ceramah singkat tentang bersyukur

Ceramah Singkat Tentang Bersyukur : Manfaat Syukur Bagi Manusia

Ceramah singkat tentang bersyukur – Allah Taala menciptakan manusia untuk beribadah kepadaNya dengan sebaik-baiknya. Agar ibadah dan amal sholeh mereka bisa maksimal, maka Allah limpahkan kepada mereka beragam nikmat yang tak terhitung kadar dan nilainya.

Namun, banyak manusia yang lalai akan tugas pokoknya di dunia. Mayoritas mereka lupa untuk bersyukur karena terlalu sibuk dengan urusan dunia. Padahal, Allah Taala menjanjikan sesuatu yang sangat indah bagi orang yang bersyukur.

Diantaranya termaktub di dalam QS Ibrahim ayat 7 dan QS al Baqarah ayat 152. Cara bersyukur bisa dengan hati, lisan dan perbuatan.

Agar kita termasuk hambaNya yang pandai bersyukur, perlu kira mendengarkan ceramah singkat tentang syukur, agar memberikan banyak dampak positif. Salah satunya adalah meningkatkan rasa syukur dan ucapan terimakasih atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT.

Namun terlepas dari itu masih ada banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Ceramah Singkat Tentang Bersyukur : Cara Bersyukur

Kehidupan memang tidak bisa ditebak sama sekali bagaimana jalan kedepannya. Sebagai seorang umat hanya bisa berusaha dan berdoa saja. Namun, merasa bersyukur setiap saat dalam kondisi apapun juga menjadi hal penting. Berikut beberapa caranya.

Baca juga : contoh ceramah tentang sedekah

  1. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT tentu wajib Anda lakukan terutama bagi umat muslim. Pasalnya hal tersebut merupakan salah satu langkah untuk tetap bersyukur dalam kondisi apapun. Menyadari semua kenikmatan yang telah diberikan-Nya dalam hidup.

Dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT maka semua masalah ataupun kondisi yang terjadi tetap membuat Anda bersyukur. Pasalnya sang pencipta tak mungkin tidak memiliki alasan dalam menciptakan situasi. Sehingga, sebagai hamba-Nya tetap terus bersyukur.

Baca juga : ringkasan ceramah ustadz

  1. Kenali Diri Sendiri

Mengenali diri sendiri tentu perlu dilakukan saat Anda sedang mengalami masa sulit. Terutama dalam hal mengetahui kemampuan yang dimiliki. Pasalnya, setiap orang mempunyai jalan hidup yang berbeda-beda dan itu wajib disyukuri pastinya.

Salah satu cata untuk bisa terus bersyukur adalah mengenali diri sendiri. Dengan begitu Anda tidak akan menjadikan hidup orang lain sebagai hal yang seharusnya dijadikan patokan. Mengikuti atas semua yang telah diberikan merupakan faktor penting atas rasa syukur.

Baca juga : teks khutbah jumat

  1. Sadari Bahwa Anda Memiliki Mental dan Tekad Kuat

Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwasanya tidak semua orang memiliki mental dan tekat kuat. Jika Anda salah satu diantaranya yang dianugerahi hal tersebut, maka bersyukurlah. Karena rasa syukur bisa datang dari hal-hal kecil tidak melulu tentang fisik.

Baca Juga :  Cara Membuat Dokumen Baru dengan Mudah di Microsoft Office

Kemampuan seseorang serta perjalanan hidupnya tentu tidak bisa di sama ratakan. Itulah mengapa Anda tak perlu merasa iri terhadap hidup orang lain. Masing-masing hamba sudah pasti mempunyai nilai lebih dan sangat patut untuk disadari serta disyukuri.

Baca juga : contoh ceramah tentang zina

Ceramah Singkat Tentang Bersyukur : Manfaat Dan Pentingnya Bersyukur

Mendengarkan ceramah singkat tentang bersyukur tentu menjadi salah satu media pengingat betapa pentingnya bersyukur. Pasalnya, ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan tanpa disadari atas rasa syukur. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Hidup Dipenuhi Dengan Keberkahan

Mendapatkan keberkahan dari Allah SWT adalah salah satu hal yang selalu ingin dicapai oleh seluruh umat muslim. Dengan begitu, kehidupan akan menjadi lebih berarti dan merasa tenang. Sebab, faktor yang memengaruhi keberkahan adalah kurangnya rasa bersyukur.

Jadi bisa disimpulkan bahwa, salah satu cara untuk mendapatkan keberkahan Allah Awt adalah bersyukur atas segala kondisi. Hal tersebut bahkan sudah dijelas dalam QS. Luqman ayat 12. Itu merupakan manfaat yang tanpa Anda sadari akan didapatkan.

Baca juga : contoh teks ceramah singkat beserta strukturnya

  1. Terhindar Dari Berbagai Penyakit Hati

Manfaat selanjutnya yang akan didapatkan atas rasa syukur adalah terhindar dari berbagai macam penyakit hati. Seperti yang diketahui bahwa penyakit tersebut mampu menggangu kehidupan. Alhasil tidak akan mendapatkan ketenangan dalam diri.

Terus merasa kurang adalah salah satu penyebab munculnya penyakit hati. Mulai dari sombong, iri dengki dan masih banyak lagi. Untuk terhindar dari sifat buruk tersebut adalah dengan cara terus bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Baca juga : kita bersedekah sesuai dengan apa ? 

