hikmah sedekah

Hikmah Sedekah Ini Tidak Boleh Diabaikan

Hikmah sedekah – Sedekah merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan setiap muslim demi mensucikan harta yang dimiliki. Harta merupakan titipan dari Allah SWT yang harus digunakan di jalan kebaikan demi memberikan manfaat dalam kehidupan Anda.

Tidak akan berkurang harta anak Adam bila diberikan di jalan Allah SWT, mungkin Anda sudah sering mendengar petuah tersebut. Tidak hanya bisa memberi manfaat pada orang lain yang menerima sedekah, tetapi hikmah sedekah akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih pandai bersyukur.

Hikmah Sedekah dan Manfaatnya dalam Kehidupan

Hikmah sedekah bisa memberi manfaat untuk kehidupan Anda sebagai muslim yang taat. Berikut 7 hikmah yang bisa membuat hidup Anda lebih bermakna berikut :

1. Sedekah bisa Mempertebal Iman

Sedekah bisa memperkuat iman Anda setiap hari sehingga hilangkan keraguan untuk memulai sedekah tersebut. Bila Anda masih kesulitan melakukan sedekah dalam bentuk harta setiap hari, mulai tata sikap dengan mengulum senyum dan mengucapkan terima kasih sebagai bentuk sedekah paling mudah.

Baca juga : kultum sedekah

Saat seseorang berniat dan mengerjakan sedekah secara ikhlas, secara tidak langsung ia telah membuktikan keimanannya. Jika amal baik ini rutin dikerjakan, dapat meningkatkan kualitas iman seseorang, meski nilai sedekahnya kecil.

مَنْ أَنْفَقَ نَفَقَةً فِي سَبِيلِ اللَّهِ كُتِبَتْ لَهُ بِسَبْعِ مِائَةِ ضِعْفٍ

Barang siapa menginfakkan sesuatu di jalan Allah, ditulis untuknya 700 kali lipat.” [Hr. At Tirmidzi]

Ketika seseorang telah terbiasa sedekah, penting baginya menjaga kemurnian niat dan menjauhkan dirinya dari kemaksiatan.

Baca juga : cara sedekah subuh 40 hari

Kata Bang Haji Rhoma Irama, jangan menjadi orang yang suka gali lobang tutup lobang. Maknanya, hari ini banyak bersedekah, besoknya ia bermaksiat pada Allah. Seakan-akan sedekah itu menjadi sia-sia sebab tidak istiqomah menjaga iman.

baca juga : Rukun Sedekah

2. Sedekah Meningkatkan Sikap Sosial

Sedekah yang Anda berikan secara rutin bisa meningkatkan sikap sosial yang peduli kesusahan orang lain. Anda akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih empati bila ada saudara sesama muslim, bahkan saudara sebangsa dan setanah air yang dilanda musibah.

Baca Juga :  Sedekah Bumi menurut Islam yang Perlu Diketahui

Membantu sesama dalam agama sangatlah dianjurkan. Bahkan, banyak ditemukan dalil dari ayat dan hadits yang memerintahkan untuk saling membantu dalam kebaikan.

Namun, hendaknya tidak asal-asalan dalam membantu orang lain, harus tepat sasaran. Jangan malah membantu orang dalam kejahatan, seperti kasus suap menyuap. Kita mesti merujuk pada firman Allah Taala mengenai batasan “memberi bantuan” kepada sesama. Allah berfirman dalam Quran Surah al Maidah ayat 2 : 

وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖ

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan.”

Dengan senantiasa mengamalkan ayat tentang tolong menolong ini, jalinan kasih dan silaturahmi akan terbangun. Selain itu, orang yang gemar meringankan beban hidup orang lain, niscaya ia akan diringankan beban hidupnya oleh Allah Taala. Rasulullah bersabda :

اللهُ فىِ عَوْنِ اْلعَبْدِ مَا كَانَ اْلعَبْدُ فىِ عَوْنِ أَخِيْهِ

“Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya, selama hamba tersebut menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

3. Sedekah Menjauhkan Diri dari Sikap Kikir

Sikap kikir dan mencintai harga yang titipan sementara bisa dicegah dengan sedekah. Hikmah sedekah akan membantu Anda menjadi pribadi yang lebih bersyukur dalam menjalani kehidupan di dunia fana ini.

