: Cara Mendapatkan Ilmu yang Bermanfaat

Ceramah Singkat tentang Ilmu yang Bermanfaat

Ceramah Singkat tentang Ilmu – Ilmu merupakan bagian yang sangat penting dalam Islam. Banyak ayat dalam Al-Quran ataupun Hadis yang mengajarkan pentingnya ilmu. Karena itu, ceramah tentang pentingnya ilmu banyak diajarkan, baik di pengajian atau di sekolah-sekolah.

Ceramah Singkat tentang Ilmu dan Kewajiban Menuntut Ilmu

Mencari ilmu dalam Islam hukumnya adalah wajib. Hal ini tertulis dalam sebuah Hadis Nabi bahwa setiap umat Islam wajib mencari ilmu. Kewajiban tersebut tidak hanya untuk laki-laki, tetapi juga perempuan. Rasulullah bersabda :

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” (HR. Ibnu Majah no. 224)

Dengan ilmu yang dipelajari, seseorang akan mudah meraih kebaikan-kebaikan di sisi Allah.

Selain hadis di atas, ada juga riwayat yang menyebutkan bahwa menuntut ilmu itu sejak lahir hingga mati. Artinya, orang Islam baik itu tua maupun muda tetap berkewajiban mengembangkan pengetahuan. Mengingat keutamaan ilmu itu sangatlah banyak.

Baca juga : ceramah ustad somad

Ceramah Singkat tentang Ilmu dan Keutamaannya dalam Islam

Ilmu  memiliki keutamaan yang sangat beragam. Hal ini banyak disebutkan baik dalam Al-Quran ataupun Hadis. Berikut beberapa keutamaan ilmu yang akan didapatkan oleh para pencarinya.

  • Keutamaan Ilmu : Menjadi Pahala yang Abadi

Ilmu akan menjadi pahala yang abadi bagi pemiliknya. Akan tetapi, ini hanya berlaku untuk ilmu yang bermanfaat. Ketika masih hidup seseorang benar-benar mengamalkan ilmu yang dimiliki, maka pahalanya akan terus mengalir bahkan sampai meninggal.

Hal tersebut tertulis di dalam Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairoh bahwa semua amalan orang yang telah meninggal dunia terputus kecuali tiga hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat serta keturunan sholeh.

Baca juga : teks ceramah singkat

Diantara ciri ilmu yang bermanfaat ialah ilmu tersebut dapat melahirkan amal sholeh dan semakin takut (takwa) kepada Allah. Akibatnya, seseorang menjadi lebih giat beribadah, karena ia memahami seluk beluk keutamaannya. Penting sekali bagi kita untuk menjaga ilmu yang telah dipelajari.

Diantara doa memohon ilmu bermanfaat adalah :

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Baca Juga :  Dalil tentang Sedekah yang Paling Utama

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima”

Baca juga : pidato singkat tentang bersedekah

  • Kelebihan Ilmu : Meningkatkan Derajat Seseorang

Selain mendapatkan pahala yang terus mengalir, seseorang yang berilmu juga akan dapat meningkat derajatnya. Di dunia, ia akan menjadi orang yang terhormat dan memperoleh banyak kenikmatan.

Hal ini tertulis di dalam Al-Quran Surah Al-Mujadilah ayat 11 bahwa Allah berjanji akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu. Mengapa demikian? Sebab, Ilmunya itu diamalkan sesuai dengan yang diperintahkan Allah dan rasul-Nya. Allah Maha Mengetahui, Dia akan memberi balasan yang adil sesuai atas setiap perbuatan hambaNya.

Dalam ayat yang lain juga disebutkan bahwa orang yang tidak mau berfikir merupakan hamba yang merugi. Sebab, akal sehatnya tidak dimaksimalkan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Baca juga : ceramah tentang zina singkat

  • Fadhilah Ilmu : Mendapat Kebaikan Dunia Akhirat

Jika ingin mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat, sebaiknya jadilah orang yang berilmu. Berkah dari ilmu tidak hanya untuk kehidupan setelah mati, tetapi juga ketika seseorang masih hidup di dunia. Hal ini banyak disampaikan pada ceramah singkat tentang ilmu.

Diantara contoh kebaikan di dunia adalah mendapatkan keluarga yang rukun, badan yang sehat, rezeki yang halal dan berkah. Sedangkan iman dan takwa yang terjaga sampai akhir hayat adalah bekal terbaik untuk akhirat yang selamat.

Baca juga : ceramah singkat tentang ibu 

  • Keistimewaan Ilmu : Meningkatkan Ketaqwaan

Semakin berilmu seseorang, maka ketakutan kepada Allah akan semakin besar. Karena orang tersebut akan semakin menyadari kekuasaan Allah. Ia juga akan menjadi hamba yang lebih taat dalam beribadah kepadaNya.

Di dalam QS Al-Fathir ayat 28 disebutkan bahwa para alim ulama’ lah yang takut kepada Allah karena mereka lebih mengetahui banyak hal. Selain mendorong seseorang untuk lebih giat beribadah, ilmu yang bermanfaat juga dapat mencegah diri dari perbuatan dosa.

