niat puasa sunnah senin kamis

Niat Puasa Sunnah Senin Kamis : Manfaat, Keutamaan dan Hikmahnya

Niat Puasa Sunnah Senin Kamis – Tidak semua muslim bisa disiplin dalam menjalankan amalan Sunnah dari Nabi yang sebenarnya mempunyai pahala berlimpah. Salah satu contoh amalan sunnah yang sangat dianjurkan ialah mengerjakan puasa senin kamis setiap minggunya.

Sungguh, amalan sunnah ini jika dikerjakan niscaya akan memberikan dampak luar biasa kepada pelakunya. Ada begitu banyak manfaat, keutamaan serta hikmah dari amalan sunnah kesukaan Nabi Muhammad ini. Bahkan, banyak orang mengamalkan amalan sunnah Nabi ini untuk meminta sesuatu seperti kesuksesan.

Bukankah saat ini kamu juga perlu sesuatu yang segera terwujud? mengapa tidak coba lakukan amalan sunnah nabi ini?

niat puasa sunnah senin kamis lengkap

Sebagai langkah awal, mempelajari niat puasa sunnah senin kamis menjadi salah satu cara terbaik sebelum mendisiplinkan diri melakukannya. Kali ini kita akan membahas bacaan niat puasa senin dan kamis lengkap beserta keutamaannya. Semoga pembahasan niat puasa sunnah ini bermanfaat, aamiin.

Disclaimer : Yaumul Isnain wal Khamis adalah Sinonim dari Hari Senin serta Kamis ya.

Niat Puasa Sunnah Senin Kamis Lengkap

Pada dasarnya untuk membaca niat sunnah ini sama saja seperti saum Ramadhan. Yakni mengucapkannya dalam hati bertekad melakukannya Insya Allah sudah diterima amalannya. Namun kembali lagi tetap lebih mantap jika membaca doanya. Puasa Sunnah senin & kamis sendiri merupakan amalan sunnah nan istimewa.

Hal tersebut karena amalan ini sering sekali dilakukan oleh Muhammad SAW. Cara melakukannya pun sama seperti saum Ramadhan hanya saja dilakukan setiap Yaumul Isnain wal Khamis. Dari Abu Hurairah radiyallahu anhu, Rasulullah SAW pernah bersabda :

“Pintu-pintu surga dibuka pada Senin dan Kamis. Semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia serta saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai” (HR Muslim).

Melihat hadist tersebut sudah bisa dipastikan bahwa melakukan sunnah ini bisa memberikan pahala yang melimpah serta menambah amalan harian Anda. Oleh karena itulah tidak ada salahnya mendisiplinkan diri melakukannya. Berikut bacaan niat puasa senin & kamis yang berbeda dengan saum ramadhan.

  • Bacaan Niat Puasa Senin dan Kamis

Berbeda dengan Saum Ramadhan, biasanya bacaan doa niat puasa senin & kamis dilakukan saat malam hari. Namun Anda juga bisa melakukannya saat fajar tiba, atau ketika menjelang sahur. Meskipun sunnah sebelum saum tetap disarankan menjalani sahur, berikut bacaan niat puasa sunnah ini.

Baca Juga :  Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri

niat puasa sunah senin kamis

Niat Puasa Sunnah Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latin : “Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa.”

Artinya: saya niat berpuasa Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Niat Puasa Sunnah Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latin : “Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa.”

Artinya: “saya niat berpuasa Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Setelah mengetahui bacaan doa-doanya tersebut Anda bisa mulai mengamalkannya. Hati-hati karena kedua niat tersebut berbeda meskipun sama-sama sunnah serta pelafalannya tidak berbeda keduanya. Selain niat, hati juga harus benar-benar ikhlas melakukannya karena Allah SWT, mencari amalan akhirat.

Baca juga : Niat Puasa Ramadhan yang Benar

  • Bacaan Niat Doa Buka Puasa Senin Kamis

Meskipun sunnah, puasa Yaumul Isnain wal Khamis juga memiliki bacaan doa untuk dilafalkan ketika berbuka. Menurut beberapa artikel melewatkan membaca doa-doa di bawah ini sangat disayangkan karena memang berpahala. Ada tiga pilihan doanya, pilih salah satunya saja dan berikut doa-doanya.

Doa Buka Puasa Senin dan Kamis Pertama

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Latin : “Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’ala rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.”

Artinya: “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah serta dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Doa Buka Puasa Senin Kamis Kedua

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Latin : “Dzahabazh Zama’u, Wabtalatil ‘Uruuqu wa Tsabatal Ajru, Insyaa Allah”

Artinya : “Telah hilang rasa haus serta urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insyaallah.”

Kedua doa tersebut tidak harus dibaca semuanya, hanya perlu melafalkan salah satunya sekiranya terasa mantap di hati. Untuk bacaan ketiga mirip dengan doa nan dilafalkan ketika Muhammad SAW berbuka, biasanya dibaca saat saum Ramadhan tetapi tak masalah membacanya.