Sebagai seorang Muslim, mesti menjadi orang yang dermawan kepada sesama. Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi)

Hadits ini mengingatkan agar tidak pelit dan bakhil, sebab itu adalah akhlak yang buruk dan bukanlah akhlak seorang mukmin sejati. Sifat suka meminta-minta juga tidak termasuk ciri seorang mukmin. Justru,seorang mukmin itu harus gemar memberi sedekah.

Baca Juga :  Hukum Asal Sedekah adalah Sunnah, Bisa Jadi Haram

4. Sedekah Bisa Menyembuhkan Penyakit

Seperti sabda Rasulullah SAW bahwa umat muslim wajib membentengi harta dengan zakat sesuai ketentuan agama, sedekah bisa menyembuhkan sakit dan doa bisa mencegah dari bencana. Rasulullah bersabda : 

قَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: حَصِّنُوا أَمْوَالَكُمْ بِالزَّكَاةِ وَدَاوَوْا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ وَأَعِدُّوْا لِلْبَلَاءِ الدُّعَاءَ

Nabi SAW bersabda, Jagalah harta-harta kalian dengan zakat, obatilah orang-orang sakit di antara kalian dengan shadaqah, dan bersiap-siaplah terhadap musibah dengan doa.” (HR. Imam Ath-Thabarani)

5. Shodaqoh Meringankan Sakitnya Sakaratul maut

Sakaratul maut akan dialami oleh setiap makhluk yang bernyawa sebagai jalan kematian menuju ke alam keabadian. Rasa sakit dan kepedihan menghadapi sakratul maut kelak bisa diringankan dengan sedekah yang Anda berikan.

Rasulullah bersabda : “Sedekah dari seorang Muslim meningkatkan (hartanya) di masa kehidupannya. Dan juga meringankan kepedihan saat maut (Sakaratul maut), dan melaluinya (sedekah) Allah menghilangkan perasaan sombong dan egois”

6. Shodaqoh Mengabulkan Doa dan Permintaan

Manfaat sedekah bisa mengabulkan doa dan permintaan seorang hamba yang menafkahkan harta, tenaga atau pikiran di jalan Allah SWT. Apalagi sedekah Jum’at yang memiliki keutamaan di sisi Allah SWT, maka doa-doa Anda bakal diijabah pada hari yang agung tersebut. Infaq dan sedekah pada hari tersebut sama seperti sedekah pada bulan Ramadhan dengan pahala berlipat, lho!

Selain itu, waktu fajar adalah momen dimana doa lebih cepat diijabah. Bahkan, orang yang rutin sedekah subuh bisa mendapatkan doa dari Malaikat. Sehingga, setiap doa yang dipanjatkan dapat dikabulkan lebih cepat. Rasulullah bersabda : 

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari, No. 1442)

Baca Juga :  Contoh Teks Ceramah Singkat beserta Strukturnya

7. Shodaqoh Bisa Mendapatkan lebih banyak Rezeki

Tahukah Anda bahwa harta yang disedekahkan di jalan Allah SWT akan mendapatkan pahala yang besar? Selain itu, harta Anda tidak akan berkurang, tetapi malah akan mendapatkan limpahan harta yang berkah dan berlipat ganda. Allah Taala berfirman : 

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya).” Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya” (QS. Saba’: 39).

Seseorang yang menyedekahkan harta di jalan Allah SWT akan semakin kaya dan semakin mempertebal rasa syukur. Semakin banyak harta yang diberikan Allah SWT, maka tidak menjadikan Anda sebagai orang yang tamak sehingga sedekah yang diberikan bisa berkali lipat.

Hikmah sedekah bisa memadamkan api kubur yang menyala dan memberikan naungan di hari kiamat kelak. Orang yang rajin bersedekah akan terhindar dari api neraka seperti yang disabdakan oleh Baginda Rasulullah SAW.

Selain itu, orang yang bersedekah di jalan Allah SWT dengan rasa yang ikhlas bukan karena ingin menonjol dan pamer pada orang lain, maka ia akan memiliki umur yang panjang sekaligus berkah. Mulai lakukan sedekah jariyah mulai sekarang agar pahala tidak terputus sampai Anda tiada kelak!

Temukan informasi penting lainnya, hanya di Media Informasi Terkini, Nexmedia.

Hikmah Sedekah dan Keutamaannya

Tinggalkan Balasan