ceramah singkat tentang ramadhan

Ceramah Singkat Tentang Ramadhan

Ceramah singkat tentang Ramadhan dapat memberikan berbagai manfaat bagi setiap pendengarnya. Bulan Ramadhan sendiri merupakan salah satu waktu yang ditunggu oleh umat Islam. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mendengarkan banyak ceramah tentang bulan istimewa tersebut.

Sebelum membahas mengenai ceramah singkat tentang Ramadhan, akan lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu ceramah. Ceramah merupakan salah satu jenis pidato yang bertujuan untuk menerangkan atau menyampaikan petunjuk tentang ajaran agama.

Nantinya, setiap informasi akan disampaikan kepada setiap pendengar ceramah secara persuasif. Tidak hanya sampai disitu, Anda juga dapat mengartikan bahwa ceramah termasuk public speaking atau keterampilan lisan. Tidak heran jika keberadaannya memiliki beberapa ciri secara khusus.

Adapun beberapa ciri-ciri tersebut adalah disampaikan oleh seseorang yang memiliki keahlian dalam disiplin/bidang ilmu tertentu. Ceramah tersebut juga mempunyai struktur yang cukup lengkap. Mulai dari pendahuluan, penutup, serta isi. Untuk tema yang diambil pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Ceramah Singkat tentang Ramadhan dan Keutamaannya

Seperti yang Anda ketahui, Ramadhan merupakan salah satu bulan yang paling istimewa bagi umat Islam. Tentu ada banyak keutamaan yang ada pada bulan tersebut. Oleh karena itulah, sangat penting untuk mendengarkan ceramah tentang bulan tersebut.

Baca juga : rangkuman ceramah singkat

Berikut keistimewaan bulan Ramadhan yang wajib Anda ketahui:

  • Bulan Al-Quran Diturunkan

Allah Taala berfirman dalam QS al Baqarah ayat 185 :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).”

Baca juga : kultum singkat tentang sedekah beserta dalilnya

Perlu Anda ketahui, bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa dimana Al-Quran diturunkan. Al-Quran sendiri menjadi petunjuk bagi setiap manusia yang membedakan antara batil dan hak. Tidak heran jika ada banyak ceramah yang membahas tentang bulan tersebut.

Baca Juga :  Makna Cinta Sejati yang Jarang Diketahui hingga Memakan Korban

Allah sendiri menegaskan bahwa bulan Ramadhan jauh lebih utama jika dibandingkan dengan bulan-bulan yang lainnya. Allah menurunkan kitab Al-Quran sehingga dapat menjadi pedoman bagi setiap manusia. Untuk itu, jangan ragu menghadiri ceramah yang bertemakan bulan tersebut.

Baca juga : Hadist tentang Sedekah di Bulan Ramadhan

  • Pintu Surga Terbuka

Rasulullah bersabda :

إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِرَمَضَانَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِيْنُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ. وَفُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ، وَيُنَادِي مُنَادٍ: يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ، وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ، وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ، وَ ذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

“Apabila datang awal malam dari bulan Ramadhan, setan-setan dan jin-jin yang sangat jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup tidak ada satu pintupun yang terbuka, sedangkan pintu-pintu surga dibuka tidak ada satu pintupun yang ditutup. Dan seorang penyeru menyerukan: ‘Wahai orang yang menginginkan kebaikan kemarilah. Wahai orang-orang yang menginginkan kejelekan tahanlah.’ Dan Allah memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka, yang demikian itu terjadi pada setiap malam.” (HR. At-Tirmidzi)

Saat bulan Ramadhan tiba, pada saat itu setan terbelenggu dan surga terbuka. Tidak heran jika beberapa hal tersebut menjadi beberapa tanda masuknya bulan Ramadhan sehingga membuat bulannya penuh dengan kemuliaan daripada bulan-bulan yang lain.

Pada bulan ini pintu surga dibuka karena Allah akan memudahkan siapa saja yang ingin lebih taat. Baik itu untuk melakukan amalan seperti shalat malam, shalat tarawih, puasa Ramadhan, dan masih banyak lagi amalan kebaikan yang sangat bermanfaat lainnya.

Baca juga : contoh ceramah singkat tentang zina

  • Malam Lailatul Qadar

Allah Taala berfirman dalam QS al Qadr :

اِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (١) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (٢) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْر (٣) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْر (٤) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (٥)

Baca Juga :  Kita Bersedekah Sesuai dengan Apa?

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadr. Dan tahukah kamu apa malam Qadr itu? (yaitu) malam Qadr itu lebih baik dari malam seribu bulan. Pada malam itu, turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar.”

