Hadist tentang sedekah di bulan ramadhan

Hadist tentang Sedekah di Bulan Ramadhan

Hadist tentang Sedekah di Bulan Ramadhan – Tahukah kamu bahwa memberi sedekah atas dasar ikhlas untuk mencari ridho Allah Taala akan menghasilkan kebaikan? Bahkan, kebaikan itu bisa berkembang menjadi 10x sampai 700x lipat balasan kebaikan.

Banyak sekali hadits sedekah yang menunjukkan keutamaannya. Sungguh sangat disayangkan, apabila hari demi hari kita tidak bersedekah dan tidak menginfakkan sebagian harta di jalan Allah Taala. Rugi betul, boss.

Terlebih lagi jika sedekah pada bulan Ramadhan. Bayangkan, berapa ratus kali lipat pahala kebaikan daripada sedekah yang kita kerjakan. Sebagaimana yang kita ketahui, bulan Ramadhan adalah bulan dimana amal ibadah kita dilipat gandakan ganjaran pahalanya. Yuk, simak kumpulan hadits sedekah berikut ini agar kita gemar bersedekah.

Baca juga : ceramah ustad somad

Hadist tentang Sedekah di Bulan Ramadhan beserta Arabnya

Kita sebagai umat Islam yang bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rasulullah, sepatutnya tunduk dan patuh terhadap setiap perintah dan laranganNya.

Contoh tunduk dan patuh kepada perintah Allah adalah memaksimalkan sedekah pada bulan Ramadhan.

Dengan kita rutin sedekah pada bulan Ramadhan, maka potensi kita mendapat ampunan dan barokah dalam kehidupan menjadi semakin nyata. Bayangkan saja boss, betapa bahagianya jika dosa diampuni karena taubat dan rutin bersedekah!

Baca juga : Ceramah Singkat Tentang Ramadhan

Berdasar hadits sedekah yang shahih, jika kita rutin bersedekah niscaya akan menjadi pahala yang terus mengalir. Rasulullah bersabda :

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُولَهُ

Bila seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalannya terkecuali tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak sholeh.” (HR. Muslim no. 1631)

Seyogyanya, kita bijak terhadap hadist tentang sedekah ini. Sebab, umur ada batasnya. Jika tak dipersiapkan, maka celakalah kehidupan akhirat kita. Yuk sedekah. 

Baca juga : ceramah sedekah

Tahukah kamu bahwa sedekah itu dapat berbentuk materi dan non materi. Kamu bisa pelajari pengertian sedekah dan perbedaan infak dan sedekah di postingan lainnya ya.

Baca Juga :  Hukum Sedekah adalah Sunnah, Tapi Bisa Berubah

Agar kita termotivasi bersedekah secara kontinu di bulan ramadhan, berikut ini kami sampaikan kumpulan hadist tentang sedekah yang mesti diyakini dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : contoh pidato tentang zina

  • Hadits Sedekah Jariyah

Kamu tentu sudah populer dengan sebutan sedekah jariyah, bukan? Ya, sedekah jariyah adalah sedekah yang memiliki ganjaran dan pahala tanpa terputus meski orang yang memberi sedekah telah wafat. Ini disebabkan apa yang ia sedekahkan itu selalu dimanfaatkan oleh banyak orang. Contohnya membangun masjid di kampung.

Membangun masjid adalah sedekah yang sangat disarankan di bulan Ramadhan. Rasulullah menjanjikan sesuatu yang begitu indah jika ada yang menginfakkan sebagian hartanya di jalan Allah.

Rasulullah bersabda : 

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ بَنَى اللَّهُ لَهُ فِى الْجَنَّةِ مِثْلَهُ

Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga.” (HR. Bukhari no. 450).

  • Hadits Sedekah Menolak Bala

Tahukah kamu, jika kita rutin sedekah maka akan terhindar dari sesuatu yang dapat mengancam hidup. Bukankah kita selalu berharap agar dijauhkan dari bencana dan wabah penyakit? Maka, sedekah adalah salah satu cara menjauhkannya dari diri kita. Sebab kita telah menjauhi sifat tamak dan rakus harta. Rasulullah bersabda :

صَنَائِعُ الْمَعْرُوْفِ تَقِيْ مَصَارِعَ السُّوْءِ وَصَدَقَةُ السِّرِّ تُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ 

Perbuatan-perbuatan baik akan melindungi kita dari berbagai keburukan dan sedekah yang dilakukan sembunyi-sembunyi akan menghindarkan diri kita dari siksa Tuhan.” (HR. Thabarani)

Saling mengasihi di bulan Ramadhan adalah langkah awal mencegah seseorang jatuh ke dalam sifat iri yang berujung pada permusuhan. Jika orang kaya mau berbagi, tentu orang yang menerima donasi akan merasa senang. Yuk sedekah.

Baca juga : ceramah tentang sabar

  • Hadits Sedekah Senyum

Senyum yang tulus kepada sesama muslim dapat memberikan efek positif terhadap jalinan ukhuwah. Sebab, senyum dapat menghadirkan perasaan yang nyaman dan bahagia. Senyum termasuk dari sedekah non materi. Hal ini senada dengan sabda Rasulullah yang berbunyi :

تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

Baca Juga :  Apa yang Dimaksud dengan Hari Kiamat?

Senyummu di hadapan saudaramu adalah (bernilai) sedekah bagimu“ (HR. Tirmidzi)

Di bulan Ramadhan, kita akan menjadi lebih sering bertemu saudara seiman, setidaknya untuk shalat tarawih berjamaah. Jika setiap pertemuan diawali oleh saling sapa, salam dan senyum, tentu akan menghasilkan persaudaraan yang kuat. Secara tidak langsung, hal baik ini akan membuahkan pahala silaturahmi.

