sedekah online

Sedekah Online dan Tips Melakukannya Secara Rutin

Sedekah online bisa menjadi pilihan berbagi yang paling efektif dewasa ini. Hal ini untuk mendukung upaya pemerintah dalam melakukan pembatasan aktivitas fisik untuk mengurangi risiko terpapar virus corona. Apalagi Anda yang memiliki anak-anak atau lansia di rumah, cukup khawatir dengan penularan virus corona yang menular lewat udara.

Meski pandemi yang membuat aktivitas menjadi terganggu, Anda bisa memberikan sedekah kepada orang lain lewat aplikasi di ponsel. Lebih hemat waktu dan tenaga karena Anda bisa melakukan sedekah dengan sekali klik. Tinggal tentukan nominal uang yang ingin Anda sedekahkan kepada orang yang berhak menerima, lalu lakukan pembayaran melalui aplikasi tersebut.

Hukum sedekah yang dilakukan secara online sama seperti melakukan sedekah konvensional. Sedekah memiliki hukum sunnah yang dilakukan umat muslim akan mendapatkan pahala dan ganjaran besar di sisi Allah SWT. Asal Anda tahu tempat atau lembaga online terpercaya yang menyalurkan sedekah pada fakir miskin dan dhuafa, kenapa tidak?

Sedekah Online dan Cara Memilih Aplikasi Lembaga Penyalur Sedekah yang Terpercaya

Sedekah online bisa Anda mulai sekarang dengan menerapkan prosentase dari gaji sesuai kemampuan. Jika Anda ingin mencoba sedekah dengan gaji pas-pasan, maka mulai dengan prosentase kecil lebih dulu, misalnya 2,5-5 persen. Nikmati proses mengikhlaskan harta yang dimiliki di jalan Allah SWT dan Anda akan merasakan manfaat sedekah atas dasar keikhlasan tersebut.

Berikut beberapa cara memilih lembaga atau organisasi yang menyalurkan sedekah online agar Anda tidak tertipu oknum nakal yaitu :

1. Mencari informasi lebih akurat

Di era digital, Anda bisa mencari informasi apa saja lebih mudah dengan kecanggihan teknologi. Pastikan Anda melihat portofolio lembaga penyalur sedekah lebih dulu, lihat rekam jejak mereka, proses penyaluran dana, testimoni orang lain, dan sebagainya.

2. Mengenali situs penyalur sedekah

Setelah Anda mendapatkan informasi lebih yakin, mulai kenali situs penyalur sedekah dengan cara mengunduh aplikasi mereka di Google Play Store. Lembaga atau situs penyalur sedekah yang kredibel tidak hanya memiliki website resmi, tetapi memiliki aplikasi yang mudah diunduh umat lewat Play Store resmi.

3. Pastikan aplikasi memiliki rekening atas nama lembaga

Anda wajib mengecek rekening bank yang ditetapkan pihak penyalur sedekah memiliki nama lembaga atau organisasi resmi, bukan nama individu. Anda wajib curiga bila rekening yang tercantum memiliki nama individu yang bisa menggunakan kecanggihan teknologi sebagai penipuan pada masyarakat awam.

4. Tanyakan tujuan penyaluran dana sedekah tersebut

Tidak ada salahnya menanyakan tujuan penyaluran dana tersebut kepada pihak yang bertanggungjawab. Lembaga sedekah yang terpercaya akan memberikan informasi kepada para donatur dengan suka hati, tidak bertele-tele atau tidak merespon pertanyaan sama sekali.

5. Menggunakan alat pembayaran yang memudahkan

Alat pembayaran sedekah online yang bisa dilakukan kapan saja menggunakan alat pembayaran yang lebih praktis dan mudah seperti transfer bank, e-wallet dan lain-lain. Anda bisa memilih jenis penyaluran sedekah dengan pembayaran yang sesuai kemampuan atau relevan dengan kemudahan jaman digital.

Sedekah online bisa Anda lakukan kapan dan di mana saja tanpa ribet mulai sekarang Allah SWT berfirman bahwa orang yang menyembunyikan sedekah tanpa diketahui orang lain itu lebih baik untuknya. Tentu sedekah ditampakkan hanya untuk pujian akan mengurangi pahala, bahkan bisa memiliki dosa bila menyakiti hati si penerima sedekah tersebut. Berikan sedekah Anda secara rutin dari nilai gaji setiap bulan, meski terasa berat pada awal tapi akan memberikan manfaat rasa syukur yang luar biasa.

Temukan informasi penting lainnya, hanya di Media Informasi Terkini, Nexmedia.

Baca Juga :  Ceramah Ustad Somad : Rangkuman Ceramah Singkat

Sedekah Online dari Rumah

Tinggalkan Balasan