  1. Meningkatkan Keimanan

Manfaat berikutnya atas rasa syukur adalah mampu meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Pasalnya, merasa bahwa kehidupan hanyalah milik yang maha kuasa, dan bersyukur atas semua pemberian-Nya merupakan bentuk syukur dan cinta kepada-Nya.

Baca Juga :  Hadist tentang Sedekah di Bulan Ramadhan

Salah satu langkahnya adalah harus selalu merasa bahwa setiap orang tidak memiliki nasib seberuntung Anda. Melihat ke bawah tanpa merasa tinggi sekalipun. Bahkan hal ini telah dijelaskan oleh HR. Tarmidzi.

Baca juga : ceramah singkat tentang jujur

  1. Dijanjikan Atas Surga

Salah satu janji yang diberikan oleh Allah SWT terhadap umatnya atas rasa syukur adalah Surga. Tentu hal tersebut merupakan pencapaian yang diinginkan oleh semua umat muslim. Bersyukur menjadi salah satu langkah untuk Anda busa mendapatkan surga-Nya.

Bahkan pernyataan janji atas surga tersebut telah diabadikan lewat fiman Allah SWT. “Apabila Aku menguji hamba-Ku dengan kedua matanya, kemudian dia bersabar, maka akan Ku gantikan Surga baginya“. Hadits Riwayat Bukhari.

Baca juga : cara sedekah subuh 40 hari

  1. Mendapatkan Kenikmatan

Siapapun yang terus merasa bersyukur atas segala pemberian-Nya dan dalam kondisi apapun tak luput dari Nama-Nya, Maka Allah limpahkan kenikmatan. Begitulah janji sang pencipta kepada umatnya. Sehingga, bersyukur adalah salah satu jalan mendapatkan nikmat.

Setiap umat muslim pasti ingin hidup dengan penuh keberkahan dan kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT. Jalannya adalah terus merasa bersyukur atas segala kondisi. Pasalnya, salah satu penyebab hilangnya kenikmatan hidup adalah merasa kurang.

Baca juga : ibadah yang pertama kali dihisab di hari kiamat adalah

  1. Mendapatkan Ketenangan Dalam Hidup

Setiap orang yang terus merasa kurang, iri, tak pernah cukup niscaya tak akan ada kegenangan dalam hidupnya. Pasalnya, orang seperti itu akan gelisah atas kehidupannya. Bahkan, mencoba menghalalkan banyak cara agar mendapatkan keinginannya.

Tentu perbuatan seperti itu Allah SWT sangat melaknatnya. Salah satu cara untuk mendapatkan kenikmatan dan ketenangan hidup adalah dengan bersyukur. Bahkan Allah melimpahkan rezeki dan mencukupinya dengan keberkahan dan keridhaan-Nya.

Baca juga : berapa rakaat sholat isya

Ceramah Singkat Tentang Bersyukur : Contoh Bersyukur

Sebagai bentuk syukur atas nikmat Allah, hendaknya kita selalu memaksimalkan nikmat Allah itu untuk Ibadah. Ada beberapa cara dalam mengamalkan rasa syukur, diantaranya :

  • Mengerjakan perintah Allah

Iman dan Islam merupakan nikmat terbesar bagi seorang muslim. Menjaganya adalah suatu keharusan, dan cara menjaganya adalah dengan memaksimalkan ibadah dan amal sholeh. Contohnya, melaksanakan sholat subuh berjamaah dengan khusyuk dan sedekah subuh dengan niat lillahi Taala.

Baca Juga :  Ceramah Ustad Somad : Rangkuman Ceramah Singkat

Selain itu nikmat yang Allah berikan berupa nikmat yang bersifat dhohir seperti nikmat diberi dua mata, dua tangan, akal fikiran. Maka nikmat tersebut harus digunakan untuk memahami dan melihat kekuasaan dan keesaan Allah. Dengan begitu, motivasi kita dalam beribadah akan senantiasa bertambah.

Akibatnya, kita semakin gemar beribadah dan lebih mudah mendapat predikat takwa.

Baca juga : kultum tentang pentingnya akhlak

  • Menghindari larangan Allah

Ketika kita maksimal melaksanakan perintah Allah, seyogyanya larangan Allah akan terjauhi dari diri seorang muslim secara otomatis. Hal ini selaras dengan firman Allah QS. Al-Isra’ ayat 81.

“Dan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.”

Baca juga : hukum asal memberikan shadaqah bagi orang yang mampu adalah

  • Mengucapkan terima kasih kepada manusia

Dalam suatu hadits menyebutkan orang yang tidak pandai berterima kasih kepada manusia, maka ia tidak pandai mensyukuri nikmat dari Allah.

Siapa yang tidak mensyukuri manusia maka dia tidak mensyukuri Allah. (HR. Abu Daud dan At-Turmuzi).

Itulah tadi pembahasan mengenai ceramah singkat tentang bersyukur. Sebagai umat manusia tentu tak punya kendali atas kehidupan. Namun hakikatnya, menyadari bahwa banyak nikmat yang telah diberikan oleh sang pencipta. Salah satunya adalah dengan cara bersyukur.

Temukan informasi penting dan bermanfaat lainnya, hanya di Media Informasi Indonesia, Nexmedia.

ceramah singkat tentang bersyukur atas nikmat Allah

Tinggalkan Balasan