Baca Juga :  Sedekah Kepada Orang Tua dan Keajaibannya

Baca juga : teks khutbah jumat singkat yang membuat jamaahnya menangis

  • Keutamaan Puasa Senin dan Kamis

Sebagai orang muslim kebanyakan dari mereka pasti sudah paham benar pahala melakukan puasa Yaumul Isnain wal Khamis. Bahkan ketika melakukannya ada keutamaan yang dirasakan atau didapatkan. Tidak main-main, karena amalan sunnah tersebut bisa menghapus dosa-dosa. Biar lebih termotivasi melakukan puasa sunnah senin atau kamis, berikut beberapa keutamaannya.

niat puasa sunnah senin kamis paling lengkap

Senin dan Kamis adalah Hari Ketika Amal para Hamba Diperiksa

Nabi Muhammad SAW sering melakukan puasa pada Yaumul Isnain wal Khamis sebagai contoh umatnya sehingga bisa diikuti karena mempunyai keutamaan. Salah satunya adalah ketika hari itulah dimana amal-amal pada umat muslim akan dilaporkan serta diperiksa oleh Allah SWT.

Sesuai dengan hadits riwayat Tirmidzi dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda : “Amal-amal perbuatan itu diajukan (diaudit) pada Yaumul Isnain wal Khamis. Oleh karena itu aku ingin amal perbuatanku diajukan (diaudit) pada saat aku sedang puasa.” (HR Tirmidzi)

Dengan melakukan saum dimana hari amalan diperhitungkan, tentunya menjadi bonus tersendiri. Sedangkan saum bisa menjadikan seseorang bertakwa karena mampu membatasi dirinya dari segala dosa dan maksiat yang membatalkan puasa. Tidak ubahnya seperti saum ramadhan.

Baca juga : teks ceramah singkat

Hari dimana Dibukanya Pintu-pintu Surga

Setiap tahunnya, Allah SWT mempunyai waktu khusus membukakan pintu surga yaitu Ramadhan. Namun ternyata mengingat Allah Maha Pemurah, setiap pekan Allah juga akan membukanya pada hari isnain wal khamis. Mari simak penjelasan hadits berikut.

“Pintu-pintu surga dibuka pada Senin dan Kamis. Diampuni dalam kedua hari itu setiap hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, kecuali orang yang di antaranya dan saudaranya terdapat permusuhan. Kemudian dikatakan, lihatkah kedua orang ini hingga keduanya berdamai.” (HR Al Khatib, Muslim, ABu Daud, Nasa’i, At-Tarmidzi, dan Ibnu Hibban).

Sama halnya dengan perhitungan amal, melakukan sunnah adalah kegiatan yang jika rutin dilakukan akan mendapatkan pahala istimewa. Bayangkan saja ketika itulah pintu surga dibuka, tentunya amalan puasa-puasa sunnah senin kamis Anda mencapainya untuk menambah bekal di akhirat nanti.

Baca Juga :  Quotes Sedekah yang Bisa Jadi Inspirasi

Senin adalah Hari Dimana Nabi Muhammad SAW Dilahirkan

Nabi Muhammad SAW dilahirkan pada Senin 12 Rabiulawal tahun 571 Masehi, yang menjadikan keutamaan puasa senin & kamis. Senin dianggap menjadi hari istimewa karena disaat itulah Allah SWT telah melahirkan manusia pembawa rahmat. Abu Qatadah ra pernah bercerita, Rasulullah SAW pernah menjawab mengenai puasa senin :

“Hari itu saya dilahirkan, hari itu saya diutus, dan di hari itu Al-Qur’an diturunkan kepadaku.” (HR Muslim).

Sebagai bentuk penghormatan atas kelahirannya, Muhammad SAW menjalankan saum setiap hari senin dan sekaligus memberikan contoh pada umat muslimin tentang kebaikan sunnah tersebut. Selain itu menjalankannya menjadi wujud syukur Rasulullah SAW terhadap Allah SWT.

Hari Bertepatan dengan diutusnya Nabi Muhammad SAW

Allah menurunkan wahyu-Nya berupa Kitab Suci Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW bertepatan pada hari senin. Hal tersebut jugalah yang menjadikan alasan Rasulullah menyambutnya dengan melakukan puasa senin. Maka dari itu melakukannya menjadi keutamaan bagi muslim.

Sebagai umat muslim, tentunya harus ikut mengagungkan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW sekaligus turunnya Al-Qur’an dengan berpuasa seperti yang dicontohkan Rasulullah. Tidak ada salahnya melakukan puasa senin & kamis karena manfaatnya pun terbilang sangat banyak.

niat puasa sunnah senin kamis terlengkap

  • Manfaat Melakukan Puasa Senin Kamis

Selain menjalankan sunnah mengikuti Nabi Muhammad SAW, dengan melakukan puasa Yaumul Isnain wal Khamis Anda juga akan mendapatkan manfaat sepadan. Menurunkan berat badan menjadi salah satu manfaat tersembunyinya.

Dengan berat badan seimbang, tentunya tubuh juga akan sehat sehingga insulin dalam tubuh juga meningkat. Selain itu, kesehatan tersebut juga akan mempercepat metabolisme.

Mempelajari lebih dalam tentang segala hal terkait niat puasa sunnah senin & kamis, membuat Anda lebih paham bahwa banyak sekali keuntungannya. Yuk mulai biasakan diri menjalaninya.

Ditulis oleh Redaksi Nexmedia.

Niat Puasa Sunnah Senin Kamis Terlengkap