Baca juga : ceramah singkat tentang jujur

  • Keutamaan Ilmu : Jalan ke Surga Lebih Mudah

Hikmah lain dari ilmu adalah memudahkan jalan ke surga. Surga merupakan dambaan bagi setiap umat Islam. Di sana Allah menjanjikan kenikmatan yang tidak ada di dunia. Oleh sebab itu, jika ingin masuk surga, seseorang harus mencari ilmu sebanyak mungkin. Dalam sebuah Hadis, disebutkan tentang keutamaan menuntut ilmu, Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga :  Ceramah Ustad Somad : Rangkuman Ceramah Singkat

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)

Namun, perlu dipahami bahwa ilmu saja tidaklah cukup, seseorang juga wajib mengamalkan ilmu yang diketahui, semampu dan semaksimal mungkin.

Baca juga : Ceramah Singkat tentang Jujur

  • Keutamaan Ilmu : Mendapatkan Banyak Kebaikan

Selain itu, orang yang berilmu juga akan mendapatkan kebaikan dalam hidup. Inilah yang didambakan setiap hamba. Hidup kaya tanpa kebaikan tetap tidak berarti. Dijauhkan dari bahaya juga merupakan bagian dari kebaikan.

Hal ini sesuai dengan Hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhori Muslim bahwa ketika Allah akan memberikan kebaikan kepada seseorang, salah satu wujudnya adalah ilmu itu sendiri.

Baca juga : teks khutbah jumat singkat yang membuat jamaahnya menangis

Ceramah Singkat tentang Ilmu yang Bermanfaat

Mendapatkan ilmu yang bermanfaat tentu tidak mudah. Seseorang harus berusaha keras siang dan malam, menyeimbangkan kepentingan dunia akhirat dan banyak lagi lainnya. Inilah beberapa cara mendapatkan ilmu yang bermanfaat:

  • Manfaat ilmu : Bersungguh-Sungguh dalam Mencari Ilmu

Agar mendapat ilmu yang bermanfaat, seseorang harus berusaha keras demi mendapatkan ilmu. Belajar sungguh-sungguh tanpa kenal lelah adalah kuncinya. Seseorang harus menuliskan ilmu apapun yang didapat. Akan lebih baik jika menghafalkannya.

Baca juga : ceramah tentang sholat beserta dalilnya

  • Manfaat ilmu : Menjauhkan Diri dari Maksiat dan Dosa

Cara mendapatkan ilmu yang bermanfaat selanjutnya adalah menjauhkan diri dari dosa dan maksiat. Keduanya adalah penghalang seseorang dalam menyerap ilmu. Cahaya Allah juga akan sulit masuk kepada orang yang dalam hidupnya dekat dengan maksiat.

Baca juga : ceramah singkat tentang ikhlas dalam beribadah

  • Menghormati Guru

Seseorang yang sedang mencari ilmu juga wajib menghormati guru. Guru merupakan perantara sampainya ilmu Allah kepada para pencari ilmu. Jika tidak menghormati guru, ilmu akan sulit masuk ke dalam dirinya.

Baca juga : dakwah tentang bersyukur

  • Meminta Ridho Orang Tua

Ridho orang tua adalah hal paling utama. Apapun yang dilakukan seorang anak harus mendapatkan ridho mereka. Oleh karena itu, ketika akan mencari ilmu Anda harus meminta restu dan doa orang tua. Khususnya ibu karena doanya sangat mustajab.

Baca juga : sholat magrib berapa rakaat ?

  • Berbagi Ilmu

Islam mengajarkan kepada umatnya untuk berbagi ilmu kepada orang lain walaupun hanya satu ayat. Maka dari itu, sampaikan apa yang Anda pelajari kepada orang lain meskipun ilmu yang dimiliki masih sedikit. Lambat laun, kemanfaatan ilmu akan semakin besar.

Baca juga : ceramah tentang keutamaan sabar

Maksiat sebagai Sumber Tidak Berkahnya Ilmu

Imam Syafii pernah berkata :

Aku pernah mengadukan kepada Waki’
Tentang jeleknya hafalanku
Lalu beliau menunjukiku untuk meninggalkan maksiat
Beliau memberitahuan padaku bahwa ilmu adalah cahaya
Dan cahaya Allah tidaklah mungkin diberikan  pada ahli maksiat.

Jika kita berharap menjadi ahli ilmu, terlebih dalam bidang agama, mesti menjauhkan diri dari berbagai kemaksiatan. Seseorang harus bisa mengatur pikiran dan aktivitasnya agar selalu berada dalam ridho Allah.

Baca Juga :  Hikmah Sedekah Ini Tidak Boleh Diabaikan

Selain itu, kita juga harus sering memanjatkan doa kepadaNya. Sebab, tanpa pertolongan dan perlindungan dariNya, kita tak berdaya. Diantara doa yang bisa kita amalkan ialah :

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِي قَلْبِي نُورًا وَفِي بَصَرِي نُورًا وَفِي سَمْعِي نُورًا وَعَنْ يَمِينِي نُورًا وَعَنْ يَسَارِي نُورًا وَفَوْقِي نُورًا وَتَحْتِي نُورًا وَأَمَامِي نُورًا وَخَلْفِي نُورًا وَاجْعَلْ لِي نُورًا

Itulah beberapa ceramah singkat tentang ilmu termasuk keutamaan dan cara mengamalkannya. Ilmu yang membawa manusia ke surga adalah ilmu yang bermanfaat untuk agama, bangsa dan orang lain.

Semoga kultum singkat tentang ilmu ini bermanfaat ya. Baca juga informasi penting dan bermanfaat lainnya hanya di Nexmedia.

ceramah singkat tentang ilmu yang bermanfaat

Tinggalkan Balasan