Hadist tentang Sedekah di Bulan Ramadhan Membawa Berkah

  • Hadits Sedekah tidak Mengurangi Harta

Menginfakkan harta di bulan Ramadhan adalah tindakan yang sangat mulia. Terlebih, jika diberikan kepada orang yang serba kekurangan. Secara zhahir, ketika uang disedekahkan, jumlah uang kita berkurang. Namun, hal itu akan ditutup dengan balasan pahala dan keberkahan dari sisi Allah Taala. Rasulullah bersabda :

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

Sedekah tidaklah mengurangi harta. (HR. Muslim)

Maka, menghitung-hitung dan menyimpan harta sebanyak mungkin adalah tindakan yang sia-sia. Harta adalah titipan yang mesti disedekahkan sebagiannya. Rasulullah memperingatkan kepada orang yang enggan bersedekah. Beliau bersabda :

لاَ تُوكِي فَيُوكى عَلَيْكِ

Janganlah engkau menyimpan harta (tanpa mensedekahkannya). Jika tidak, maka Allah akan menahan rizki untukmu.”

  • Hadits Sedekah Anak Yatim

Mengasuh anak yatim adalah tindakan yang sangat mulia. Sang pelaku bisa mendapat ganjaran pahala yang luar biasa, bahkan dijanjikan surga. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah yang berbunyi :

كَافِلُ الْيَتِيمِ لَهُ أَوْ لِغَيْرِهِ أَنَا وَهُوَ كَهَاتَيْنِ فِي الْجَنَّةِ وَأَشَارَ مَالِكٌ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى

Orang yang menanggung (mengasuh) anak yatim miliknya atau milik orang lain, aku dan dia seperti dua jari ini di surga.” Malik (perowi hadits) mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah.” (HR. Muslim)

Cara menyantuni anak yatim di bulan Ramadhan bisa dengan memberikannya pakaian shalat terbaik, memberikan makanan untuk mereka berbuka puasa, membeli keperluan hidup mereka sehari-hari dan memberikannya pendidikan ilmu agama yang baik.

  • Hadits Sedekah Air

Kita mengetahui bersama bahwa ada diantara saudara kita yang kesulitan mendapatkan air. Tak jarang, mereka harus menjadikan air keruh untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

Membangun saluran air atau menggali sumur adalah salah satu solusinya. Tapi hal itu membutuhkan modal yang cukup besar. Maka, gunakan donasi bersama-sama berupa sedekah online.

Baca Juga :  Sedekah Kepada Orang Tua dan Keajaibannya

Jika kita berhasil menyelesaikan kesulitan orang lain, maka kehidupan kita insya Allah akan jauh dari segala kesulitan. Selain itu, Rasulullah pahala sedekah akan terus mengalir kepada kita. Rasulullah bersabda : 

مَنْ حَفَرَ مَاءً لـَمْ تَشْرَبْ مِنْهُ كَبِدٌ حَرَّي مِنْ جِنٍّ وَلَا إِنْسٍ وَلَا طَائِرٍ إِلَّا آجَرَهُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Barang siapa yang menggali air (sumur), maka tidak minum darinya makhluk hidup baik jin, manusia dan burung kecuali Allah memberinya pahala pada hari kiamat” (HR Bukhari).

  • Hadits Sedekah Menghapus Dosa

Sedekah pada bulan Ramadhan sangat dianjurkan. Kita bisa memberi sedekah kepada fakir miskin yang kesulitan mencari bahan makanan untuk mereka bersahur dan berbuka. Agar sedekah dapat menghapus dosa, harus dilakukan dengan ikhlas.

Rasulullah bersabda :

إِنَّ الصَّدَقَةَ لَتُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ وَتَدْفَعُ مِيتَةَ السُّوءِ

Sedekah itu dapat memadamkan murka Allah dan mencegah dari keadaan mati yang jelek (su’ul khatimah),” (HR. Tirmidzi No. 664).

Contoh sedekah yang bisa kita lakukan adalah membagikan makanan ke tetangga. Makanan yang enak adalah rezeki dari Allah Taala. Seyogyanya, diberikan sebagiannya kepada tetangga yang barangkali jarang memakan makanan tersebut. Rasulullah mengancam orang yang pelit terhadap tetangganya, beliau bersabda :

لَيْسَ اْلمـُؤْمِنُ الَّذِى يَشْبَعُ وَ جَارُهُ جَائِعٌ

Bukanlah orang yang beriman yang ia sendiri kenyang sedangkan tetangga (yang di sebelah)nya kelaparan.” (HR. Bukhari).

Semoga kita menjadi orang yang ringan tangan dalam membantu kesulitan orang lain, aamiin. Hendaknya kita selalu mengingat pesan Allah Taala : “Intan surullah hayyan surkum, wayusabbit aqdaamakum” (QS. Muhammad ayat 7).

Dengan kita memahami makna dari setiap hadist tentang sedekah diatas, insya Allah akan membawa kita ke dalam keberkahan dan mendapat ampunan.

Semoga sedekah pada bulan Ramadhan ini dapat menjadikan kita lebih dekat lagi kepada Allah Taala, aamiin.

Temukan informasi penting lainnya, hanya di Media Informasi Terkini, Nexmedia.

Hadist tentang Sedekah Membawa Berkah

Tinggalkan Balasan