Siapa yang tidak mengenal malam Lailatul Qadar. Saat bulan Ramadhan tiba, maka terdapat satu malam yang bernama Lailatul Qadar. Malam tersebut adalah yang lebih baik dibandingkan dengan seribu bulan. Tidak heran jika waktu Ramadhan memiliki kemuliaan tersendiri.

Terlebih, Al-Quran juga diturunkan pada malam Lailatul Qadar tersebut. Umumnya, malam istimewa ini akan terjadi pada bulan Ramadhan sekitar 10 hari terakhir. Pada saat itu, pintu-pintu langit terbuka, semua takdir yang terjadi Allah tentukan, serta doa-doa dapat dikabulkan.

Ceramah Singkat Tentang Ramadhan dan Manfaat Mendengarkannya

Apakah Anda ingin mendengarkan ceramah tentang bulan Ramadhan? Jika iya, maka jangan menunda-nundanya lagi. Pasalnya, ada banyak manfaat yang bisa Anda temukan dari mendengarkan ceramah tersebut. Agar lebih jelas, maka simak berbagai manfaatnya berikut:

  • Ceramah Singkat tentang Ramadhan dapat Menambah Ilmu

Saat mendengarkan ceramah yang membahas tentang bulan Ramadhan, tentu secara otomatis ilmu Anda akan bertambah banyak. Hal ini berarti pengetahuan tentang pembahasan tersebut dapat meningkat dari sebelumnya. Tentu akan sangat bermanfaat bagi kehidupan kedepannya.

Pasalnya, akan ada banyak penjelasan mengenai ibadah, keilmuan, keutaman, dan lain sebagainya tentang bulan Ramadhan. Dari situlah siapa saja yang mendengarkan ceramah tersebut akan lebih mudah menyerap ilmu sehingga secara otomatis pengetahuannya bertambah.

  • Menjadikan Diri Lebih Baik

Perlu Anda ketahui, bahwa pada dasarnya mendengarkan ceramah dapat menjadi salah satu sarana untuk melaksanakan nasihat kebajikan. Pasalnya, di dalam ceramah sendiri akan mengandung berbagai nasihat yang sangat bermanfaat terutama untuk melakukan amal kebaikan.

Sebagai contoh saat Anda beraktivitas, tentu akan disibukkan dengan rasa yang sering ingin mengeluh, marah, emosi, dan lain sebagainya. Dari situlah karena sering mendengarkan ceramah maka akan lebih mudah untuk mengontrol emosi atau hal lainnya dengan lebih baik.

  • Mengasah Konsentrasi dan Ingatan

Saat mendengarkan sebuah ceramah, baik itu tentang bulan Ramadhan atau tema yang lainnya maka secara tidak langsung otak akan berusaha mengingat dan berkonsentrasi tentang apa yang tersampaikan pada ceramah tersebut.

Baca Juga :  Contoh Sedekah yang Paling Utama

Hal tersebutlah yang nantinya dapat menjadikan otak semakin terasah. Otak juga dapat mengingat dan berkonsentrasi jauh lebih banyak dari sebelumnya. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk menghadiri acara-acara yang menyelenggarakan ceramah.

  • Jiwa Menjadi Tenang

Ketika Anda mendengarkan ceramah dari orang lain, maka hal tersebut ibarat sebuah tanaman yang sudah tersiram oleh pupuk dan air setelah terkena panasnya sinar matahari. Ceramah ini sendiri juga dapat menjadi penyejuk hati yang bisa menjadikan jiwa merasa lebih tenang.

Seseorang yang berceramah juga dapat merasakan bahagia, pasalnya setiap orang tentu memerlukan bimbingan ataupun nasihat. Terlebih, bagi mereka yang sering mendatangi acara ceramah tentu akan terlihat jelas pada setiap perilaku sosialnya.

  • Membuka Pikiran Seseorang

Selain beberapa manfaat di atas, pada dasarnya ceramah juga dapat menjadikan pikiran seseorang lebih terbuka. Terutama untuk menerima ha-hal baru yang ada dalam hidup. Pasalnya, saat ini cukup jarang orang yang dapat diajak untuk menerima hal baru.

Kebanyakan dari mereka akan mempertahankan pikiran-pikiran lama. Tidak heran, jika dengan mendengarkan ceramah seseorang akan lebih terbuka pikirannya. Dengan begitu, akan lebih mudah juga bagi mereka untuk menerima hal-hal baru.

Itulah berbagai informasi tentang ceramah singkat tentang Ramadhan. Saat Anda mendapatkan ceramah tersebut dalam salah satu acara, tentu akan sangat penting menyimaknya dengan baik. Agar nantinya mendapatkan pemahaman ilmu yang lebih luas tentang bulan Ramadhan.

Ceramah Singkat Tentang Ramadhan beserta Dalilnya

Temukan informasi penting lainnya, hanya di Media Informasi Indonesia, Nexmedia.

Tinggalkan Balasan