَلصَّدَقَةِ أَفْضَلُ? قَالَ: جُهْدُ اَلْمُقِلِّ، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُولُ

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah saw pernah ditanya: “Wahai Rasulullah saw, sedekah apakah yang paling mulia? Beliau menjawab: “sedekah orang yang tak punya, dan mulailah (bersedekah) atas orang yang banyak tanggungannya.”

Pertama, Sedekah Subuh kepada Tetangga

Menyuguhkan kopi susu atau teh hangat ditemani oleh potong kue adalah sedekah subuh yang mudah. Jika ingin lebih memuliakan tamu, kamu bisa memberikan makanan yang ia suka. Apakah ini berlebihan? Hendaknya kita bersedekah sesuai dengan kemampuan.

Ada dua jenis pahala yang akan kita dapatkan. Pertama, pahala sedekah subuh. Kedua, pahala silaturahmi. Bukankah hal ini menjadi timbangan amal kebajikan kita semakin berat dan bertambah?

Yuk Bersedekah

Kedua, Sedekah Subuh kepada Keluarga

Kita pasti berharap agar setiap sanak saudara dan keluarga menjadi keluarga yang mapan. Namun, realita terkadang tak sesuai keinginan. Barangkali ada saja diantara keluarga kita yang tergolong miskin.

Jika kita sedang memiliki kelapangan harta, bantulah kebutuhan hidup mereka. Belikan mereka pakaian terbaik, peralatan sholat terbaru agar mereka rajin beribadah. Tahukah kamu jika pakaian tersebut dipakai untuk sholat, pahala shalatnya niscaya mengalir kepadamu. Ini dinamakan sebagai sedekah jariyah.

Jika sedang kelebihan bahan makanan, berbagilah, undanglah ia ke rumah setelah shalat subuh. Barangkali dalam setahun terakhir ini, mereka belum pernah mencicipi makanan yang enak-enak. Setiap tenaga yang dihasilkan dari makanan yang kita sedekahkan, niscaya menjadi ladang pahala. Tidakkah kamu ingin mencobanya pada esok hari?

Ketiga, Sedekah Subuh kepada Lembaga Sosial dan Peribadatan

Jika kita tak sempat datang ke panti asuhan anak yatim, kita bisa mendermakan sebagian harta melalui aplikasi sedekah online.

Sedekah subuh dengan cara ini sangatlah mudah. Kamu cukup download aplikasi tersebut melalui PlayStore atau AppStore. Gunakanlah platform sedekah dan donasi terpercaya, seperti Lazismu.

Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri
Foto : lazismu

Aplikasi donasi infak ini memuat opsi bersedekah ke tempat sosial dan peribadahan. Kamu tinggal pilih tujuan sedekah subuh yang tersedia. Inilah contoh donasi di tempat terpercaya.

Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri

Kamu pun juga bisa bersedekah di platform lainnya seperti Kita Bisa, Dompet Dhuafa, dan Baznas. Apapun aplikasi yang kamu gunakan, rutinlah dalah bersedekah semampu kita. Semoga apa yang kamu usahakan menjadi berkah, bertambah dan melimpah.

Baca Juga :  Ceramah Singkat Tentang Bersyukur : Manfaat Syukur Bagi Manusia

Segera Sedekah, Jangan Menundanya

Sedekah subuh hendaknya diamalkan secara kontinu, meski hanya dengan sebungkus kerupuk atau sapaan salam dibarengi senyuman. Jika istiqomah mengamalkannya, niscaya keberkahan berupa pahala yang berlipat ganda siap menopang kehidupan kita, menyelamatkan diri kita dari api neraka.

Ada suatu kisah dalam alquran yang menceritakan penyesalan orang yang tak sempat bersedekah. Peristiwa ini digambarkan pada Quran surah al Munafiqun ayat 10, Allah Taala berfirman :

وَاَنْفِقُوْا مِنْ مَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ اَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُوْلَ رَبِّ لَوْلَآ اَخَّرْتَنِيْٓ اِلٰٓى اَجَلٍ قَرِيْبٍۚ فَاَصَّدَّقَ وَاَكُنْ مِّنَ الصّٰلِحِيْنَ

“Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.”

Kita memohon pertolongan kepada Allah agar selalu istiqamah bersedekah subuh hingga akhir hayat nanti. Ringan hati membantu kesulitan orang lain dan bisa menebarkan kebaikan dimana pun kita berada. Semoga segala amal ibadah kita diterima di sisi-Nya.

Kita pun juga meminta perlindungan kepada Allah agar tidak termasuk dari hamba-Nya yang kikir dan terlalu mencintai harta dan gemerlap dunia. Aamiin.

Cara Sedekah Subuh di Rumah beserta Contohnya

Temukan informasi penting lainnya, hanya di Media Informasi Terkini, Nexmedia.

Pencarian PopularCara sedekah subuh di rumah,cara sedekah subuh di rumah sendiri

Tinggalkan Balasan